MENGHAPUS PESAN TERKIRIM DI WHATSAPP


Tanggal 29 Oktober 2017 kemarin, Tekno Kompas menerbitkan artikel berjudul WhatsApp Rilis Fitur Hapus Pesan Terkirim. Saya kutip beberapa paragraf awalnya:

Sejak 2016 WhatsApp mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna menarik kembali pesan yang terlanjur dikirim ke teman chat, baik pada ruang personal maupun grup percakapan. Fitur bertajuk “deleting messages for everyone” ini sudah lama dinanti-nanti, dan kini mulai dirilis untuk sebagian pengguna.




“Fitur ini berguna ketika Anda mengirim pesan ke orang yang salah atau ketika isi

pesan itu sendiri salah,” begitu tertera pada frequently ask question di situs resmi WhatsApp, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (29/10/2017).



Ketika Anda menghapus pesan yang terlanjur dikirim, sang penerima tak bakal melihat pesan tersebut. Namun penerima akan diberi pemberitahuan berbunyi “this message was deleted” atau “pesan ini telah dihapus”.



Perlu dicatat, pesan hanya bisa ditarik kembali dalam kurun waktu maksimal tujuh menit pasca pesan dikirim. Fitur ini disediakan untuk pengguna WhatsApp di platform Android, iOS, hingga Windows Phone.

Coba yukkk!

Fitur ini sepertinya cocok banget untuk rekan-rekan yang tergabung di banyak grup. Kadang, saking asyiknya chatting, eh ternyata pesan terkirim ke grup yang salah alias salah kamar. He...he...he....pernahkah mengalaminya?

Penasaran, saya langsung mencoba fitur tersebut.

Caranya? Berikut langkah-langkahnya, masih dari artikel Tekno Kompas, saya lampirkan gambar dari uji coba yang sudah saya lakukan. Cekidot!

Pertama-tama buka aplikasi WhatsApp, lalu tekan lama pesan yang ingin Anda tarik kembali. Pesan itu bisa tunggal maupun banyak sekaligus.



Pilih opsi “delete” alias “hapus” melalui ikon tong sampah pada WhatsApp. WhatsApp akan memberikan pilihan untuk “delete for everyone” (hapus untuk semua orang) atau “delete for me” (hapus untuk saya).



Ketika memilih “delete for everyone”, WhatsApp akan menarik pesan yang terlanjur Anda kirim sehingga tak perlu dibaca sang penerima. Jika penerima terlanjur membaca, setidaknya ia tak bisa menyimpan pesan tersebut, karena akan terhapus pada chat history.

   
Anda bisa mengecek apakah menjadi salah satu pengguna WhatsApp beruntung yang sudah menerima fitur ini atau belum. Caranya, update aplikasi di Google Play Store, Apple App Store, atau Windows Store.



Jika update belum tersedia, artinya Anda belum bisa menjajalnya. Jika sudah update dan belum juga bisa memanfaatkan fitur ini, artinya Anda harus bersabar hingga beberapa waktu mendatang.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Semoga beruntung!

Teruslah bergerak hingga kelelahan itu lelah mengikutimu.....

Dari website Tekno Kompas  

Salam Luar Biasa!

Dzakiron
http://bit.ly/cerdasdanbijakyuk

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih telah berkenan berkunjung dan meninggalkan jejak komentar

    Next previous home