LOMBA MENULIS ARTIKEL ONLINE UNTUK SMA/SMK/MA TAHUN 2012

Festival Ekonomi Kreatif tingkat-SMA dan sederajat se-Indonesia (FEKSI), yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan RI kembali digelar pada tahun 2012.

FEKSI, untuk pertama kalinya dimulai pada tahun 2010, menyelenggarakan Lomba Debat dan Lomba Menulis Artikel tentang Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri. Pada tahun 2012, FEKSI mengembangkan kegiatannya, dengan menambah lomba foto jurnalistik dan lomba mading.

 Mari kita lihat syarat dan ketentuan lombanya!

1.    Lomba menulis Artikel ini diikuti perorangan siswa/i SMA/SMK/MA  dari seluruh Indonesia (tidak sebatas di 10 kota).
2.    Peserta lomba menulis artikel adalah siswa kelas X dan XI.
3.    Peserta wajib memilih salah satu dari 3 tema di bawah ini sebagai bahan artikel:
    Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi.
    Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.
    Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.
4.    Judul artikel bebas, sesuai dengan salah satu dari tema-tema yang ditentukan di atas.
5.    Dalam penulisan artikel, apabila mengutip suatu pendapat atau data, si penulis harus mencantumkan sumbernya. Atau membuat daftar pustaka di bagian belakang naskah artikel.
6.    Artikel ditulis ketik 1,5 spasi maksimal 4 halaman  kuarto (A4), di luar halaman daftar pustaka dan biodata. Contoh: Jika artikel utamanya 4 halaman, maka halaman berikut bisa digunakan untuk daftar pustaka dan biodata.
7.    Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) artikel. Setiap sekolah boleh mengirimkan peserta sebanyak-banyaknya.
8.    Peserta lomba menulis artikel, DILARANG MERANGKAP sebagai peserta lomba-lomba lain yang diselenggarakan pada FEKSI 2012 (Lomba Debat, Foto Jurnalistik, dan Mading). Begitu berlaku sebaliknya.
9.    Bahan-bahan penulisan artikel bisa diambil dari berbagai sumber yang relevan (suratkabar, majalah, tabloid, buku, internet, jurnal, web Kementerian Perdagangan, web Indonesia Kreatif, dll).
10.    Font yang digunakan dalam menulis artikel adalah Calibri ukuran 12, margin standar (4-3-4-3). Nama file yang dikirimkan (karya artikel) menggunakan Nama si Peserta sendiri yang diikuti nama kota. Contoh: Mutiara Hapsari (Jogjakarta).
11.    Setelah selesai dibuat, artikel silakan dikirimkan Kepada Yth. Panitia Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA se-Indonesia Tahun 2012, HANYA melalui E-mail dengan alamat: feksisps@gmail.com.
12.    Pengiriman artikel, harus disertai dengan pengisian formulir pendaftaran yang bisa diperoleh di alamat: http://bit.ly/feksiARTIKEL.



13.    Antara artikel utama, daftar pustaka, dan biodata, HARUS ditulis dalam satu file, JANGAN terpisah dalam file berbeda.
14.    Pengiriman artikel bisa dilakukan menggunakan alamat e-mail pribadi peserta lomba atau menggunakan alamat e-mail guru pembimbing/sekolah.
15.    Satu pengiriman e-mail bisa dilakukan untuk seluruh artikel dari sekolah bersangkutan.
16.    Konfirmasi atas pengiriman e-mail atau informasi tentang lomba artikel bisa dilakukan via telepon ke SPS Pusat: 021 – 3459671 dan 3811228 atau dengan Sdr. Sekhudin (0813 1884 6907) dan Sdri. Riska (0853 1090 2036).
17.    Setiap pengiriman naskah artikel, dilengkapi dengan data diri penulis yang memadai, terdiri dari: Nama Peserta, Tempat dan Tanggal Lahir, Kelas, Nama dan Alamat Sekolah, No Telp Sekolah, No Telp/HP Peserta, Alamat E-mail Sekolah dan E-mail Peserta.
18.    Batas waktu pengiriman artikel adalah 30 Juni 2012 (berlaku Nasional seluruh Indonesia).
19.    Artikel yang dikirim melalui pos/jasa courier dan atau dikirim via faksimili, dianggap GUGUR dan tidak akan dilakukan penilaian oleh Dewan Juri.
20.    Artikel yang diterima oleh Panitia Lomba setelah tanggal tersebut di atas, akan dianggap GUGUR, dan tidak berhak diikutkan pada lomba.
21.    Penilaian artikel akan dilakukan oleh Dewan Juri sebanyak tiga orang yang terdiri dari unsur Praktisi Ekonomi Kreatif, Akademisi Perguruan Tinggi, dan Serikat Perusahaan Pers (SPS).
22.    Kriteria Penilaian Artikel:
    Kesesuaian naskah dengan tema lomba (40%).
    Kedalaman analisis (30%).
    Komunikatif dan mudah dimengerti (30%).
23.    Besaran penilaian artikel ditentukan berdasarkan angka, dari 0 – 100 kemudian dikalikan dengan bobot masing-masing kriteria yang sudah ditentukan.
24.    Juri akan menentukan 10 nominator dari seluruh Indonesia.
25.    Lima pemenang utama artikel dari seluruh Indonesia yang terpilih dari 10 nominator tersebut, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Menulis Artikel FEKSI 2012.
26.    Panitia akan memberikan hadiah bagi 3 pemenang utama tingkat nasional (sertifikat, trophy, dan uang pembinaan) saat grand final berlangsung.
27.    Pemenang I Lomba Menulis Artikel tingkat nasional, akan memperoleh thropy bergilir Menteri Perdagangan RI.
28.    Lima nominator yang tidak terundang mengikuti grand final, akan menerima hadiah souvenir dan sertifikat yang akan dikirim melalui Pos atau Jasa Kurir.
29.    Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
30.    Seluruh Peserta dan Guru Pendamping akan memperoleh SERTIFIKAT.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi blog resmi FEKSI DI SINI sedangkan untuk mengisi formulir Online, silahkan klik DI SINI.

Selamat berkompetisi!

Salam Kreatif!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih telah berkenan berkunjung dan meninggalkan jejak komentar

    Next previous home