JANGAN LUPA: MALAM INI FENOMENA SUPERMOON BULAN RAKSASA DI LANGIT INDONESIA

Supermoon adalah momen ketika bulan akan berada pada titik terdekat dengan Bumi dalam kurun waktu 70 tahun dan akan memunculkan pemandangan langka di langit malam.
Dikutip dari Suryamalang, bulan akan tampak 14 persen lebih besar daripada saat berada pada titik terjauh dari bumi. Beberapa dari Anda, karena faktor usia, mungkin takkan menyaksikan supermoon sebesar ini.
Supermoon - atau dalam astronomi dikenal dengan bulan perigee - terjadi kala bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi. Jarak rata-rata bumi dan bulan sendiri sekitar 384.400 kilometer.

Orbit bulan mengelilingi bumi berbentuk elips sehingga jarak bumi dan bulan bervariasi. Kadang, bulan berada pada titik terjauh (apogee) dan kadang berada pada titik terdekat (perigee).
Ratusan supermoon telah terjadi sejak kemerdekaan Indonesia. Namun supermoon yang akan terjadi besok termasuk paling istimewa karena merupakan salah satu yang terbesar.

"Supermoon besok terbesar kedua sejak Indonesia merdeka," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa, Thomas Djamaluddin.

Thomas menguraikan, sejak Indonesia merdeka hingga saat ini, ada dua supermoon yang istimewa dilihat dari sisi ukurannya.

Supermoon tahun 1948 merupakan yang paling istimewa karena merupakan yang terbesar hingga saat ini. Saat itu, jarak bumi dan bulan mencapai 356.461 kilometer.

Sementara besok, jarak bumi dan bulan adalah 356.500 kilometer. Perbedaan ukuran antara supermoon besok dengan tahun 1948 sangat sedikit mengingat jarak bulan pada kedua waktu itu hanya selisih 39 kilometer.

Astronom komunikator dari Langitselatan, Avivah Yamani, mengungkapkan, supermoon pada tahun 1948 dan besok hanya akan kalah dengan supermoon tahun 2034.

Sementara itu, situs omediapc menulis bahwa Supermoon terjadi saat bulan purnama orbitnya melewati Bumi dengan jarak yang paling dekat. bulan purnama 14 November akan terlihat lebih terang bercahaya 30 persen dari biasanya dan 14 persen lebih besar daripada bulan purnama biasa.

Supermoon 2016 berlangsung tiga kali pada tanggal 16 Oktober, 14 November dan 14 Desember. Tetapi supermoon November adalah paling besar dan lebih terang karena orbit bulan purnama berada dalam jarak terdekat dengan bumi di abad ke-21, Menurut NASA.

Fakta Ilmiah Supermoon November 2016 Bulan Purnama Terbesar Dalam 70 Tahun akan terlihat sangat besar dari bulan purnama biasanya dan terlihat hanya dua jam setelah melewati orbitnya dengan Bumi, sehingga jika cuaca cerah anda akan menyaksikan pemandangan menakjubkan dilangit yang dinamakan “extra super Bulan”.

Menurut perhitungan Astronomi, Supermoon Fenomena Bulan Purnama Besar besok tanggal 14 November tidak akan muncul lagi selama 70 tahun mendatang, supermoon akan menyambangi bumi ketika orbit bulan berada digaris terdekat kembali yaitu tepatnya tanggal 25 November 2034.

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home