TIPS JITU MENGATASI PESAN ERROR UPLOAD DATA SISWA KOLEKTIF

Dalam pengelolaan data siswa semester 1 tahun pelajaran 2014/2015, ada tahapan penambahan data siswa baru, yang selain bisa dilakukan satu-persatu juga bisa dilakukan dengan cara kolektif. Yang terakhir tentu lebih efektif karena dalam satu kali unggah file, beberapa atau bahkan semua data siswa bisa dimasukkan. Sayangnya, seperti yang saya alami, beberapa kali proses unggah data selalu gagal. Format file sudah disesuaikan sesuai petunjuk. Demikian juga format tanggal. Tetapi, masih saja pesan error tersebut muncul. Sampai akhirnya, saya coba potong kompas dengan siasat mudah. Hasilnya? Yuk kita lihat bersama!

Inilah data awal yang sudah saya siapkan. Formatnya berasal dari file unduhan yang saya tambahkan dengan data siswa lainnya. Tentang file unduhan ini, beserta informasi pengelolaan data siswa, bisa dilihat DI SINI.


Dan inilah pesan error yang tampil kala file tersebut diunggah.


Beberapa kali saya mencoba memperbaiki file tersebut. Mulai dari memeriksa format TEXT, format tanggal lahir, dan sebagainya. Semua nihil. Upload ulang hanya mengulang kemunculan pesan error tersebut.

Sampai akhirnya, saya coba dengan meng-copy salah satu format tanggal di file unduhan yang pertama, ke semua tanggal siswa. Logikanya, format tanggal dari file unduhan pasti oke. Dan inilah hasilnya. Semua tanggal lahir siswa sama.


Selanjutnya, saya lakukan upload ulang dengan prosedur standar. Silahkan lihat tata cara sesuai prosedur standar tersebut DI SINI.


Nama file (dengan bagian belakang saya tambahkan kata "revisi) telah terbaca sistem. Klik Unggah. Dan.....


Pesan error lenyaplah sudah. Klik Simpan.


Jendela konfirmasi telah memastikan bahwa data siswa telah berhasil dikirim. Klik Selesai.


Data siswa pun telah bersemayam dengan damai. Eit, ingat, masih ada PR: editing tanggal lahir siswa. Dari Daftar Siswa (di sini saya menggunakan fasilitas filter data sehingga yang tampil untuk saya edit hanyalah siswa kelas 6. Lebih detil tata caranya bisa dilihat DI SINI), pilih siswa yang akan diedit datanya.


Di bagian ini, silahkan lakukan editing tanggal lahir. Bila masih ada data yang kosong, lebih baik lakukan penambahan sekaligus agar satu kali proses.


Di bagian ini, kita juga bisa menambahkan foto siswa. Caranya bisa dilihat DI SINI.


Dan inilah hasil akhir dari semua proses di atas: foto siswa terunggah, kelengkapan data mencapai 100%.


Demikian tutorial singkat ini. Semoga bermanfaat.

Salam kreatif.

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih telah berkenan berkunjung dan meninggalkan jejak komentar

    Next previous home