MISTERI RONDO KEMUL


Rondo, dalam Bahasa Jawa artinya janda, sedangkan kemul artinya selimut. Kalau digabung menjadi janda selimut. Kalau dimaknai bisa menjadi janda berselimut atau selimutnya janda.

He...he...... Stop! Jangan baper. Ini tidak ada kaitannya dengan status perkawinan. Ini murni soal kuliner khas di daerah saya, yang kebetulan kala hujan yang tak kunjung reda siang ini, menjadi santapan peserta kursus di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) AMANAH Paninggaran bimbingan Bu Ambar. Tak sendirian sih, karena ada menu wajib: ragam buah untuk lothekan dan sang legendaris ikon kawasan Wali Tanduran: krupuk usek, yang minim kolesterol karena digoreng tanpa minyak goreng.


Kembali ke Rondo Kemul.
Sampai tulisan ini dipublikasikan, saya belum menemukan referensi yang memadai mengenai asal-usul penamaannya. Bagi saya, hal itu masih merupakan sebuah misteri. Saking misteriusnya, Google Translate pun hanya berkaca-kaca, tanpa sepatah kata pun dan hanya menuliskan kata yang sama: Rondo Kemul.

Menurut saya, makanan tradisional dari tape yang digoreng dengan tepung beras ini paling tepat diberi nama Tape Goreng. Lain daerah bisa saja berbeda nama.

Menurut situs negerikuindonesia, dengan bahan dan cara pembuatan yang sama, di daerah Jepara Jawa Tengah namanya Rondo Royal. Sedangkan menurut situs sajiansedap, Rondo Kemul yang populer di Purwokerto Jawa Tengah dibuat dari singkong parut dan gula merah.

Yup, inilah salah satu bukti kekayaan kuliner nusantara. Bukan hanya soal namanya yang unik dan eksotis, namun juga rasanya yang.....hmmmmmm.....emezing!!!

Bila belum pernah mencobanya, cobalah sesekali.  Rasanya benar-benar seunik namanya. Rasa manis dan asem dari tape berpadu dengan rasa asin dari tepung beras. Cuilan (ini Bahasa Jawa juga, artinya kepingan) tepung beras goreng di luar memperdengarkan nada kriuk saat digigit sedangkan tape-nya benar-benar lembut di dalam. Lumer di mulut.

Tertarik mencobanya? Atau mungkin menimbulkan ide bisnis online? Siapa tahu kelak bisa kita temukan iklan di facebook: “RONDO KEMUL PREMIUM. Sensasi eksotisme kuliner jaman now. PREMIUMNYA DIJUAL TERPISAH”

He....he...... iya, ‘kan? Di era Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) seperti sekarang ini, apa sih yang tidak mungkin?

Nah kalau masih bingung mencari-cari peluang bisnis yang prospektif, silahkan hubungi saya di 0852-0018-0842 untuk ngobrol-ngobrol tentang PayTren. Atau klik saja http://bit.ly/infobisniscerah untuk langsung ngobrol di WA tanpa perlu repot-repot menuliskan nomor kontak.

Selamat beraktifitas apapun sore ini. Tetaplah optimis biar lebih manis dan selalulah bersyukur agar tambah makmur.

Salam Luar Biasa!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home