KUMPULAN HUMOR GURU

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, humor berarti sesuatu yang lucu atau keadaan yang menggelikan hati; kejenakaan; kelucuan. Humor identik dan lekat dengan senyum. Tentang senyum, saya ingat sebuah ungkapan populer: senyum mempermanis rupa seseorang tanpa biaya. Dan tahukah Anda bahwa menurut beberapa penelitian medis, senyum itu baik untuk kesehatan. Mengapa?

Setidaknya, seperti ditulis dalam situs Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia, inilah penjelasannya:
Jika seseorang sedang senyum, otaknya mengeluarkan serotin yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya (Pacth Adams USA). Bila orang tersenyum dalam kondisi sedang tidak bahagia, maka otak tetap mengeluarkan zat-zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sekaligus bisa meringankan kondisi psikologisnya.


Tertawa memberikan relaksasi dan mengurangi stress, setelah meninggikan sampai jumlah tertentu tekanan darah dan irama, tertawa langsung menurunkannya lagi sehingga sensor sensor perseptif meningkat dan menyebabkan seseorang sanggup menghadapi tugas dengan lebih baik.

Pada bagian lain di artikel itu ditulis bahwa dari beberapa referensi dan pengalaman kehidupan pribadi, humor yang dicirikan timbulnya tawa dan senyum akan bermanfaat dalam bentuk :

  • Memperkecil dan bahkan menghilangkan kelelahan fisik dan mental dalam bekerja.
  • Dalam suasana penuh gembira maka humor bisa membuat hidup dan kehidupan kerja semakin bermakna.
  • Humor bisa memperkecil jarak antarlapisan sosial, misalnya antara atasan dan bawahan.
  • Karena humor membuat kita tersenyum maka selain bisa mengatasi stres, konon humor juga membuat kita memiliki daya tarik, membuat awet muda, dan tentu saja bakal menambah teman baru.
  • Humor dapat membangun komunikasi yang konstruktif dan hubungan sosial yang efektif.
  • Humor dapat menjadi instrumen dalam memperkecil batas-batas perbedaan budaya dan bahasa sekaligus mempersatukan karyawan.

Sedangkan menurut situs dokterumum.net, beberapa manfaat humor bagi kesehatan antara lain:
Humor bisa mengurangi rasa sakit.
Dr Elias Shay, kepala psikiatri dari Good Samaritan Hospital di Baltimore mengungkapkan dengan menonton komedi atau terlibat sesuatu yang berhubungan dengan lelucon bisa mengurangi rasa sakit yang dialami seseorang.

Humor bisa membuat rileks.
Seperti latihan pada umumnya, humor yang membuat orang tertawa akan bekerja untuk melawan stres kronis sehingga membuat seseorang merasa rileks atau santai.

Humor bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Studi yang dipimpin oleh Lee Berk dan Stanley A Tan dari Loma Linda University di Loma Linda, Califormia tahun 2006 ditemukan dua hormon yaitu beta endorfin (mengurangi depresi) meningkat 27 persen dan human growth hormone/hGH (yang membantu kekebalan tubuh) meningkat 87 persen ketika menonton video lucu.

Humor mengurangi stres.
Peneliti dari Loma Linda University juga menemukan humor dan lelucon bisa membantu mengurangi tingkat 3 hormon yang berhubungan dengan stres yaitu kortisol (hormon stres), epinefrin (adrenalin) dan juga hormon dopac.

Humor mengurangi rasa takut.
Humor adalah alat kebahagiaan yang paling mendasar. Secara fisiologis humor dapat menutupi rasa takut yang dialami oleh seseorang pada saat yang sama. Jadi humor bisa mengubah persepktif seseorang mengenai memori yang menyakitkan di masa lalu dan menggantinya dengan kebahagiaan

Nah ternyata banyak sekali manfaat humor. Senyum, sebagai konsekuensi logisnya, juga bernilai ibadah dalam ajaran Agama Islam.

Oke, dalam rangka turut mensukseskan gerakan "memasyarakatkan humor dan menghumorkan masyarakat", silahkan dinikmati kumpulan humor yang dibagi menjadi dua postingan, yang dipungut dari beberapa sumber. Sebagian berisi humor guru dan murid sementara lainnya ber-genre umum. Semoga bisa menambah senyum semakin lebar kala wacana kenaikan BBM semakin semarak.

Untuk menelusuri sumbernya, silahkan klik pada judul masing-masing bagian. Selamat menikmati...

*****
NASIB SEORANG GURU
Seorang guru wanita sedang mengajar murid-muridnya di hari pertama masuk sekolah. Di atas papan tulis ia mencoba menggambar buah apel, lalu sambil membalikkan badannya ia bertanya kepada para murid: "Gambar apa ini ?" Tak ayal para murid secara serentak berseru:"Pantat!"

