Tujuh Aplikasi Pendukung Ibadah Ramadhan 2015

Memasuki bulan Ramadhan ada penyesuaian aktivitas bagi kaum muslim yang menjalankannya.

Aktivitas yang paling kentara dalam bulan puasa ini yaitu menghindari makan, minum dan menjaga sikap sebelum waktunya berbuka.

Nah, untuk mengisi waktu senggang di tengah beraktivitas, ada baiknya pengguna bisa menjalankan aplikasi yang mendukung ibadah kaum muslim.

Berikut beberapa aplikasi di Android yang bisa mengisi ibadah puasa Anda.



1. Resep Menu Buka Puasa
Resep Menu Buka Puasa merupakan aplikasi android gratis yang terdapat macam-macam resep cocok untuk hidangan selama buka puasa di bulan Ramadhan. Aplikasi menyajikan menu puasa yang praktis, sederhana, murah dan dapat dijadikan sebagai takjil di masjid.

Fitur Resep Buka Puasa yaitu Sup Buah, Es Kelapa Muda, Es Blewah, Bubur Kacang Ijo, Es Cendol, Kolak, Es Campur, Es Shanghai, Bubur Candil.

Pengembang aplikasi: Sipdah Dev

2. Panduan Puasa Ramdadhan

Aplikasi ini merupakan versi digital dari buku Panduan Ramadhan yang disusun Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal.

Buku ini membahas tuntas seputar ibadah di bulan Ramadhan mulai dari puasa, tarawih, zakat fitrah, hingga Salat Ied dan puasa syawal.

Buku Panduan Ramadhan tahun 2014 ini berbeda di beberapa bagian karena penulis sengaja mengubah urutan bab dan dibuat lebih sederhana, ditambah dengan tulisan Arab (berharokat).

Pengembang: Program BISA

3. 50 Ceramah Kultum Islami


Mengisi waktu berpuasa dengan membawa kultum juga bermanfaat dan berpahala. Waktu yang dijalani tak terbuang.

Aplikasi ini berisi kultum misalnya menyambut datangnya bulan Ramadhan, kultum 3 obat untuk penyakit hati, melatih anak berpuasa, sampai adab serta batasan bermesraan dengan istri.

Menariknya aplikasi ini bisa dibaca tanpa koneksi internet alias offline.
Pengembang: Meydroid

4. Ramadan 2015
Aplikasi ini didedikasikan pengguna muslim di manapun berada dan kapan pun saat menjalani bulan Ramadhan.

Aplikasi ini di antaranya berisi informasi waktu imsak, berbuka serta jadwal salat lima waktu bulan Ramadhan pada lebih dari 251 negara dan 6 ribu kota di dunia.

Jadi bagi pengguna yang sedang melancong ke luar negeri bisa dengan mudah mengetahui kapan waktu berbuka dan sahur.

Selain itu, aplikasi ini berisi Hadis dan doa yang direkomendasikan dan terkait selama bulan Ramadhan. Doa dan amalan termasuk dalam malam Lailatur Qadar juga tersedia.

Pengembang: PXl Apps

5. Muslim Pro

Ini merupakan salah satu aplikasi muslim populer, sebab telah digunakan 15 juta pengguna di 215 negara di dunia.

Fitur utama pada fitur ini yaitu waktu puasa selama Ramadhan, kalkulator waktu salat akurat berbasis lokasi pengguna saat itu, Al Quran dengan versi MP3 audio, terjemahan dan ejaan fonetik.

Selain itu ada kumpulan doa, restoran halal dan masjid di sekitar pengguna. Tentunya ini akan membantu saat pengguan tengah dalam perjalanan di luar negeri. Selain itu pada aplikasi ini terdapat kompas animasi untuk menentukan kiblat yang akurat.

Salah satu fitur lain yang emnarik yaitu kartu ucapan islamik. Jadi pengguna bisa menggunakan ini untuk berbagai ucapan nanti saat Hari Idul Fitri dan Idul Adha.

Pengembang: Muslim Pro Limited

6. Ramadan Legacy
Aplikasi ini membantu pengguna untuk mencapai target dan mengatur perencanaan ibadah pengguan selama Ramadhan. Jadi misalkan selama bulan puasa tahun ini, pengguna mencapai target tertentu maka aplikasi ini akan memberikan timeline.
Uniknya aplikasi ini akan memberikan peringatan (reminder) inspiratif tentang target personal pengguna.

Dalam aplikasi ini juga ada elemen sosial dan pengguna bisa berbagi foto atau refleksi Ramadhan dengan pengguna lain di seluruh dunia.

Aplikasi yang baru diluncurkan bulan Juni ini sudah diinstal 1 juta pengguna muslim dari seluruh dunia.

Pengembang: Ramadhan Legacy

7. Calorie Counter & Diet Tracker
Selama Ramadhan tak hanya soal ibadah ritual saja. Salah satu tantangannya yaitu mengendalikan kalori dan mempertahankan agar diet yang dlakukan pengguna bisa berhasil.

Aplikasi ini akan membantu pengguna 'mengerem' godaan untuk melahap semua jenis makanan yang enak-enak.

Aplikasi ini memiliki database makanan terbesar, setidaknya ada lebih dari 5 juta data makanan, fitur penghitung cepat kalori makanan tersedia pada aplikasi ini. Selain melacak kalori, aplikasi ini juga bisa menghitung hal lain seperti protein, lemak, kalori, karbohidrat, gula, serat, kolesterol  dan lainnya.

Tentunya aplikasi ini akan membantu pengguna yang mana dalam progran diet.

Pengembang: MyFitnessPal, Inc.


Sumber: viva

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home