Obat Herbal dari Tanaman di Sekeliling Kita (Bagian 2)


Dari Facebook Aneka Resep Herbal yang memposting Obat Herbal dari Tanaman di Sekeliling Kita, sengaja saya publikasikan ulang di blog ini. Selain merasa memperoleh manfaat yang sangat besar dari postingan tersebut, saya ingin menyimpannya sebagai referensi calon kebun keluarga sekaligus perpustakaan alam. 

Terbagi menjadi tiga artikel, untuk mempelajari lebih detil tentang tanaman tersebut, silahkan klik pada nama tanamannya. Saya tambahkan tautan dari sumber terkait lainnya.

Semoga bermanfaat juga untuk pembaca.

10.   Daun Jintan
Nama latin : Coleus amboinicus

Nama Lain : Ajiran, daun kambing, kutu etu, daun jinten

Deskripsi : Tanaman semak semusim, menjalar. Daun hijau muda, berdaging, bersifat mudah patah. Tepi daun beringgit Panjang 6,5-7 cm, lebar 5,5-6,5 cm

Khasiat : Obat sariawan, batuk, perut mulas, dan sakit gigi

Kandungan : Minyak asiri, saponin, flavonoid, dan polifenol

Cara : Tujuh lembar daun dicuci, dikunyah perlahan, dan cairannya ditelan.
11.  Lidah Buaya
Nama latin : Aloe barbadensis

Nama Lain : Aloe vera

Deskripsi : Terna tegak berumur tahunan, tingginya 30-50 cm. Daun tunggal, berdaging tebal, dan bergetah kuning. Bentuk daun memanjang dan ujungnya runcing. Tepi berduri. Panjang daun mencapai 30-50 cm, lebar 2-5 cm. Warna daunnya yang hijau muda dihiasi bercak-bercak putih

Khasiat : Penyubur rambut, obat sakit kulit, penyembuh luka, peredam rasa panas pada luka bakar

Kandungan : Aloin, barbaloin, polisakarida glukomanan, asam krisofan, dan enzim protease.

Cara : Daun tertua dipotong dan dibuang kulit terluarnya. ‘Daging’ daun tersebut digosok-gosokkan di kulit kepala.
12.  Daun Lobelia
Nama latin : Lobelia inflata

Nama Lain : –

Deskripsi : Semak, semusim, tinggi 10—40 cm. Daun tunggal bentuk bulat telur, ujung dan pangkal tumpul, tepi bergerigi. Tulang daun menyirip, warna hijau, panjang 3—5 cm, dan lebar 1,5—2,5 cm

Khasiat : Obat batuk dan obat sesak. napas

Kandungan : Alkaloid, tanin, dan flavonoida

Cara : Untuk obat batuk, dipakai 7 gram daun segar, direbus, dengan 1 gelas air selama 15 menit. Kemudian diperas dan disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.
13.  Daun Meniran

Nama latin : Phyllanthus niruri

Nama Lain : –

Deskripsi : Tanaman terna, tumbuh pada tempat lembap dan berbatu, tumbuh tegak, tinggi sekitar 50 cm. Bercabang terpencar dengan daun majemuk berseling, bentuk bulat telur sampai memanjang, ujung tumpul. Warna daun hijau tua, panjang 1,5 cm, lebar 7 mm, dan tepi daun rata

Khasiat : Obat sakit kuning, peluruh air seni, penambah nafsu makan, malaria, epilepsi, dan demam

Kandungan : Filantin, damar, tanin, kalium, dan mineral

Cara : Untuk obat malaria, 7 batang meniran lengkap ( akar, batang, daun dan bunga) dicuci dan kemudian ditumbuk halus. Setelah ditumbuk, direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Hasil rebusan disaring dan diminum 2 kali sehari.


