ACER GURU ERA BARU AWARD: SEBUAH TANTANGAN

Guraru, alias Guru Era Baru, adalah inisiatif yang dilaksanakan Acer Group Indonesia untuk meningkatkan IT-literacy atau melek TI pada para guru, sehingga guru dapat memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar yang efektif dan interaktif, serta dapat mendorong partisipasi aktif anak didiknya. Lebih lanjut lagi, hal ini merupakan langkah nyata dari komitmen Acer untuk meningkatkan penetrasi TI di Indonesia.

Adalah sebuah kenyataan bahwa sebagian besar dari 2,9 juta guru di Indonesia, termasuk “gaptek” alias gagap teknologi. Ini tentu mengkhawatirkan, sebab teknologi internet adalah salah satu fasilitas untuk mempermudah komunikasi tentang pelbagai jenis ilmu pengetahuan. Teknologi komputer dan internet, akan sangat mendukung perkembangan belajar-mengajar.

Perkembangan teknologi komputer dan internet, seolah membuat dunia tak lagi punya batas. Informasi pun berada dalam genggaman. Kearifan dan kecermatan dalam memanfaatkan perkembangan teknologi menjadi sangat penting. Untuk itu, keberadaan guru diperlukan untuk mengarahkan penggunaan teknologi secara beretika dalam pemilahan dampak negatif dan positifnya.

Mencuatnya situs-situs media sosial seperti blog, Facebook dan microblogging seperti Twitter, sangat mungkin dimanfaatkan untuk kepentingan belajar-mengajar. Komunikasi intensif dan interaktif antara guru dan murid dalam proses belajar-mengajar, akan makin maksimal dengan adanya situs media sosial tersebut.

Di beberapa sekolah, guru terkadang memberikan tugas dengan meminta muridnya membuka blog milik guru tersebut. Sebaliknya, murid pun bisa mengirimkan tugasnya, ke blog sang guru sebagai sebuah tanggapan. Bahkan murid pun, bisa membuat blog untuk berbagi, berdiskusi dengan teman-teman atau juga gurunya. Komunikasi interaktif ini hanya bisa terjalin bila keduanya sudah memanfaatkan teknologi dengan baik.

Itulah sebabnya, Acer Group Indonesia berinisiatif menyosialisasikan program Guraru secara lebih intensif. Yang telah dilakukan antara lain mengenalkan perkembangan teknologi komputer dan internet pada para guru di beberapa kota, di antaranya Balikpapan, DI Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Siantar, dan Bandung. Ke depannya, Acer akan memperluas cakupan pelaksanaan Guraru dengan menggandeng asosiasi profesi IGI dan PGRI, institusi pendidikan di antaranya Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara, serta Departemen Pendidikan Nasional tingkat Propinsi.

Tentang Guru Era Baru (Guraru) Award

Guru Era Baru (Guraru) Award adalah sebuah bentuk penghargaan bagi para guru Indonesia yang telah memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan Indonesia melalui media blog. Pada ON|OFF 2011 tahun ini, untuk kedua kalinya Acer akan memberikan apresiasi kepada guru Indonesia yang sudah menggunakan media sosial untuk berbagi tentang pendidikan.

Jika Anda adalah seorang guru, Anda bisa ikut berpartisipasi dalam pemilihan Guraru Award dan menominasikan diri Anda. Jika Anda bukan guru, Anda bisa berpartisipasi dengan cara menominasikan blog guru yang menurut Anda layak mendapatkan Guraru Award.

Berikut ini adalah syarat untuk nominasi Guraru Award:

  1. Aktif berkontribusi terhadap dunia pendidikan Indonesia melalui media blog
  2. Blog yang dinominasikan berusia minimal 1 tahun (sejak Agustus 2010)
  3. Blog adalah milik pribadi dan bukan kelompok atau sekolah
  4. Blog dimiliki oleh guru
  5. Seluruh profesi guru (tidak harus anggota PGRI/IGI) boleh turut serta
  6. Blog telah dimaksimalkan untuk berbagi pengetahuan dan dilibatkan dalam proses belajar mengajar atau menjadi sarana interaksi antara guru dan murid
  7. Guru juga mendorong murid untuk pemanfaatan teknologi, khususnya jejaring sosial, dengan positif
  8. Penggunaan jejaring sosial lain (Twitter, Facebook, forum, dll.) untuk berbagi tentang pendidikan menjadi nilai tambah.

Mekanisme:

  1. Setiap orang boleh mengusulkan blog individu guru yang dianggap memenuhi syarat sebagai kandidat
  2. Nominasi hanya dapat dilakukan melalui http://www.onoffid.org, nominasi dengan cara lain tidak akan diterima dan diperhitungkan dalam penjurian
  3. Setelah batas waktu penominasian berakhir, panitia akan memilih 5 kandidat yang akan diusulkan kepada dewan juri setelah melalui tahap verifikasi
  4. Dewan juri akan memilih kandidat yang dianggap terbaik untuk menerima Guraru Award 2011

Ketentuan:

  1. Tahap pengusulan nominasi akan dilakukan dari tanggal 1 September – 15 Oktober 2011
  2. Tahap verifikasi akan dilakukan tanggal 16 – 22 Oktober 2011
  3. Penjurian akan dilakukan tanggal 23 – 24 Oktober 2011
  4. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada puncak pelaksanaan ON|OFF 2011 di Jakarta
  5. Panitia, agency, dan pihak terkait penyelenggaraan event tidak diperkenankan untuk mengikuti Guraru Award.

Daftar peserta dapat dilihat DI SINI sedangkan untuk mengisi formulir pendaftaran, silahkan klik DI SINI.

Informasi selengkapnya, silahkan kunjungi situs Guru Era Baru DI SINI

Ayo nominasikan guru pilihanmu, berikan apresiasi pada mereka yang tekun berbagi!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home