Beli Pulsa Sambil Bersedekah? Download PayTren eMoney 100% Gratis! KLIK DI SINI

BISA MELIHAT TAHANAN, PAK?


“Bisa melihat tahanan, Pak?” tanya beberapa siswa hampir serempak, setelah turun dari kendaraan taktis di halaman Polres Pekalongan.  He...he..... saya tersenyum mendengarnya. Begitu juga petugas Polres yang mendampingi saya, yang kemudian memberikan penjelasan.


Siang tadi, 26 Agustus 2017, menjadi momen istimewa bagi sebagian peserta didik SDN 01 Tenogo. Setelah sampai di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen untuk menyaksikan pameran buku, sebagai bagian dari Pekan Raya Kajen 2017, rombongan menuju stand instansi melalui depan Rumah Dinas Bupati. Di bawah sengatan terik matahari, senang sekali menyaksikan mereka yang sangat antusias mencatat info-info penting untuk bahan penyusunan laporan tugas kelompok.


Siang semakin membara kala saya mengajak mereka membelah Alun-Alun menuju Taman Mandurejo yang asri. Di bawah rimbunan pepohonan yang menghijau dengan buaian angin sepoi-sepoi, tibalah acara yang ditunggu-tunggu: makan siang! Asyik juga makan di tengah taman Pemkab Pekalongan itu.

Bakda makan, giliran penjelajahan kawasan Pemkab. Target pertama adalah Kantor Bupati di sebelah Timur Taman Mandurorejo. Lanjut ke sebelah Timurnya lagi: Kantor DPRD. Dan akhirnya sampai juga ke Polres Pekalongan.


Bagi saya sendiri, ini lebih mirip perwujudan mimpi 4 tahunan silam, meski lebih tepat disebut simulasi. Saya membayangkan sebuah kegiatan Studi Wisata, di kegiatan jeda tengah semester maupun saat liburan semester berbentuk kegiatannya Si Dora: Penjelajahan. Di pusat pemerintahan. Diawali dengan Kantor Bupati dimana anak-anak bisa melihat sentra pemerintahan kabupatennya. Sukur-sukur (bahasa Indonesia yang lebih tepat apa ya? He...he....) bisa bertemu Bupati & Wakil Bupati serta jajarannya. Anak-anak pasti akan sangat senang bisa berfoto bersama dan akan menjadi prasasti bersejarah di hidup & kehidupan mereka.

Target selanjutnya bisa ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, atau yang paling dekat ke rumahnya wakil rakyat di Gedung DPRD. Banyak materi pembelajaran langsung di kantor tersebut sehingga anak-anak tak hanya membacanya di buku teks.

Masih di kompleks Pemkab, ada Kantor Dukcapil dimana anak-anak bisa melihat tempat dibuatnya dokumen kependudukan seperti akte kelahiran yang mereka miliki. Ada Perpustakaan Daerah yang super adem dengan koleksi ribuan buku. Juga intansi-instansi lainnya.

Geser ke Timur, seperti siang tadi, ada Polres Pekalongan dimana anak-anak bukan hanya bisa menaiki beberapa kendaraan operasional, namun juga bisa melihat tempat ujian SIM. Edukasi tentang tata-tertib dan peraturan lalu lintas langsung di lapangan Insya Allah akan menjadi bahan pembelajaran yang bukan hanya menarik, namun juga berkesan.

Agak jauh dari Alun-Alun, sekitar 500m sebelah Timur, ada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sepertinya di kantor tersebut pun anak-anak bisa belajar banyak hal.

Oke, itu aspek studinya. Bagaimana dengan wisatanya?

Jangan khawatir. Kabupaten Pekalongan memiliki stok yang sangat-sangat melimpah, dari objek wisata Kabalong (Karanggondang, Limbangan, dan Lolong), Outbond & Buper Linggoasri, Pantai Depok & Wonokerto, Watuireng Kandangserang, Wisata Alam Rogoselo, Curug Muncar, Curug Bajing, Curug Siwatang (yang pernah digunakan untuk syuting Si Bolang, infonya bisa dlihat DI SINI), Ekowisata Petungkriyono (yang saat ini sedang gencar dipromosikan Pemkab), Watubajing Adventure, dan masih banyak lagi. Info selengkapnya tentang destinasi wisata dapat dilihat si website Pemkab Pekalongan DI SINI. 

Menurut saya, studi wisata ala Dora tersebut, memenuhi syarat 3M: Murah, Meriah, Marem. Plus efektif dan efisien karena tak banyak makan waktu lama di perjalanan seperti halnya kegiatan sejenis dengan tujuan luar kota atau bahkan luar provinsi.

Suatu hari nanti, saya ingin bermimpi: mimpi saya itu menjadi kenyataan.

Selamat Hari Jadi Ke-395 Kabupaten Pekalongan!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home