SOSIALISASI PENGUATAN TENAGA PENGOLAH DATA PENDIDIKAN PAI KABUPATEN PEKALONGAN



Berdasarkan Surat Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan Nomor Kd.11.26/5/PP.00/1400/2014  tanggal 7 Mei 2014 Perihal Undangan Sosialisasi Penguatan Tenaga Pengolah Data Pendidikan PAI, Sabtu kemarin (17/5) mulai pukul 08.00 WIB berlangsung Sosialisasi Penguatan Tenaga Pengolah Data Pendidikan PAI di Gedung Pemuda Kabupaten Pekalongan. Acara yang diikuti oleh pengurus KKG SD dan MGMP PAI SMP, SMA, dan SMK se-Kabupaten Pekalongan tersebut dilaksanakan oleh Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan.

Acara dibuka oleh Kasi PAIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Muqodam, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan yang berhalangan hadir karena sedang mengikuti kegiatan dinas di luar kota.

Hadir sebagai narasumber adalah Lasianto dari Bidang Pendidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, yang menyampaikan paparan tentang Manajemen Pengelolaan Data dan Informasi Pendidikan Agama Islam.

 Menurut beliau, Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) relatif baru dalam struktur Kemenag (dahulu Mapenda), sehingga belum memiliki basis data yang valid. Karena itu, pendataan dilaksanakan setiap semester. Data yang valid sangat penting bagi referensi untuk pengambilan kebijakan. Terkait sertifikasi, persoalan yang sering ditanyakan oleh GPAI adalah tentang penerbitan Nomor Registrasi Guru (NRG). Penting untuk diketahui bahwa NRG diterbitkan oleh Kemdikbud, bukan Kemenag. Sedangkan masalah tunjangan sertifikasi guru yang masih tertunda, kemungkinan besar pada tahun 2014 ini juga belum bisa cair karena masalah teknis. Beliau meminta agar GPAI di semua lini bersabar.
Dalam sesi diskusi, pertanyaan yang mendominasi terkait sertifikasi guru, mulai dari pemenuhan jam pelajaran GPAI di sekolah negeri, pengelolaan mulok, dan sebagainya.



Instrumen Pendataan GPAI di Sekolah
Dalam kesempatan tersebut, diluncurkan Instrumen Pendataan GPAI di sekolah dimana formatnya telah distandarkan dengan Sistem Pendataan EMIS bertajuk Form Emis GPAI 2014. GPAI diharapkan untuk mengisi data tersebut sesuai fakta untuk kemudian direkap di tingkat kabupaten.



Setiap KKG dan MGMP PAI diminta untuk mengawal pendataan tersebut dengan memastikan agar setiap GPAI berpartisipasi dalam pendataan. Mengingat deadline dari provinsi, menurut Muqodam, file rekap di tingkat KKG dan MGMP telah diserahkan ke Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan pada Hari Selasa, 20 Mei 2014. 

File Instrumen Pendataan GPAI di Sekolah Tahun 2014 yang bernama Form EMIS GPAI 2014 dapat didownload DI SINI atau DI SINI.

Petunjuk Pengisian
  1. File terdiri dari 3 sheet, yaitu 1) Sheet "PETUNJUK" : berisi petunjuk pengisian instrumen data Guru PAI di Sekolah, 2) Sheet "Guru PAIS" : berisi format pendataan Guru PAI di Sekolah yang harus diisi dan dilengkapi oleh setiap Guru PAIS, dan 3) Sheet "Validasi Data" : berisi hasil validasi terhadap pengisian data pada sheet "Guru PAIS"
  2. Setiap Guru PAI di Sekolah harus melengkapi data dengan menggunakan file instrumen ini.
  3. Dilarang untuk membuat format data sendiri.
  4. Pada saat melakukan input data, dimohon untuk melakukan pengetikan data ke dalam setiap cell data.
  5. Tidak diperkenankan untuk melakukan fungsi "Copy" & "Paste" dari format data lain karena akan menghilangkan fungsi validasi data.
  6. Jangan mengisi data pada baris data yang tidak memiliki format (border).
  7. Jika jumlah baris data yang berformat kurang, hubungi Kankemenag Kab./Kota atau Kanwil setempat atau langsung ke EMIS Pusat.
  8. Petunjuk pengisian dapat dibaca pada comment di setiap kepala tabel atau pada cell yang akan diisi.
  9. Setelah melengkapi seluruh data pada sheet "Guru PAIS", periksa hasil validasinya pada sheet "Validasi Data".
  10. Jika pada sheet "Validasi Data" masih terdapat kolom yang datanya dianggap salah atau meragukan (kolom dengan keterangan "Data Kosong" atau "Cek Lagi" atau "Tidak Valid" atau "#Value!"), periksa kembali sheet "Guru PAIS" dan perbaiki data pada kolom tersebut sesuai petunjuk.
  11. Setelah tidak ada data salah atau meragukan, simpan file ini ke dalam file Excel dengan ekstensi "xls". Jangan disimpan dalam format file "xlsx".

Catatan:
  1. Bagi rekan-rekan GPAI SD Kecamatan Paninggaran, silahkan men-download file-nya untuk kemudian diinput dengan data yang sesuai.
  2. Sesuai penjelasan di lembar Petunjuk yang ada di file, isikan data dengan mengetik, bukan meng-copy-paste.
  3. Kolom TMT SK Awal Pengangkatan bagi PNS diisi dengan TMT CPNS
  4. Untuk sertifikasi lulusan 2013, sesuai penjelasan narasumber, meski sudah memiliki NRG, karena SK Dirjen belum keluar, pada form tersebut tidak perlu diisi NRG-nya. Begitu juga kolom Tahun Terbit NRG. Artinya, kedua kolom tersebut dikosongkan saja.
  5. Sheet yang bisa diisi hanya sheet Guru PAIS (sheet yang di tengah, berwarna hitam). Sheet Validasi Data merupakan sheet untuk validasi. Setiap isian pada sheet Guru PAIS akan langsung terbaca statusnya pada sheet Validasi Data. Data yang telah tervalidasi ditunjukkan dengan kosongnya setiap kolom pada sheet Validasi Data secara otomatis.
  6. Setiap GPAI bertanggung jawab terhadap data masing-masing. Sangat disarankan bagi GPAI untuk mengisi sendiri dengan data yang valid, sesuai petunjuk yang telah ditentukan. Apabila meminta bantuan pihak lain, termasuk Operator Sekolah (OS), pastikan GPAI ikut mendampingi proses input data. Sekali lagi, yang bertanggung jawab atas data adalah GPAI masing-masing, bukan orang lain.
  7. Setelah dipastikan valid, silahkan simpan dan pastikan formatnya “xls”, bukan “xlsx”. Untuk memudahkan rekapitulasi, tambahkan identitas Kecamatan + NPSN di depan nama file. Contoh: untuk SDN Tanggeran dengan NPSN 20323265, nama file yang semula Form Emis GPAI 2014 menjadi Paninggaran 20323265 Form Emis GPAI 2014
  8. Terakhir, silahkan kirim file tersebut ke kkgpai.paninggaran02@gmail.com dengan CC/tembusan ke maskiron.inside@gmail.com paling lambat Hari Senin, 19 Mei 2014 pukul 15.00 WIB. Mohon tepati jadwal.

Semoga bermanfaat. Salam Kreatif!

Dzakiron, Peserta & Sekretaris I KKG PAI Kec. Paninggaran

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home