Mari Mengenal Berbagai Macam Tanda Pada Botol Plastik

Coba perhatikan botol plastik atau tempat minum plastik yang Anda miliki. Di bawahnya pasti terdapat tanda segitiga dengan beragam nomor di dalamnya. Sudahkan Anda tahu bahwa nomor-nomor itu adalah simbol tentang kandungan plastik pada botol yang Anda pegang?

Tanda itu adalah kode khusus yang dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry di Amerika Serikat pada tahun 1998 lalu. Kode itu diadaptasi oleh International Organization for Standardization (IOS).

1. PETE
PETE / Ist.


Tanda pertama biasa ditemukan pada gambar segitiga dengan angka 1 di tengahnya yang disertai dengan tulisan PETE. PETE di sini mengacu pada istilah polyethylene terephthalate yang biasa ditemukan pada botol air kemasan yang sering Anda beli.

Botol dengan tanda seperti ini disarankan hanya satu kali pakai dan tidak untuk menyimpan air panas karena bisa menyebabkan lapisan polimer dalam botol akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker.

2. HDPE
HDPE / Ist.

Tanda kedua adalah segitiga dengan angka dua di dalamnya serta tulisan HDPE atau high density polyethylene di bawahnya. Tanda ini sering ditemukan pada botol susu, galon air minum, kursi lipat, dan lain-lain. Botol plastik dengan simbol ini sudah bisa diapstikan aman untuk menyimpan air atau makanan karena bisa mencret.

3. PVC
PVC / Ist.

Tanda ketiga adalah segitiga dengan angka tiga di dalamnya serta tulisan V di tengahnya yang mengarah pada PVC atau polyvinyl chloride. Tanda ini biasa ditemukan pada plastik pembungkus barang dan berbagai macam botol. Jika plastik ini digunakan untuk membungkus makanan maka akan berbahaya bagi kesehatan ginjal dan hati.

4. LDPE
LDPE / Ist

Tanda keempat adalah segitiga dengan angka empat di dalamnya serta tulisan LDPE yang berarti low density polyethylene. Plastik ini biasa digunakan pada tempat makanan dan botol yang lembek. Plastik ini tergolong kuat dan baik untuk tempat makanan karena daya tahan terhadap uap air dan reaksi kimia cenderung kuat.

5. PP
PP / Ist.

Tanda kelima adalah segitiga dengan angka lima di dalamnya serta tulisan PP yang berarti polypropylene. Plastik jenis ini tahan terhadap lemak, suhu yang tinggi, serta berwarna mengkilap. Biasanya botol plastik dan tempat makanan berbahan plastik akan menggunakan plastik jenis ini.

6. PS
PS / Ist.

Tanda keenam adalah segitiga dengan angka enam di dalamnya serta tulisan PS yang berartipolystyrene. Plastik ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuat styrofoam. Bahan jenis ini sangat tidak disarankan sebagai pembungkus makanan karena kontak kimiawi dengan makanan di dalamnya bisa menyebabkan gangguan otak dan masalah reproduksi pada wanita.


Sumber: suaranews

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home