14.  Daun Nilam
Nama latin : Pogostemon cablin

Nama Lain : Dilem

Deskripsi : Tanaman semak, tinggi 1—2 m. Daun tunggal, tepi bergerigi, bulat telur. Tulang daun menyirip, permukaan berbulu, panjang 6—7 cm, lebar 5—6 cm. Permukaan atas daun hijau, sedangkan bawah hijau keunguan.

Khasiat : Obat disentri dan penghilang bau keringat

Kandungan : Minyak asiri

Cara : Untuk penghilang bau keringat, 100 gram daun segar dicuci, direbus dengan 10 liter air selama 15 menit. Hasil rebusan digunakan untuk mandi.
15.  Daun Patikan Kebo
Nama latin : Euphorbia hirta

Nama Lain : Biji kacang, nanangkaan, gendong anak, sosononga

Deskripsi : Herba, tinggi sekitar 50 cm, Daun tunggal, berhadapan, lanset, pangkal dan ujung runcing. Tepi daun bergerigi, permukaan atas dan bawah berbulu, pertulangan menyirip, panjang 5—50 mm, lebar 0,7—1 mm, warna hijau keunguan

Khasiat : Anti inflamasi, peluruh air seni, obat batuk, dan sariawan

Kandungan : Myricyl alkohol, taraxerol, friedlin, betha amyrin, euforbol, triterpenoid eufol, tirukalol, triaconthan, xanthormine, eufosterol, asam galik, flavoid, tanin

Cara : Untuk obat batuk, 20 gram daun segar dicuci dan direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Hasil sebanyak 1/2 gelas, pagi dan sore hari.
16.  Daun Pecut Kuda
Nama latin : Stachytarpheta jamaicensis

Nama Lain : Jarong, biron, karu menar, sekar laru

Deskripsi : Tanaman terna tahunan, tumbuh tegak, tinggi sekitar 50 cm. Daun letak berhadapan, bentuk bulat telur, warna hijau, tepi bergerigi.

Khasiat : Obat infeksi dan batu saluran kencing, rematik, sakit tenggorokan, hepatitis A.

Kandungan : Glikosida dan alkaloid

Cara Penggunaan : Untuk hepatitis A, 5—10 batang (berikut daun dan bunga) direbus. Hasil rebusan ditambah gula batu dan diminum 2 kali sehari.
17.  Daun Saga Telik 
Nama latin : Abrus precatorius

Nama Lain : Thaga, seugew, kundi, kanderi, walipopo

Deskripsi : Tanaman terna membelit, merambat, panjang 2,5 m. Daun majemuk, berselang-seling. Jumlah anak daun 8—18 pasang dengan bentuk bulat telur, warna hijau, ujung meruneing, dan pangkal bulat. Tepi daun rata, panjang 6—25 mm, lebar 3—8 mm. Hati-hati dengan bijinya karena tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman beracun.

Khasiat : Obat sariawan, obat batuk dan radang tenggorokan

Kandungan : Alkaloid, seperti abralin, abrasin, abrin, precasine precatorine Selain itu juga mengandung asam gallic, glycyrrhizin, metil salisilat, dan trigonelin

Cara : Untuk obat sariawan, 15 gram daun segar dicuci dan ditumbuk sampai lumat, ditambah 1/2 gelas air matang kemudian diperas dan disaring. Hasil saringan diminum.
18.  Daun Sambiloto
Nama latin : Andrographis paniculata

Nama Lain : Ki oray, takilo

Deskripsi : Herba semusim dengan ketinggian sampai 50 cm. Daun tunggal, memanjang, tersusun bersilang berha­dapan di batang. Daun berujung runcing, panjangnya 5 cm, lebar 1,5 cm. Warna hijau agak mengkilap.

Khasiat : Obat TBC, batuk rejan, radang paru

Kandungan : Lakton dan flavonoid

Cara : Untuk mengobati TBC, daun kering ditumbuk hingga menjadi serbuk: Serbuk dicampur dengan madu dan dibuat pil sebesar 0,5 cm. Tiap hari pil diminum 2—3 kali, dan setiap kali 15—30 butir.

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home