4 Cara Terbaik Buat Komputer Start Lebih Cepat

Tidak bisa dimungkiri, hampir setiap bidang pekerjaan membutuhkan komputer untuk membantu pekerjaanya. Dan terkadang komputer yang kita gunakan memulai lemot. Mungkin karena terlalu banyak data, atau mungkin terindifikasi virus. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan komputer anda dengan 4 cara sederhana di bawah ini.

Dilansir dari laman Mashable, berikut 4 cara terbaik untuk mengembalikan komputer anda mulai dengan cepat.

Pastikan dekstop anda selalu bersih
Cara paling mudah agar komputer Anda start lebih cepat adalah dengan membersihkan dekstop. Semakin banyak file, foto, folder dan program Anda tetap pada desktop Anda, komputer Anda memerlukan waktu lebih banyak untuk 'keluar dari pintu gerbang'. Perlu diingat, semakin banyak folder di dekstop akan memperlambat proses kerja komputer, terutama jika komputer Anda sudah cukup tua, atau memiliki RAM yang kecil. Menggunakan desktop Anda sebagai penyimpanan untuk file dan foto baik untuk dilakukan sementara, bukan tempat yang tepat untuk menyimpan file secara permanen atau bahkan hingga menutup layar background Anda.

Keluar dari program yang tidak dipakai (hanya di Mac)
Menekan tanda  X berwarna merah (close) di sebelah kiri atas jendela belum tentu Anda keluar dari program. Pada Mac, Anda dapat menutup setiap jendela tapi masih berjalan setiap program, dan jika Anda mematikan komputer maka program dapat dipastikan keluar dengan tidak baik. Jika Anda sudah selesai menggunakan Mac Anda, pastikan Anda berhenti dari setiap program yang tidak perlu sebelum dimatikan. Jika tidak, program ini otomatis akan langsung bekerja ketika start. 

Atur program berhenti secara otomatis
Jika Anda keluar dari setiap program sebelum mematikan komputer Anda, beberapa aplikasi akan memulai secara otomatis ketika Anda menyalakan komputer kembali. Hal ini bisa memperlambat seluruh proses. Beberapa program, ketika Anda menginstalnya bisa diatur untuk otmatis bekerja. 

Hapus file-file sementara
Jika browser Internet Anda adalah hal pertama yang Anda klik saat Anda memulai komputer Anda, Anda mungkin ingin membersihkan file-file sementara dan cookie yang tersimpan di dalamnya. Setelah beberapa saat, browser Anda akan terjebak dengan item yang disimpan dalam cache, yang hal-hal seperti bentuk otomatis mengisi, informasi login dan history. Membersihkanlah cache dan hapus semua cookie cukup membantu komputer Anda bekerja dengan lebih cepat.

Sumber: Republika

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home