MENYIMPAN FILE VERVAL PADAMU KEMDIKBUD DENGAN MICROSOFT XPS DOCUMENT WRITER

Beberapa bagian dalam pekerjaan Opertor Sekolah dalam pengerjaan layanan PADAMU NEGERI KEMDIKBUD memerlukan pencetakan dokumen. Yang paling sering adalah bukti verval, misalnya S12a atau , SM01 atau bukti mutasi, dan yang paling aktual adalah kartu digital NUPTK/PegID. Tetapi, terkadang, ada saat di mana fasilitas printer yang kita butuhkan tidak ada. Atau, justru kita ingin menyimpan file tersebut agar disamping kita punya print out-nya, kita juga memiliki file-nya sehingga apabila sewaktu-waktu kita membutuhkan, dapat kita akses dengan mudah. Ini mungkin lebih efisien daripada mesti membawa print out kemana-mana.



Untuk keperluan tersebut, kita bisa menggunakan fasilitas Microsoft XPS Document Writer dimana file yang akan tersimpan berformat/bertipe XPS.

Bagaimana caranya?

Terlebih dahulu, pastikan bahwa di komputer telah tersedia Microsoft XPS Document Writer. Untuk memeriksanya, klik tombol Start yang umumnya berada di sudut kiri bawah layar (nomor 1), kemudian pilih Devices and Printers (nomor 2). 

 
Pada jendela yang tampil, terlihat beberapa jenis printer yang sudah pernah digunakan. Microsoft XPS Document Writer sudah duduk manis di sana.



Bagaimana bila Microsoft XPS Document Writer belum ada di komputer? Tenang, Semua pasti ada solusinya. Silahkan klik DI SINI untuk mendowload Microsoft XPS Document Writer.

Kalau sudah, mari kita lanjutkan.

Anggaplah rekan-rekan sudah login PTK di PADAMU NEGERI KEMDIKBUD dan sudah hendak mencetak file Verval. Di sini saya hendak mencetak Surat Pemberitahuan Reset Password untuk salah 1 Tenaga Kependidikan.

Silahkan klik tombol Cetak yang biasanya ada di bagian bawah formulir yang hendak dicetak. Akan terlihat tampilan seperti ini:


Nama printer yang telah disetting sebelumnya akan muncul di kolom tersebut.


Klik segitiga kecil pada kolom nama printer (nomor 1), pilih Microsoft XPS Document Writer (nomor 2), lalu tekan tombol OK. 


Muncul jendela konfirmasi. Tentukan folder penyimpanan file (nomor 1) kemudian tuliskan nama file dan pilih Save. Nama file yang saya ketikkan terlihat di kolom File Name.


Klik folder penyimpanan file tadi dan lihatlah nama file yang baru saja dituliskan. Kemudian klik ganda pada nama file tersebut untuk membukanya.


Inilah tampilan file tersebut.


Password, token, maupun keterangan lainnya di file tersebut dapat di-copy secara normal sehingga kita tidak perlu menuliskannya secara manual. Untuk mencetaknya, silahkan pilih gambar printer di sudut kanan atas.


Selamat menggunakan Microsoft XPS Document Writer. Semoga bermanfaat.

UPDATE:

Apabila file verval tersebut ingin dibuat ke dalam format PDF, beberapa alternatif bisa digunakan, termasuk menggunakan beragam aplikasi editing. Berhubung saya awam dengan aplikasi editing foto, saya lebih memilih menggunakan aplikasi ringan, sederhana, namun (menurut saya) powerful. Bila rekan-rekan Operator Sekolah mencermati foto sampul artikel ini, di bagian awal tulisan, dalam daftar printer, bersamaan dengan printer-printer yang lain, terlihat nama doPDF. Aplikasi inilah yang saya gunakan. Oh ya, doPDF juga bisa digunakan untuk mengkonversi fiile gambar, baik dari media pengambil gambar maupun file hasil scan, menjadi PDF. Caranya sama persis seperti penggunaan Microsoft XPS di atas. Jadi, bila rekan-rekan sama sekali belum pernah menggunakan doPDF, setelah diinstal, langkah-langkahnya sama persis, tinggal mengganti pilihan nama printer dengan doPDF.

Tertarik menggunakan doPDF? Silahkan unduh aplikasi berukuran 3,94 MB tersebut DI SINI.


Salam Kreatif!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home