PEDOMAN PELAKSANAAN KOMPETISI SAINS MADRASAH TINGKAT NASIONAL TAHUN 2012

Direktorat Jenderal pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Pendidikan Madrasah menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2012. Bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung, kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 25 s/d 29 Juni 2012 di Hotel Ibis Bandung Supermal (BSM) Bandung, Jawa Barat.

Dalam Kata Pengantar Buku Pedoman Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2012, Direktur Pendidikan Madrasah, Prof. Dr. H. Dedi Djubaedi, M.Ag., menjelaskan bahwa kompetisi sains merupakan ajang membangun kemampuan (capacity building) bagi madrasah di tanah air dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (lPTEK). Dengan kompetisi ini madrasah diharapkan dapat memupuk motivasi bagi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang IPTEK, sehingga pada gilirannya siswa madrasah sebagai generasi penerus bangsa ini mampu mengembangkan antara IPTEK dan IMTAQ.




LATAR BELAKANG
Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada era globalisasi ini dirasa demikian pesat dan tidak sedikit melahirkan tantangan pada berbagai aspek kehidupan umat manusia tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Kondisi demikian menuntut semua pihak terutama para stakeholder pendidikan untuk mampu berperan aktif melahirkan dan memanfaatkan IPTEK tersebut terutama dalam pengembangan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

Salah satu indikator pendidikan yang bermutu dan berkualitas adalah pendidikan yang melahirkan lulusan yang kompeten khususnya pada bidang IPTEK. Siswa yang memiliki kompetensi di bidang tersebut sangat diharapkan terlebih pada kondisi bangsa Indonesia yang sedang membangun dan mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju lainnya seperti Amerika, Jepang, Inggris, China dan lainnya. Pengembangan bidang IPTEK sudah banyak dilakukan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta melalui berbagai jalur seperti pendidikan, pelatihan, workshop, seminar, diskusi, penyediaan berbagai literature dan media serta lainnya.

Namun apakah masyarakat khususnya siswa sudah memahami IPTEK baik secara teori maupun praktek.Sampai hari ini tampaknya belum ada peta yangjelas tentang kompetensi siswa tersebut, terutama siswa madrasah. Uji kompetensi IPTEK sudah banyak dilakukan baik oleh lembaga pemerintah maupun swasta, negeri maupun luar negeri,bahkan juarapun tidak sedikit dipersembahkan oleh anak bangsa tersebut. Namun yang sering jadi pertanyaan adalah seberapa banyak tingkat partisipasi siswa madrasah pada kegiatan tersebut. Ini sangat sulit juga dijawab, karena belum adanya data akurat tentang hal tersebut, termasuk peta kompetensi siswa pada bidang ini dalam skala nasional maupun internasional.

Kompetisi SainsMadrasah diharapkan dapat memberikan jawaban terhadap kebutuhan tentang peta kompetensi tersebut. Kompetisi ini juga diharapkan mampu memupuk motivasi bagi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang tersebut, sehingga kedepan kitadiharapkan banyak siswa madrasah disamping memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah juga mampu membangun bangsa khususnya dibidang IPTEK yang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat pada umumnya.

Selain itu, kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal dibidangnya dan mampu berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan ini juga peserta dapat melatih dan terbiasa untuk selalu meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan ke depan. Oleh karena itu, Kompetisi Sains Madrasah merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan diatas.

TUJUAN PELAKSANAAN
Tujuan Umum
Secara umum KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) tahun 2012 ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai-nilai sportivitas serta menjungjung tinggi nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Tujuan Khusus
Secara khusus Kompetisi Sains Madrasah tahun 2012 adalah sebagai berikut :
  1. Menyediakan wahana bagi siswa madrasahuntuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sainssehingga dapat berkreasi dan mencintai sains.
  2. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama.
  3. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa madrasah
  4. Menjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat Internasional.

TEMA KOMPETISI
Tema Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2012 adalah Membangun olah pikir, kreativitas, dan inovasi untukmenjadi yang terbaik dan diridhai Allah SWT dalam membangun keseimbangan antara iman, ilmu, dan amal

BIDANG KOMPETISI
Rincian Bidang Kompetisi Sains Madrasah adalah sebagai berikut :
Tingkat MTS:
  1. Matematika
  2. IPA (Fisika dan Biologi)

Tingkat MA:
  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Biologi
  4. Kimia, dan
  5. Ekonomi

PESERTA KEGIATAN
a. Tingkat MTs
- Peserta Kompetisi Matematika : 33 orang
- Peserta Kompetisi IPA (Fisika dan Biologi) : 33 orang

b. Tingkat MA
- Peserta Kompetisi Matematika : 33 orang
- Peserta Kompetisi Fisika : 33 orang
- Peserta Kompetisi Biologi : 33 orang
- Peserta Kompetisi Kimia : 33 orang
- Peserta Kompetisi Ekonomi : 33 orang
Catatan: 33 orang dari setiap bidang kompetisi merupakan perwakilan provinsi

PENDAMPING
- Pendamping MA 1 orang dari setiap Provinsi : 33 orang
- Pendamping MTs 1 orang dari setiap Provinsi : 33 orang
Catatan: 33 orang dari setiap bidang kompetisi merupakan perwakilan provinsi

SYARAT PESERTA
- Siswa terbaik dan berprestasi tingkat provinsi pada setiap mata/bidang kompetisi
- Kelas VII dan VIII untuk MTs, dan Kelas X dan XI utk MA tahun pembelajaran 2011/2012

BENTUK TEST
Bentuk tes pada kegiatan Kompetisi Sains Madrasah terdiri dari:
F.1 Tes Teori
Tes teori akan disesuaikan silabus KSM yang mengacu pada standar silabus nasional. Tes Teori akan menguji pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap ilmu yang dikompetisikan.

F.2 Eksperimen/Explorasi
Eksperimen/explorasi akan menguji kemampuan siswa/i dalam mendesain, menganalisis, memecahkan masalah, dan mengenali hubungan sebab akibat antara
gejala.

MATERI KOMPETISI
Materi Kompetisi diambil dari Standar Isi dan sains kontemporer dengan komposisi 75 % materi standar isi, dan 25 % materi sains kontemporer

WAKTU PELAKSANAAN
Kompetisi Sains Madrasah dilaksanakan pada tanggal 25 s/d 29 Juni 2012.

TEMPAT PELAKSANAAN
Tempat pelaksanaan di Hotel Ibis Bandung Supermal (BSM) Bandung, Jawa Barat

KEGIATAN LAIN DI LUAR KOMPETISI
Kegiatan lain yang dilaksanakan pada saat kompetisi diantaranya:
  1. Pertunjukan seni siswa
  2. Seminar Pendidikan
  3. Lomba Kreatifitas Siswa dan Guru
  4. Pameran/Ekspo
  5. Ceramah Umum, dan
  6. Lain-lain

PETA LOKASI KEGIATAN



Rute:
Dari Bandara Internasional Sukarno-Hatta – Bandung Supermal (BSM).
Bus (PO. Primajasa), Travel (PO. Xtrans)
Dari Terminal Cicaheum
Cicaheum via Binong- BSM - Abdul Muis (Kebon Kelapa)

Pedoman Pelaksanaan selengkapnya dapat diunduh DI SINI.


Selamat berkompetisi!


Salam Kreatif!


Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home