Kabupaten Pekalongan Kini Miliki Perguruan Tinggi Negeri

Surat bernomor 4807/E.E2.1/KL/2014 perihal hasil seleksi pendirian calon akademi komunitas tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat merupakan surat bersejarah bagi Kabupaten Pekalongan. Pasalnya, dengan munculnya surat itu, kini Kabupaten Pekalongan memiliki perguruan tinggi negeri, yakni Akademi Komunitas Negeri Kajen.

Berbagai langkah pun ditempuh Pemkab Pekalongan untuk menyosialiasikan berdirinya perguruan tinggi pertama di Kota Santri itu. Salah satunya adalah menggelar sosialisasi seleksi mahasiswa baru Akademi Komunitas Negeri Pekalongan.


Koordinator Pengelola Akademi Komunitas Negeri Kajen, Mujiyanto menerangkan, sekarang ini tim sedang mempersiapkan proses seleksi pemerimaan mahasiswa baru. "Sebagai langkah awal kami membuka pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung (Polban) Program Studi Di Luar Domisili (PDD) Kajen Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kajen dibuka mulai 4 – 22 Agustus 2014. Pendaftaran dilayani di Kampus AKN di Eks Gedung Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Jalan Bahurekso Nomor 1 Kajen," terangnya, sebagaiman siaran pers yang diterima Suara Merdeka, Jumat (25/7).

Dikatakan, AKN membuka program Diploma II (DII) dengan berbagai jurusan meliputi Rekayasa Perangkat Lunak (IT), Teknik Kima, dan Teknik Mekatronika. Tahun ajaran 2014/2015 ini, kata dia, akan menerima 96 lulusan calon mahasiswa baik dari lulusan SMA sederajat terbaru maupun lama.

"Biaya pendaftaran calon mahasiswa baru sebesar Rp 100.000. Mahasiswa akan mendapatkan bantuan operasional untuk meringankan biaya kuliah. Sementara itu, seleksi berupa tes tertulis akan diselenggarakan pada tanggal 23 Agustus 2014 di GPU Kajen. Hasil tes akan diumumkan pada tanggal 26 Agustus 2014 di Kampus AKN Kajen," ujarnya.

Menurutnya, Akademi Komunitas Negeri ini merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan dan atau teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus. 

Sementara itu, Bupati Pekalongan Amat Antono pada kesempatan memantau kesiapan pos pengamanan Lebaran 2014, menyatakan, Kabupaten Pekalongan sekarang sudah memiliki perguruan tinggi, yakni Akademi Komunitas Negeri. "Langkah awal kami masih didampingi dari Politeknik Bandung," ujarnya.


Sumber: Suara Merdeka

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home