Nilai CAT CPNS 2014 Jeblok? Ini Penyebabnya

Pelaksanaan tes CPNS 2014 direncanakan akan 100% menggunakan sistem CAT di tahun 2014 ini namun meski telah diterapkan sejak dua tahun terakhir ternyata penggunaan software CAT CPNS untuk seleksi tes CPNS 2014 masih perlu sosialisasi selain untuk pengenalan dalam penggunaan maupun untuk uji coba mengukur tingkat soal kesulitan soal yang telah dibuat dan nantinya akan digunakan dalam tes CPNS 2014 yang sesungguhnya.


Setelah simulasi berhasil diselenggarakan di beberapa kota menjelang tes CPNS 2014 namun hasilnya masih belum sesuai dengan yang diharapkan dimana nilai perolehan peserta dalam simulasi tersebut masuk jeblok atau di bawah standar kelulusan tes CPNS untuk tahun 2014 ini sehingga harus ada pembenahan agar nantinya tes yang diselenggarakan benar-benar mampu menyaring peserta terbaik dari semua peserta bukan menyingkirkan mereka semua.

Untuk itu tentu ada penyebab yang membuat peserta mendapatkan nilai jeblok ini lalu apa yang menjadi penyebab sulitnya simulasi tes CAT CPNS 2014 yang diselenggarakan maka disini kami akan memberikan informasinya disini dalam Nilai CAT CPNS 2014 Jeblok, Ini Penyebabnya.

Faktor terbesar yang mempengaruhi adalah tentang kesiapan peserta sendiri dalam mengikuti tes simulasi CAT CPNS yang telah diselenggarakan misal di UPI dan Jakarta pada beberapa waktu lalu dengan jumlah peserta mencapai 5000 orang.

Tujuan dari diselenggarakannya Simulasi CAT CPNS ini adalah sosialisasi terhadap proses pelaksanaan tes CPNS menggunakan sistem CAT dan proses tranparansi dalam mengumumkan hasil tes ujian peserta.

Sedangkan untuk nilai yang jeblok memang masih jauh dari nilai passsing grade yang telah ditetapkan ini mengindikasikan bahwa soal tes CPNS yang diujikan masuk dalam kategori sulit sehingga nantinya setiap peserta yang akan mengikuti tes seleksi CPNS tahun 2014 memang harus mengadakan persiapan dengan maksimal agar hasil yang diperoleh pun akan sesuai dengan yang diharapkan.

Karena memang apapun yang diperoleh dalam tes simulasi CAT CPNS 2014 bukanlah hal yang penting melainkan yang terpenting itu calon peserta tes nantinya paham dengan mekanisme yang ada dalam proses pelaksanaan tes CPNS menggunakan sistem CAT tahun 2014 beserta pertimbangan transparansi terhadap hasil tes ujian yang langsung bisa diketahui peserta beberapa saat setelah menyelesaikan soal ujian dalam software CAT tersebut.

Dan masing-masing komputer untuk masing-masing soal CAT CPNS yang dikerjakan oleh peserta langsung terhubung dengan server Kemenpan & RB sehingga nantinya pada saat tes CAT CPNS yang sebenarnya hasil ujian yang diperoleh oleh setiap peserta akan secara otomatis terkirim ke pusat atau panitia penyelenggara tes CPNS 2014.

Tes CPNS 2014 menggunakan sistem CAT memang terbukti lebih praktis daripada metode yang digunakan sebelum dalam hal transparansi ataupun meminimalisir kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan perekrutan CPNS sehingga nantinya yang akan lulus adalah memang peserta yang unggul dari peserta lainnya sehingga pegawai yang akan diangkat pun memang yang memenuhi kompetensi seperti yang diharapkan.

Menjelang Pembukaan Pendaftaran CPNS 2014 yang direncanakan mulai dibuka pada akhir bulan Juli bulan ini kini dalam rangka sosialisasi juga uji coba terhadap tingkat kesulitan soal-soal CPNS yang akan diujikan maka pihak panitia penyelenggaraan tes CPNS 2014 mengadakan simulasi CAT (Computer Assisted Test) yang akan dijadwalkan untuk beberapa kota di Indonesia seperti yang akan kami bahas disini.

Penerapan sistem CAT memang dinilai lebih berhasil dan juga efektif serta praktis dibandingkan dengan mengggunakan metode lawas yang dikenal dengan LJK (lembar jawaban komputer) karena untuk sistem CAT dengan bantuan software secara praktis peserta bisa langsung menjawab setiap soal tanpa harus khawatir terbaca tidaknya hasil jawaban pada LJK sehingga meminimalisir kesahalan manusia (human error) saat menggunakan sistem ini.


Meski penerapannya sudah dimulai sejak tahun lalu namun belum sepenuhnya populer layaknya sistem tes yang digunakan pada periode sebelumnya sehingga simulasi CAT CPNS di beberapa kota dirasa penting agar dapat mengukur kesiapan peserta dalam mngikuti tes CPNS yang akan dimulai pada akhir bulan mendatang.

Sebelumnya simulasi ini telah dilakukan di 2 kota yakni Jakarta dan Bogor dengan harapan bahwa calon peserta tes CPNS nantinya akan fimiliar dengan sistem ujian atau tes CPNS menggunakan CAT ini selanjutnya kami akan memberikan kembali info detail tentang proses penggunaan software CAT kepada para calon peserta CPNS 2014.

Ya beberapa ulasan memang telah kami berikan pada tulisan yang telah dibuat sebelumnya terkait dengan info penggunaan sistem tes CPNS menggunakan CAT bisa lihat di Langkah proses penggunaan sistem CAT dalam tes CPNS 2014.

Ikuti Simulasi CAT CPNS 2014 dan Cek Jadwal untuk Kota Kamu berikut :
- Simulasi CAT CPNS tgl 3-4 Juli 2014 di UPI, Bandung, Jawa Barat.
- Simulasi CAT CPNS tgl 8 Juli 2014 di Denpasar, Bali.
- Simulasi CAT CPNS tgl 14 Juli 2014 di Semarang, Jawa Tengah.
- Simulasi CAT CPNS tgl 16 Juli 2014 di Surabaya, Jawa Timur.
- Simulasi CAT CPNS tgl 18 Juli 2014 di Makassar, Sulawesi Selatan.
- Simulasi CAT CPNS tgl 22 Juli 2014 di Medan, Sumatera Utara.

Pada dasarnya penggunaan sistem CAT CPNS itu mudah hanya saja calon peserta kerap dihantui rasa takut mengenai sulitnya pelaksaannya nanti, perlu diketahui 5 menit sebelum tes dilaksanaan maka semua peserta akan mendapat penjelasan yang rinci pada mengenai prosedur ataupun petunjuk penggunaan sistem CAT CPNS mulai dari cara pengisian identitas, login ke software hingga mengerjakan sampai finish dan mendapatkan skor nilai sebagai hasil tes yang nantinya akan menentukan siapa saja yang akan lulus dalam tes CPNS 2014.
Sumber:  wirajunior.

Catatan: 
untuk mencoba CAT BKN versi offline, seperti yang pernah saya coba, silahkan klik DI SINI.

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home