Dampak Buruk Sering Menekan F5 Pada Komputer

Saya punya kebiasaan me-refresh tampilan laptop, khususnya di browser, pada saat saya menganggap tampilan yang terlihat kurang sempurna. Saya menganggap bahwa hal tersebut akan membuat tampilan selanjutnya akan lebih oke. 

Ternyata, kebiasaan tersebut bukannya tanpa resiko. Lebih banyak bahayanya daripada tidaknya. Maksud saya, ternyata, kebiasaan tersebut tidak kemudian membuat tujuan saya tercapai. Tetapi, sebaliknya, diam-diam, laptop saya dalam bahaya.
Setelah melakukan penelusuran di google, saya menemukan artikel yang saya anggap lumayan komprehensif mengulas tentang bahaya tersembunyi dari kebiasaan tersebut. Yuk kita simak sama-sama!
*****
Ini berawal ketika saya dan teman saya memutuskan untuk ngabuburit sambil berinternet ria di warnet yang tepat berada di samping rumah saya. Singkat cerita sesudah kami sampai disana dan menghidupkan PC, entah "makhluk" apa yang merasuki teman saya, tidak ada angin tidak ada hujan teman saya secara membabi buta melakukan refresh (menekan F5), dan walaa, ketika saya cek di Task Manager, core pada processor mencapai 90% alhasil malah jadi lemot walaupun hanya beberapa menit. Setelah saya tanya kenapa dia melakukan hal tercela tersebut ? dengan wajah penuh dosa dia menjawab "biar enteng (ringan) dan cepat".

Tahukah anda apa yang sebenarnya apa yang terjadi ketika Anda Me-Refresh (F5) Komputer, Laptop ataupun Smartphone Anda ?

Sebenarnya saat anda refresh maka CPU(Prosesor) akan berusaha untuk mereset kondisi ke status terakhir dari sistem.

Pada saat komputer heng terjadi antrian yang sumberdaya dari komuter tersebut tidak terpenuhi tepat waktu sehingga terjadi antrian menjadi lebih panjang lagi. Sebagai perumpamaan jika sebuah spbu sedang melayani pengunjung tiba-tiba stok bbm di tempat itu habis maka tentu dia akan menunggu pasokan dari pusat belum lagi pengunjung yang terus berdatangan sehingga membuat antrian menjadi sangat panjang.

Sebaiknya anda melakukan refresh sekali saja tidak usah berkali-kali karena justru hanya akan menambah beban dari CPU itu sendiri dan akan menambah lama. Mungkin jika anda me-refresh sekali-kali mungkin tak masalah CPU masih bisa menghandel nya. Tapi bagaimana jika anda lakukan berkali-kali dan hampir setiap hari? Ya anda tinggal tunggu saja Prosesor anda akan menurun peformanya.

Untuk menghindari hal tersebut sangat di sarankan anda tidak terlalu sering melakukan refresh, dan jika anda harus melakukannya seperti saat kita merename folder atau file kemudian belum berganti juga maka bolehlah anda refresh tapi cukup sekali saja tidak usah berulang-ulang.

Jika Anda sedikit kesulitan diatas, maka saya akan mengibaratkan Refresh Komputer = Reload Blog.

Sekarang saya tanya disaat apa Anda Me-Reload Blog ? yap, disaat Blog tersebut tidak memunculkan Gambar atau JavaScript belum terload sempurna
Pertanyaan kedua, Apakah perlu Me-Reload Blog terus menerus (2 - 3 kali) ? tidak perlu bukan, malah bisa-bisa over bandwitch.

Selanjutnya, mari kita telusuri lebih lanjut beberapa Fakta Tentang Me-Refresh Desktop.

Fakta Me-Reload Komputer 1 : Me-refresh desktop tidak mempercepat komputer

Hasil Benchmark Komputer Setelah Refresh
Hasil Benchmark Komputer Setelah Refresh Tidak Mengalami Perubahan

Banyak orang beranggapan kalau me-refresh desktop setelah komputer menyala dapat meningkatkan kecepatan komputer dan kenyataannya HAL ITU SALAH BESAR. Kenapa? Secara gitu loh, yang di-refresh atau disegarkan atau dimuat ulang adalah tampilan desktop terutama shortcut-shortcutnya. Kalau komputer itu kencang, ya maka komputer itu kencang. Tapi jika komputer itu lambat, ya sampai kiamat pun kita me-refresh desktop, komputer itu tetap lambat.

