PEDOMAN PENULISAN IJAZAH DAN CONTOH BLANGKO IJAZAH

Pengisian blangko ijazah merupakan pekerjaan lanjutan sebagai rangkaian dari pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah (UN dan US). Mengingat pentingnya dokumen tersebut, pengisiannya pun memerlukan kecermatan dan ketelitian tersendiri. Sebagai langkah awal, paling bijak adalah membaca, mengerti, dan memahami Pedoman Penulisan Ijazah yang diterbitkan oleh instansi resmi.

Saya berupaya mencari Pedoman Pengisian Blangko Ijazah Tahun Pelajaran 2011/2012 tetapi sampai tulisan ini dipublikasikan, saya belum bisa menemukannya. Dari Blog Hendrijanto Sang Guru, saya memperoleh file download Pedoman Pengisian Blangko Ijazah Satuan Pendidikan dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2010/2011 beserta contoh blangko ijazah SD sampai SMK. Sekadar sebagai persiapan dan memperkaya referensi, pedoman tersebut pantas untuk dibaca dan dipelajari.




Pedoman Pengisian Blangko Ijazah tersebut terbagi menjadi lima bagian utama, yaitu Petunjuk Umum, Petunjuk Khusus Pengisian Halaman Depan, Petunjuk Khusus Pengisian Halaman Belakang, Lampiran Blangko Ijazah, dan Contoh Lampiran Penulisan Blangko Ijazah.  

Petunjuk Umum
Bagian ini berisi 9 poin penjelasan, antara lain tentang warna bingkai blangko ijazah untuk masing-masing satuan pendidikan, teknik penulisan, dan pengembalian serta pemusnahan sisa blangko.  

Petunjuk Khusus Pengisian Halaman Depan
Pada bagian ini dijelaskan teknik penulisan halaman depan ijazah, pengisian kode tempat penerbitan, kode jenjang pendidikan dan jenis sekolah atau madrasah.  >

Petunjuk Khusus Pengisian Halaman Belakang
Bagian ini berisi penjelasan tentang pengisian nama pemilik ijazah, tempat dan tanggal lahir, nomor induk, nomor peserta, nilai rata-rata rapor, nilai mata pelajaran pada ujian sekolah, nilai mata pelajaran pada ujian nasional, dan pengisian identitas kepala sekolah.  

Lampiran Blangko Ijazah
Terdapat pada halaman 7 dan 8, bagian ini berisi penjelasan blangko ijazah SD dan SD Luar Negeri sampai blangko ijazah SMALB.  

Contoh Lampiran Penulisan Blangko Ijazah
Inilah bagian yang tertera judulnya tetapi tidak ada satupun penjelasan terkait hal tersebut. Saya tidak tahu apakah memang tidak ada penjelasannya ataukah karena file yang terpotong.

Silahkan download Pedoman Pengisian Blangko Ijazah dan blangko ijazahnya pada Menu Administrasi Ujian Nasional di sisi kanan blog ini. Kala muncul jendela adf, klik tombol SKIP AD di sudut kanan atas untuk menuju halaman download.

Beberapa file membutuhkan password untuk membukanya. Silahkan ketik password : 0817369454. Oh ya, semua file tersebut berformat pdf. Jika memerlukan pdf reader, silahkan download DI SINI.

Terima kasih banyak untuk Pak Hendrijanto atas sharing infonya

Semoga bermanfaat.



Salam Kreatif!


Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home