SGMPB03: APLIKASI SEDERHANA RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH (RAPBS)

Selamat petang rekan-rekan PTK di manapun berada.

Pekerjaan rutin di awal tahun anggaran, yang bersamaan dengan awal semester baru, selain menyusun beragam SK Pembagian Tugas Guru (file 3 SK dapat diunduh DI SINI), bagi rekan-rekan yang juga mendapat tugas tambahan sebagai Bendahara BOS adalah menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) bersama-sama dengan Tim Penyusun. Sesuai dengan Petunjuk Teknis BOS Tahun Anggaran 2015, yang masih sama dengan Petunjuk Teknis BOS Tahun Anggaran 2014, Format BOS-K1, yang diisi oleh Sekolah dan dikirim ke Tim Manajemen BOS Kab/Kota berisi Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Di dalamnya, semua penerimaan dan pengeluaran sekolah mesti dicantumkan. Sedangkan Format BOS-K2 khusus berisi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang bersumber dari dana BOS.

Penyusunan RAPBS biasanya diawali dari merinci penggunaan dana tiap jenis kegiatan yang diteruskan dengan merinci penggunaan dana tiap jenis anggaran. Setelah keduanya selesai, barulah memetakan dana BOS dalam K2 yang harus dirinci dalam 4 triwulan.

Beberapa tahun menjadi Bendahara BOS, menurut saya, kesulitan paling tinggi terletak pada penyusunan K2. Meskipun menggunakan Ms Excel sehingga mempermudah distribusi per triwulan, memastikan agar dana terpetakan tiap triwulan sesuai alokasi dana, bagi saya, mempunyai tingkat kesulitan tersendiri.

Dari pengalaman itulah, kali ini saya menghadirkan sebuah aplikasi sederhana untuk membantu penyusunan RAPBS. Aplikasi sederhana yang saya beri nama SGMPB03 ini menggunakan Ms Excel sehingga beberapa dokumen RAPBS, seperti Surat Pengantar, Lembar Pengesahan, dan sejenisnya, masih dibuat terpisah karena menggunakan Ms Word.

SGMPB03 berisi 8 sheet dimana sheet DATA menjadi lembar pokok karena berisi data-data yang akan terisi secara otomatis ke sheet-sheet lainnya. Tab Sheet sengaja tetap ditampilkan agar rekan-rekan bisa mudah berpindah dari sheet satu ke sheet lainnya untuk mengedit maupun menarik data sehingga mudah disesuaikan dengan data sekolah masing-masing.

Selanjutnya, berturut-turut adalah sheet Rincian Per Kegiatan, Rincian Per Sumber, K1, K2, Rekap, Agenda, dan Referensi.

Sheet Agenda berisi Program dan Jadwal Seksi SD Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Tahun 2015, yang lembaran foto kopinya saya terima dari kepala sekolah. Agenda tersebut menjadi panduan dalam penyusunan K2 sehingga lebih mudah memetakan alokasi dana sesuai dengan rencana waktu pelaksanaan kegiatannya. Sedangkan sheet Referensi berisi link download Permendikbud Nomor 161 Tahun 2014 tentang Juknis BOS 2015 yang menjadi acuan penyusunan, baik isi maupun formatnya. Bila rekan-rekan belum memilikinya, silahkan unduh Juknis BOS 2015.

Untuk lebih memudahkan pelacakan selisih yang seringkali timbul antara Rincian Per Kegiatan dan K2, pada K1 saya tambahkan peringatan otomatis yang akan muncul apabila jumlah pada kedua sheet tersebut belum sama. Peringatan bertuliskan "MASIH SELISIH" itu akan terlihat di 3 lokasi di sheet K1, yaitu pada rincian K2 per triwulan (ditunjukkan dengan nomor 1 warna hijau pada gambar) dan uraian penerimaan BOS Pusat serta jumlah penggunaan (masing-masing nomor 2 dan 3). Peringatan tersebut sengaja dibuat per program pada rincian K2 per triwulan untuk lebih memudahkan pencarian pada sheet K2. Misalnya: ketika peringatan tersebut terlihat pada program sekolah nomor 2 (Pengembangan Standar Isi), maka di sheet K2 kita bisa memfokuskan pencarian hanya pada rincian dana di Pengembangan Standar Isi tanpa perlu memeriksa tiap item dana pada program-program lainnya. Menurut saya, ini lebih efektif dan lebih efisien. Saya sendiri pernah mencari selisih di K2 berjam-jam sampai layar laptop mulai terlihat terbelah dua. He...he.... Maklumlah karena saya belajar excel secara otodidak jadi masih sangat-sangat amatir.         


Apabila selisih di sheet K2 tersebut sudah direvisi, secara otomatis, peringatan itu akan hilang sehingga angkanya akan terlihat.


Demikian penjelasan singkat tentang aplikasi sederhana SGMPB03 ini. Saran, kritik, dan masukannya akan saya terima dengan tangan terbuka.

Silahkan unduh SGMPB03: APLIKASI SEDERHANA RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN  BELANJA SEKOLAH (RAPBS).

Oh ya, jangan lupa untuk mengklik tombol SKIP AD pada jendela baru yang muncul setelah link tersebut diklik, untuk mengunduh file tersebut.

Semoga bermanfaat.

Salam Kreatif!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 2 komentar:

    wima ogawa mengatakan...

    yang menyusun RAPBS kepala sekolah kan?

    David Jeda mengatakan...

    terimakasih

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home