CEK DATA NUPTK YUK...!

Bagian Pertama dari Dua Tulisan


Berkaitan dengan Registrasi Ulang NUPTK Tahun 2012 yang akan dimulai secara serempak pada Mei mendatang (informasinya bisa dilihat DI SINI), tulisan kali ini akan mengulas tentang tata cara pengecekan data NUPTK di Search Engine NUPTK. Search Engine NUPTK tersedia di dua situs kembar yaitu http://nuptk.kemdikbud.go.id/ dan http://118.98.221.43/ sedangkan yang dipergunakan dalam tulisan ini adalah situs yang pertama dengan menggunakan webbrowser Mozilla Firefox (bisa diunduh DI SINI).

Oke, segera kita meluncur ke tekape....

Langkah Pertama
Buka situs Search Engine NUPTK DI SINI dan akan segera terlihat tampilan di halaman utama.


Gambar 1

Langkah Kedua
Pada sisi blog terdapat lima menu utama yaitu Halaman Utama (seperti gambar 1), Penelusuran, Pengaduan, Aktivasi Akun, dan Progress LKD. Klik menu Penelusuran dan berikut tampilannya:



Gambar 2

Langkah Ketiga
Klik tombol Nama untuk membuka halaman Penelusuran NUPTK berdasarkan nama.



Gambar 3

Isikanlah data pribadi pada kolom yang tersedia lalu tekan tombol Cari

Dan....tampil pesan: Masukan anda kurang tepat (nama depan minimal adalah 2 huruf)

Wah, nama saya terdiri dari delapan huruf tapi kok pesan peringatan tersebut muncul. Saya mencoba mengulangi prosedur tersebut beberapa kali dan hasilnya sami mawon (Bahasa Jawa, red) alias sama saja.

Oke, sekarang kita coba cara lainnya. Kembali ke Langkah Kedua dan kali ini kita gunakan penelusuran berdasarkan NUPTK.

Langkah Keempat
Klik tombol NUPTK di sebelah tombol Nama



Gambar 4

Isikan NUPTK dan tekan Enter.

Nah... ini dia tampilannya


Gambar 5

Hmmm...data ijazah saya masih kosong sementara tugas/jabatan dan masa kerja di tempat tugas awal juga belum terisi. ID pegawai sudah saya peroleh waktu mendaftar di Dapodik tetapi masih kosong juga. Oke, mari kita lanjutkan safari ini.

Langkah Kelima
Klik gambar kaca pembesar pada kolom isian ID Pegawai yang saya tandai dengan panah merah. Berikut tampilannya



Gambar 6

Tombol navigasi di bagian atas mempermudah kita untuk mengakses bagian-bagian yang kita inginkan. Gambar 6 merupakan tampilan dari Data Individu di sudut kiri atas navigasi. Dan....lho, jenis kelamin saya ternyata nyasar. Tertulis: "Perempuan". Hmmmm...

Dua bagian lain dari klik saya pada tombol navigasi ditunjukkan oleh gambar 7 dan 8 berikut:



Gambar 7



Gambar 8

Oke, sampai di sini dulu tulisan ini. Pada bagian selanjutnya, Insya Allah saya akan mengulas hasil penelusuran NUPTK berdasarkan tempat tugas agar kita juga bisa membukakan data milik rekan-rekan sekantor. Selain untuk menkonfirmasi keberadaan kita di sekolah tersebut, paling tidak agar Anda tidak (lagi) mengalami kesulitan kala penelusuran tempat tugas alias sekolah yang kita cari ternyata hanya mendapati tulisan "Data sekolah tidak ditemukan ..." (dengan tiga titik di belakangnya) seperti yang saya alami.

Selamat beristirahat. Saya mesti berkemas untuk Ulangan Akhir Semester II Kelas VI yang akan dimulai besok (19/3) dimana seperti biasa, PAI menjadi pelajaran pembuka.

Keep your spirit. Salam kreatif!



Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home