TEMU OPERATOR SEKOLAH: PROGRES, KINERJA, DAN HARAPAN


Sesuai undangan yang disebarkan melalui SMS via jalur Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) SD Kecamatan Paninggaran, Selasa, 19 November 2013, Jaringan Operator Sekolah (JOS) Paninggaran menggelar acara Temu Operator perdana di Gedung KPRI MEKAR Paninggaran. Acara yang dihadiri Operator Sekolah (OS) SD se-Kecamatan Paninggaran tersebut bertajuk ”Percepatan Penyelesaian Input dan Validasi DAPODIKDAS 2013”.
Senafas dengan ”virus” yang sebelumnya telah disebarkan melalui Grup Facebook Jaringan Operator Sekolah (JOS) Paninggaran, Temu Operator tersebut menjadi ajang sharing antaroperator. Meski sharing sejenis juga nyaris setiap hari telah dilakukan melalui dunia maya, acara yang lebih mirip disebut kopi darat alias kopdar tersebut benar-benar menjadi sarana tukar ilmu, tukar informasi, dan tukar bingung (kala ada masalah yang belum terselesaikan).

Dalam Temu Operator yang dihadiri oleh 24 OS (minus OS dari SDN 01 Werdi, SDN 02 Werdi, dan SDN 02 Winduaji) tersebut, selain membahas persoalan seputar Aplikasi DAPODIKDAS 2013, juga mengemuka dan mengerucut hal-hal yang sebelumnya diwacanakan di Grup Facebook Jaringan Operator Sekolah (JOS) Paninggaran, antara lain:
  1. Seluruh OS sepakat untuk menjadikan JOS sebagai organisasi resmi Operator Sekolah SD Kecamatan Paninggaran sebagai tempat berhimpun OS dalam menjalankan tugasnya sekaligus wahana sharing. Sebelum batas akhir 30 November 2013, akan diupayakan agar JOS memperoleh SK Penetapan dari Kepala UPT Dindikbud Paninggaran.
  2. Seluruh OS sepakat untuk bekerja maksimal dalam menyelesaikan tugasnya dimana masalah-masalah yang muncul akan dikomunikasikan lewat forum. Tentang tindak lanjut dari Surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Nomor 421.2/3358 tanggal 1 November 2013 tentang Pemberitahuan Pendataan Dapodikdas 2013 (dan Standar Honor bagi Pengelola Dapodikdas 2013 yang dipublikasikan blog suprikajen pada tanggal 15 November 2013) dimana salah satu itemnya mengatur tentang honor bagi OS akan ditindaklanjuti oleh pengurus JOS untuk dikomunikasikan dan dikoordinasikan kepada Kepala Sekolah melalui KKKS dengan tetap mendukung upaya komunikasi intensif antara OS dan pihak sekolah.
  3. Merekomendasikan sepenuhnya kepada Operator UPT, Rudy Hermawan, agar bisa mengawal Surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan tentang Pemberitahuan Pendataan Dapodikas 2013 dan Standar Honor bagi Pengelola Dapodikdas 2013, sebagaimana poin 2 di atas, untuk secepatnya ditindaklanjuti dan didistribusikan ke sekolah agar Kepala Sekolah dan PTK di sekolah juga mengerti dan memahami hak dan kewajiban masing-masing sehingga OS terhindar dari kesan bekerja sendirian tanpa dukungan yang semestinya diberikan.
  4. Kesulitan-kesulitan non teknis yang dihadapi OS (seperti tidak kooperatifnya PTK dalam memberikan data, ketiadaan sarana pendukung, dan sejenisnya) sebisa mungkin diselesaikan oleh OS sendiri. Apabila OS terkendala berbagai hal, forum akan memfasilitasi melalui KKKS. (Terkait adanya laptop pribadi salah satu OS yang rusak dan sudah dilaporkan ke KS namun sampai belum ada solusinya sehingga pekerjaan input data terhenti total, sudah dikomunikasikan melalui KKKS agar bisa menjembatani).
Acara yang berlangsung dari pukul 07.30 WIB sampai sekitar pukul 11.00 tersebut, yang juga sempat dihadiri Operator UPT, Rudy Hermawan, diakhiri dengan banyak harapan OS tentang penghargaan yang setimpal atas kinerja. Sayangnya, tiga OS dari SDN 01 Werdi, SDN 02 Werdi, dan SDN 02 Winduaji tak jua muncul sampai acara ditutup.


Semoga acara perdana tersebut bermanfaat untuk keluarga besar PTK SD se-Kecamatan Paninggaran.

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home