Fakta Me-Reload Komputer 2 : Me-refresh desktop gunanya hanyalah memuat ulang desktop sehingga isi desktop menjadi baru (ter-update)

Sebelum Refresh Komputer Sesudah Refresh Komputer
Sebelum+Refresh+Komputer Setelah+Refresh+Komputer

Fakta ini nyata (ya emang semua fakta nyata sih), tapi misalkan kita menghapus beberapa shortcut, lalu daftar shortcut kita jadi bolong-bolong maka refresh berguna pada hal ini. Me-refresh desktop akan memuat ulang desktop sehingga shortcut-shortcut desktop akan beraturan. Me-refresh desktop juga dapat memperbaharui tampilan desktop, misalnya kita menerapkan sesuatu pada desktop kita, tapi tidak muncul maka refresh sangatlah berguna.

Fakta Me-Reload Komputer 3 : Karena membebani processor, dengan cepat refresh desktop menaikkan suhu processor

Fakta ini berhubungan dengan fakta 2, jika kerja processor terus meningkat otomatis processor semakin panas.Kalau tidak percaya, gunakanlah software pengukur suhu processor kemudian refresh desktop, maka suhu dengan cepat naik.

Fakta Me-Reload Komputer 4 : Me-refresh desktop tidak mempercepat proses load sebuah situs

Refresh+Desktop+Tidak+Mempercepat+Proses+Load

Ini adalah fakta yang membuat saya terbahak-bahak dalam hati. Kenapa? Pada saat itu teman saya ingin main Poker di Facebook, kemudian dia agak emosi karena loadingnya lama. Jadi, dia bilang ke saya, "Ah, lama kali pun. Refresh dulu lah biar agak cepat." eh, dia langsung me-refresh desktop banyak-banyak, bahkan dia menahan tombol F5 lama-lama dan kemudian membuka kembali browser dan poker bisa dimainkan. Tapi yang sebenarnya dilakukannya adalah mengulur waktu dengan me-refresh agar dia tidak bengong nunggu halaman selesai dimuat.

Fakta Me-Reload Komputer 5 : Me-refresh desktop "hanya" membebani processor

Refresh Desktop "hanya" Membebani Processor
Fakta ini sangat terasa jika kita menggunakan processor jadul (dimulai dari Pentium D ke bawah). Me-refresh desktop berarti memuat ulang isi desktop kita, jika dilakukan berulang-ulang atau dilakukan lama-lama dengan menahan tombol F5, maka processor akan bekerja hingga 100%. Kalau tidak percaya, coba buka Task Manager komputer anda (klik kanan di tasbar, pilih Start Task Manager kemudian pilih tab Performance). Nah, setelah dibuka, tekan F5 di desktop anda untuk me-refresh desktop, alamak! Kerja processor pun meningkat. Bahkan saya bisa membuat grafik seperti di bawah ini, processor bekerja 100% kemudian turun menjadi 2% kemudian naik lagi menjadi 100% dan seterusnya dalam waktu yang singkat.

Fakta Me-Reload Komputer 6 : Me-refresh komputer bisa membuat komputer hang

Refresh Komputer Bisa Membuat Komputer Hang

Fakta ini hanya terjadi pada komputer yang lambat, karena komputer kesusahan memuat ulang desktop, maka yang terjadi adalah hang. Fakta ini juga bisa terjadi pada komputer yang terlalu keberatan dalam mengoperasikan komputer, maksudnya, pada komputer yang start-upnya begitu banyak, refresh dapat menambah beban kerja hingga komputer pun kewalahan dan hang.

Apakah setelah Anda mengetahui Fakta Tentang Merefresh Komputer, masihkah Anda "gemar" melakukan Refresh pada Komputer, Laptop ataupun Smartphone kesayangan Anda ? 

Sumber: jagatinfo

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home