OLEH-OLEH DARI PELATIHAN PROTOTIPE JARINGAN PANGKALAN DATA PENDIDIKAN


Sesuai dengan Undangan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Nomor 005/3848 tanggal 16 Desember 2013, di SMA 1 Bojong Kabupaten Pekalongan, siang tadi, Selasa, 17-12-2013, dilaksanakan Pelatihan Prototipe Jaringan Pangkalan Data Pendidikan, dengan Nara Sumber Tim Teknis dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemdikbud. Meski baru bersifat prototipe alias rancang bangun (menurut Wikipedia Bahasa Indonesia: purwarupa alias bentuk awal) yang belum pasti kapan akan diimplementasikan, sebagai sebuah informasi, inilah tampilan dari prototipe tersebut. 


Menurut nara sumber, kelak barang ini akan menjadi "mainan" operator sekolah (OS).


Melihat sistem kerjanya, pola-pola input data akan kembali terulang. Yang menarik adalah adanya fasilitas pendaftaran kolektif oleh OS dimana nantinya akun akan diteruskan ke PTK yang bersangkutan untuk dikelola secara mandiri dan OS tak lagi bisa mengintervensi. Menurut saya, hampir mirip dengan skema Verval NUPTK.

Sedangkan pada setiap bagian input data PTK, notifikasi akan dilakukan melalui email yang telah didaftarkan sebelumnya.


Benar-benar membutuhkan keterampilan minimal atas pengelolaan email. (Di sini, saya sepakat dengan rekan-rekan Forum Multimedia Edukasi atau FORMULASI JAWA TENGAH yang pernah merumuskan kompetensi sederhana atas indikator penguasaan TIK tahap awal: mampu memanfaatkan dan mengelola email sesuai dengan fungsinya).

Sekali lagi, karena masih prototipe, belum banyak yang bisa dikemukakan di sini.

Satu hal yang pasti: era online telah hadir dalam wujud yang nyata. Sukarela atau terpaksa, inilah dinamika dunia pendidikan, yang hanya menyodorkan pilihan tunggal: hadapi.  

Entah dikelola oleh Operator atau mandiri oleh PTK, penguasaan TIK menjadi sebuah keniscayaan.

Silahkan sampaikan beribu berargumen untuk bersembunyi dibalik ketidakmauan untuk berjalan seiring dengan perubahan itu. Silahkan utarakan aneka beban kerja guru sebagai dalih dan perisai. Tetapi, sesungguhnya, saat semuanya berhulu dan bermuara pada sebuah kata sederhana: PROFESIONALISME, masih adakah ruang yang tersisa untuk sebuah pembenaran semu?

Oleh-oleh ini dipersembahkan untuk keluarga besar Operator Sekolah, dimanapun berada.


Salam Kreatif!


Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 2 komentar:

    kingkong mengatakan...

    thanks gan infonya !!!

    www.bisnistiket.co.id

    Dzakiron Inside mengatakan...

    Terima kasih kembali. Terima kasih juga sudah berkenan berkunjung

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home