Download Gratis Format Nilai Ujian Sekolah dan Ujian Nasional 2012

Secara umum, Format Nilai Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Tahun 2012 ini sama dengan format tahun sebelumnya, yang saya publikasikan di blog SD Negeri Tanggeran pada 3 Maret 2011. Hanya saja, ada beberapa perbaikan dan sedikit penambahan. Selain hasil evaluasi penggunaan format tersebut pada US dan UN Tahun Pelajaran 2010/2011, beberapa masukan dari pembaca melalui buku tamu maupun sms juga saya akomodasi dalam format edisi revisi ini. Tentu, dengan keterbatasan kemampuan di wilayah excel, format ini masih jauh dari memadai, apalagi sempurna. Tetapi, selain tentu saja masih mengharapkan kritik dan saran, saya selalu berharap semoga format sederhana ini dapat membantu rekan-rekan guru SD dalam mengolah data nilai Ujian. Lebih-lebih SD yang belum memiliki tenaga kependidikan profesional di bidang administrasi seperti sekolah saya.

Isi file
File format nilai ini terdiri dari 15 sheet atau lembar kerja yaitu Daftar Isi, Cover, Daftar Nama Peserta, Nilai Raport Semester 7-11, Daftar Nilai US Tulis, Daftar Nilai US Praktik, Rata-rata Nilai US Tulis dan Praktik, Nilai Sekolah (NS), Daftar Nilai UN, Nilai Akhir (NA), dan Daftar Nilai Individu. Dengan memmbuka lembar Daftar Isi, seluruh sheet dapat diakses dari sheet ini dengan mengklik tulisan DI SINI pada kolom Klik untuk Membuka. Meng-klik tombol Kembali ke Daftar Isi pada semua sheet akan menuju ke sheet Daftar Isi sebagai sheet induk.



Cara Penggunaan
Hal pertama yang mesti diingat dalam menggunakan format ini adalah mengawalinya dari sheet Nilai Raport Semester 7. Daftar Nama dan Nomor Peserta yang diisikan pada sheet ini akan terisikan secara otomatis pada sheet-sheet lainnya. Artinya, kekeliruan meng-input data pada sheet ini akan mengakibatkan kekeliruan pada sheet lainnya.


Hal yang sama juga berlaku pada isi nilai raport semester 7-11. Kolom pada daftar nilai lainnya yang mengandung nilai raport akan terisi secara otomatis sementara jumlah nilai, rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan standar deviasi juga akan terisi otomatis.

Jumlah siswa sengaja masih saya pertahankan seperti tahun 2011 yaitu 40 anak agar mudah disesuaikan. Silahkan lakukan editing sesuai dengan data siswa pada sekolah.

Daftar Nilai Individu berisi Nilai Rata-rata Raport, Nilai Ujian Sekolah, dan Nilai Sekolah (US) yang terisi otomatis dari sheet-sheet sebelumnya.


Silahkan download format tersebut DI SINI atau pada pilihan menu Administrasi Ujian Nasional di sisi kanan blog.

(Klik pada link tersebut akan membuka halaman adf. Selanjutnya, klik tulisan SKIP AD di sudut kanan atas untuk langsung men-download).

Bila menemukan sel atau rumus yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, saya akan sangat berterima kasih apabila Anda berkenan memberitahu saya melalui kolom komentar di bawah. Juga bila ada koreksi atau masukan tentang format ini. Komentar akan langsung terlihat karena tidak melewati prosedur editing alias moderasi. Saya tunggu saran dan kritiknya.

Semoga bermanfaat.

Salam Kreatif!





*Dipublikasikan juga di Blog SD Negeri Tanggeran

Artikel Terkait



Selamat Datang
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home