Mendengar jawaban tersebut, guru tersebut menangis sambil setengah berlari mencari kepala sekolah untuk mengadukan perilaku murid-muridnya. Melihat tangisan sang guru wanita tersebut, kepala sekolah tanpa menanyakan alasannya, langsung saja menerjang masuk ke ruang kelas, lalu dengan emosi ia memarahi semua murid: "Kalian sungguh berani-beraninya mempermainkan seorang guru! Apa yang kalian lakukan terhadapnya ?!"
Sesaat ruang kelas menjadi senyap, semua murid jadi bengong, sang kepala sekolah kemudian menoleh ke arah papn tulis, ia semakin marah ketika melihat apa yang tergambar di papan tulis: "Ini sudah keterlaluan, kalian bahkan berani menggambar pantat di papan tulis!"

Mendengar ini sang guru wanita langsung pingsan.

*****

Siapa Penemu Benua Amerika?

Figo adalah seorang pelajar SLTP yang gila bola. Karena nonton siaran langsung Piala Eropa 2000 semalam suntuk, besoknya Figo terkantuk-kantuk di kelas sewaktu pelajaran sejarah pada jam terakhir.

Pelajaran sejarah hari itu tentang sejarah dunia, diajarkan oleh Ibu Guru yang agak galak.

Bu guru menerangkan tentang penemuan benua Amerika. Bu Guru melihat Figo terkantuk kantuk di pojok kelas sana, kemudian Bu Guru mendatangi kursi di mana Figo duduk, lalu bertanya:

Bu Guru: "Kamu Figo,.... Siapa penemu benua Amerika?"

Figo : "Bu...bu... bukan saya, Bu!"

*****

Bahasa Inggris

Seorang guru bahasa Inggris sedang mengajar di depan kelas. Budi seorang murid tidak memperhatikan pelajaran yang sedang diberikan oleh bapak gurunya dan memang Budi tidak mengerti bahasa Inggris sama sekali.

Tiba-tiba pak guru bertanya kepada Budi.

Pak Guru : Budi coba jelaskan arti kata ini.

Budi: Ya. pak guru

Pak Guru : I DON'T KNOW .. apa artinya?

Budi : Karena tidak mengerti dia menjawab. "SAYA TIDAK TAHU PAK GURU"

Pak Guru : Bagus.... Kalau "I DON'T UNDERSTAND"?

Budi : Sedangkan I DON'T KNOW Saya tidak tahu Apalagi "I DON'T UNDERSTAND"... SAYA TIDAK MENGERTI PAK GURU !?..

Pak Guru : Pintar juga Kamu...

*****

Pertanyaan Bu Guru

Ibu Toni heran melihat Toni pulang, padahal baru pukul 9.00 pagi.

"Toni, baru pukul 9.00 kamu sudah pulang, ada apa?" tanya sang ibu.

"Hari ini aku bisa menjawab pertanyaan ibu guru dengan benar," jawab Toni.

"Hebat dong! Apa pertanyaannya?"

"Ibu guru bertanya, "siapa yang melempar kapur ke ibu?"

*****

TAK PUNYA SISIR

Pada suatu hari, ada seorang guru yang marah kepada muridnya yang bernama Sari.

Guru : "Sari, kenapa rambutmu tidak kamu sisir?"

Sari : "Saya tidak punya sisir, bu."

Guru : "Kamu kan bisa pinjam punya kakakmu?"

Sari : "Kebetulan saya anak tunggal, bu."

Guru : "Kan bisa pinjam ibumu?"

Sari : "Ibu saya sudah meninggal, bu."

Guru : "Kalau begitu kamu bisa pinjam punya ayahmu?"

Sari : "Tapi bu, Ayah saya gundul!!"

Guru : "!??!!!@@##"

*****

SEX

Suatu pagi seorang anak yang baru masuk sekolah dasar bertanya kepada ayahnya, “Yah… ayah… sex itu apa sih, yah…?”

Terperanjat si ayah mendengar pertanyaan si Upik. Terbayang dia tentang arus modern zaman sekarang yang membuat manusia berpikiran terbuka, termasuk anak yang masih kecil.

Sesuai dengan konsep pendidikan seks yang sedang hangat dibicarakan, mulailah si ayah mencari-cari jawaban yang sesuai dengan umur dan harapan anaknya yang ia harapkan tak mau tertinggal dalam arus pendidikan modern.

Maka si ayah pun mulai memberikan jawaban dengan mengkiaskan kumbang dan bunga, telur yang yang menetas, berudu dan kemudian menjadi katak, hujan serta benih yang berkembang menjadi tunas, diikuti dengan pembentukan bayi dalam kandungan.

Sebelum mengakhiri semua jawaban itu, si ayah menyelipkan juga kisah percintaan antara ia dan mamanya sejak dari zaman sekolah menengah hingga sampai kelahiran seorang bayi comel yaitu si anak yang bertanya itu. Tiba-tiba si anak menangis terisak-isak. Si ayah keheranan.

“Eh kenapa nak…?”

Si ayah bertanya keheranan. Tetapi si anak masih tetap menangis.

“Jawabanya panjang amat… hu… hu… hu, terus di mana tempat untuk nulis jawabannya? Ayah aja deh yang nulis jawabannya!!! Hu… hu… hu…”

Si Upik lantas menyerahkan buku latihan Bahasa Ingris yang pada sampul depannya tertulis…

NAME: ……
SCHOOL: ……
CLASS: ……
SEX: ……

*****

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home