CEK DATA NUPTK BERDASARKAN TEMPAT TUGAS

Bagian Terakhir dari Dua Tulisan

Seperti janji saya, mari kita lanjutkan penelusuran NUPTK berdasarkan tempat tugas. Tulisan sebelumnya, penelusuran NUPTK berdasarkan Nama dan NUPTK, dapat dibaca DI SINI.

Langkah Keenam
Silahkan kembali ke Langkah Kedua dan klik tulisan Sekolah. Bila Anda lupa caranya, buka kembali Search Engine NUPTK DI SINI lalu klik menu Penelusuran di sisi kiri dan lanjutkan dengan meng-klik tulisan Sekolah bergambar gedung sekolah. Kalau masih kesulitan, sebaiknya Anda ikuti dulu perjalanan dari Langkah Pertama DI SINI.

Berikut tampilannya


Gambar 9

Secara berurutan, isikan data dengan memilih opsi yang disedikan pada Tempat Tugas PTK, mulai dari nomor 1 pada kotak Provinsi, nomor 2 pada kolom Kab/Kota, nomor 3 pada kolom Jenis Instansi dan nomor 4 pada kolom Jenjang Sekolah. Klik segitiga kecil berwarna hitam di sisi kanan kolom untuk membuka pilihan lalu tarik/seret tombol scrool di bilah kanan. Terakhir, isikan nama sekolah pada sebelum menekan tombol Cari.

Tampilan inilah yang kemudian akan menyambut kita...



Gambar 10

Jelas sekali terbaca: Data sekolah tidak ditemukan ...

Hmmm....bagaimana, nih? Pencarian tak berujung?

Oke, Pembaca yang Budiman. Saya awam tentang program-program komputer. Kebetulan saya hanya operator Dapodik sekolah jadi tak punya pengetahuan memadai tentang hal teknis terkait program sejenis Search Engine NUPTK tersebut.

Tetapi, jangan menyerah dulu. Mari kita gunakan cara kuno: trial & error. Tepatnya, saya (yang) menggunakan cara kuno itu dan saya berniat baik berbagi hasilnya. Jadi, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk melakukannya.

(Jadi panjang lebar penjelasannya. He...he...)

Lanjut, yuk. Silahkan kembali ke Langkah Keenam seperti yang saya tulis di awal. Boleh juga disebut Langkah Keenam jilid dua. Ulangi kembali prosedur pengisian data pada kolom yang tersedia dengan mengosongkan kolom Nama Sekolah.



Gambar 11

Jangan lupa, kosongkan nama sekolah seperti ditunjukkan gambar 11 dan kemudian tekan tombol Cari. Dan inilah yang kemudian akan kita jumpai.



Gambar 12

Hasil pencarian SD di Kabupaten Pekalongan menampilkan 20 sekolah dengan masing-masing berisi informasi jumlah guru, jumlah tenaga kependidikan, jumlah rombel, dan jumlah siswa. Sedangkan di bagian bawah, dalam Gambar 13, terlihat kalau jumlah halaman adalah 28 dengan fasilitas pencarian berdasarkan halaman dengan mengetikkan nomor halaman pada kotak yang tersedia dengan menekan Go di sisi kanannya.

(Sengaja saya potong gambarnya karena terlalu besar)



Gambar 13

Dengan fasilitas yang tersedia, kita mesti mencari per halaman. Masukkan nomor halaman kemudian klik Go untuk memulai perjalanan panjang. Harus bersabar karena saya menggunakan modem untuk ber-internet-ria. Apalagi minggu ini listrik di tempat saya sering byar-pet jadi harus lebih bersabar. Masyarakat juga mulai ramai membicarakan rencana kenaikan BBM sedangkan harga bensin di tempat saya kini sudah enam ribu rupiah per liter. Eh, apa hubungannya dengan tulisan ini, ya?

Alhamdulillah, SDN Tanggeran akhirnya ketemu juga di halaman 3.



Gambar 14

Dengan mengklik tepat pada nama sekolah, seperti pada kotak merah di gambar 14, detil data sekolah segera tampil.



Gambar 15

Inilah data pendidik di tempat tugas saya. Dua pendidik yang sudah purnatugas masih tercantum. Begitu juga tiga pendidik lainnya yang sudah mutasi. Yang pasti, kesemuanya belum registrasi ulang, seperti terlihat pada tanda hijau.

Pembaca yang budiman,

Adakah cara alternatif untuk mengakses data sekolah selain membuka satu demi satu halaman?

Nah, inilah yang tadi saya sampaikan. Dengan trial & error, saya mencoba menggunakan langkah alternatif. Silahkan dilanjutkan ke bagian terakhir, Langkah Ketujuh. Bila Anda ingin membuat kopi panas dulu, atau ke kamar kecil, atau sekadar merenggangkan badan (betul tidak ya istilahnya?) supaya lebih rilek, silahkan saja. (Mungkin ada inbox di Facebook yang mesti Anda buka. Siapa tahu ada peluang bisnis sampingan yang prospektif).

Langkah Ketujuh
Silahkan lihat kembali Gambar 15. Perhatikan alamat di addres bar yang saya lingkari merah ini:

http://nuptk.kemdikbud.go.id/search_tmptugas.php?id3=2&idsek=101032602012&kabupaten=0326

Inilah link sekolah saya. Di bagian belakang berturut-turut adalah kode Nomor Statistik Sekolah /NSS (warna hijau), Kode Propinsi (warna kuning), dan Kode Kabupaten (warna orange).

Penasaran, saya mengganti NSS SDN Tanggeran tersebut dengan NSS SDN 01 Paninggaran dimana dulu saya bertugas. Dan inilah hasilnya:



Gambar 16

Rekan-rekan saya masih terlihat datanya pada tampilan tersebut tidak seluruhnya valid.

Kesimpulan sederhana saya, dengan mengganti ketiga data tersebut, pencarian tempat tugas akan lebih cepat. Syaratnya, selain NSS, Anda juga mesti memasukkan kode propinsi dan kabupaten yang valid.

Bagaimana kalau kode propinsi dan kabupaten tidak diketahu? Tenang saja. Pada prinsipnya saya adalah pribadi yang baik hati dan tidak sombong (hik...hik...). Sudah saya siapkan datanya untuk Anda. Silahkan buka kode propinsi dan kabupaten se-Indonesia DI SINI.

(Bila muncul jendela adf, tekan saja tombol SKIP ADD di sudut kanan atas)

Tetapi, ada satu catatan kecil pada langkah ini. Hasil berbeda saya temui kala saya memasukkan NSS TK Pertiwi Paninggaran dimana istri saya bertugas. Yang muncul justru halaman seperti ini:



Halaman 17

Mengapa dan bagaimana solusinya, jujur saja, saya tidak tahu. Dan bila Anda mengetahuinya serta berkenan berbagi via kolom komentar, kedua tangan saya terbuka menerimanya dengan suka cita.

Sekian dulu postingan kali ini. Sampai juga di postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat.


Salam kreatif!


Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih telah berkenan berkunjung dan meninggalkan jejak komentar

    Next previous home