Beli Pulsa Sambil Bersedekah? Download PayTren eMoney 100% Gratis! KLIK DI SINI

BEROLAHRAGA, BELAJAR, DAN BERAMAL BAIK


“Pak Guru: niki nderek, mboten?” tanya salah satu murid saya siang tadi sembari menunjukkan sejenis tanaman di pinggir jalan. (Maksudnya: “Pak Guru: yang ini ikut apa tidak?”). Tak lama kemudian beberapa siswa dari kelompok lain juga memanggil saya untuk menanyakan hal yang sama. Panas yang mulai menyengat tak mengurangi semangat mereka untuk menyusuri jalan yang menanjak sembari terus mengamati aneka tanaman yang tumbuh di tepi jalan tersebut.

Setelah mencocokkan dengan gambar di HP yang saya berikan saat penjelasan awal di halaman SD, mereka pun berpose ria dengan tanaman itu.

Yup, siang tadi, Selasa, 3 Oktober 2017, SDN 01 Tenogo menggelar kegiatan 3B yaitu Berolahraga, Belajar, dan Beramal Baik untuk mengisi jeda tengah semester setelah Penilaian Tengah Semester (PTS) selesai. Diikuti oleh peserta didik kelas 4, 5, dan 6, dengan pendamping saya sendiri, guru kelas 4 Bu Linda dan guru kelas 6 Bu Wiwik, kami menyusuri jalan dari SD menuju Masjid bandingan melalui jalur Utara dengan jarak tempuh sekitar 3,1 km.

Sepanjang perjalanan, siswa harus mengidentifikasi 10 jenis tanaman obat. Sebagian ternyata merupakan tanaman yang sudah sangat-sangat akrab mereka jumpai di sekitar rumah dan lingkungan sekitar. Sebagian lainnya sama sekali belum mereka ketahui khasiatnya. Saya sendiri, karena belum hafal, sesekali juga mesti membuka buku “Kenalilah Tumbuhan Obat” karya Muchtar Naesin cetakan tahun 2005 yang saya temukan di perpustakaan SD beberapa bulan silam untuk kemudian menjabarkan isinya.

Melalui kegiatan tersebut, kami bukan hanya belajar tentang tumbuhan dan khasiatnya, namun juga belajar tentang kebesaran dan kekuasaan Allah Yang Maha Menguasai. Disuburkannya beragam tanaman berkhasiat itu untuk kita, makhluk-Nya, di banyak tempat yang mudah diperoleh. Lantas: nikmat Tuhan mana lagikah yang kamu dustakan???

Beramal Baik dan Menumbuhsuburkan Kepedulian

Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, namun asyik dan adem karena hampir sebagian besar melalui jalan yang dinaungi beragam pepohonan asri, sampailah kami di tujuan akhir: Masjid At-Taqwa Bandingan. Di masjid yang pernah saya singgahi untuk Safari Jumat sebelum home visit bersama Pak Winarno beberapa waktu silam tersebut, siswa membuka bekal makanan dan bersama-sama menikmatinya untuk kemudian melakukan kerja bakti membersihkan masjid.


Kerja Bakti ini sendiri merupakan putaran yang ketiga setelah sebelumnya putaran 1 di Masjid Al-Hidayah Dukuh Sitatah Bawah tanggal 15 Maret 2017 (liputannya bisa dilihat DI SINI) dan putaran 2 di Masjid Al-Khikmah Dukuh Sitatah Atas tanggal 22 April 2017 bersamaan dengan Peringatan Hari Kartini dan Isro’ Mikroj (dokumentasinya bisa dinikmati DI SINI). Tujuannya,  selain mendorong dan menumbuhsuburkan kepedulian, juga untuk mendekatkan peserta didik secara psikis dengan masyarakat sekitar sekaligus mengimplementasikan kebiasaan hidup bersih dan dalam praktik nyata.

Untuk seluruh peserta didikku: kalian sangat-sangat luar biasa!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home