EDIT DAN MODIFIKASI APLIKASI NILAI SEKOLAH 2014

Aplikasi Nilai Sekolah 2014 saya peroleh dari blog deuniv. Dan dibandingkan dengan Aplikasi Nilai Ujian Sekolah SD Tahun 2014 yang saya buat, wah, empat jempol saya acungkan. Powerful! 


Aplikasi ini sudah saya posting di kalangan operator sekolah Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan yang tergabung dalam Jaringan Operator Sekolah (JOS) Paninggaran beberapa waktu lalu. Ternyata, beberapa rekan operator mengalami kesulitan dalam menyesuaikan beberapa bagian di aplikasi tersebut. Dengan modal nekad seperti saat membuat Aplikasi Nilai Ujian Sekolah SD Tahun 2014, saya mencoba mengutak-atik aplikasi tersebut agar siap pakai di wilayah Kabupaten Pekalongan. Apalagi saya sudah mendapat ijin dari sang empunya blog deuniv. 




Oke, Sob, kita mulai saja. Oh ya, tutorial ini khusus untuk kalangan pemula di dunia per-excel-an, seperti saya. Bagi Sobat yang sudah mahir, mungkin tutorial ini akan sangat menjemukan. Mohon maaf sebelumnya.

LANGKAH PERTAMA:
Buka Aplikasi Nilai Sekolah 2014 (Gambar 1). Beberapa bagian di menu utama telah di-oprek sedikit, termasuk penambahan fasilitas "Input Tempat Pembuatan" yg nantinya akan tampil di SKHUS, Surat Keterangan Lulus, dan Surat Keterangan Kelakuan Baik. Bila diperlukan, editlah isian "Kajen" sesuai dengan kebutuhan (bag 1). Kemudian klik Input Data Siswa di bagian kiri bawah (bag 2). Oh ya, jangan lupa, pastikan setting macro pada ms excel telah diaktifkan agar aplikasi ini dapat berjalan dengan normal.



Gambar 1


LANGKAH KEDUA:
Pada sheet Data Siswa, isilah data data sesuai dengan benar (Gambar 2 Bag 1). Selanjutnya, klik tombol "Browse" di kanan atas (Bag 2). Tombol ini akan membuka jendela browse dimana kita bisa memilih foto siswa yang sesuai dari komputer atau flashdisk


 Gambar 2

Bila sukses, gambar akan tampil di kolom "Foto Siswa" (Gambar 3).


Gambar 3

LANGKAH KETIGA:
Pada menu utama, seperti ditunjukkan gambar 1, klik tombol SKHUS di bagian kanan atas. Lakukan editing rumus sesuai kebutuhan (Gambar 4). Untuk mendelet logo daerah, meski menurut deuniv tinggal di-delet saja, saya kesulitan untuk melakukannya. Setelah berkali-kali hasilnya tetap sama, akhirnya saya tempuh cara konvensional: insert baris. Sesudahnya, saya coba modifikasi rumus yang ada dengan teknik trial and error. Harap maklum, saya mempelajari excel secara otodidak alias tanpa sekolah resmi, jadi ilmu utama yang nyaris selalu diamalkan adalah teknik trial and error alias maju terus pantang mundur. He....he.....

Gambar4

Dan alhamdulillah, setelah beberapa kali mencoba, hasilnya sama persis seperti yang saya inginkan. Selanjutnya, saya terapkan juga hal tersebut pada sheet Surat Keterangan Lulus dan Surat Keterangan Kelakuan Baik. Berikut berturut-turut hasilnya:


Lembar SKHUS


Lembar Surat Keterangan Lulus


Lembar Surat Keterangan Kelakuan Baik

Oke, Sob, demikian postingan tentang Edit dan Modifikasi Aplikasi Nilai Sekolah 2014 kali ini. Aplikasi yang saya modifikasi tersebut dapat didownload DI SINI (bila muncul jendela adf, tunggu sesaat sampai muncul tulisan SKIP ADD di sudut kanan atas. Silahkan klik tulisan tersebut untuk menuju halaman download).

Terima kasih untuk deuniv atas aplikasinya. Semoga bermanfaat.

Salam kreatif!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 3 komentar:

    Mbah Singo mengatakan...

    Muatur nuwun buanget Pak Ustadz imunya. nafaanallohu biulumika ya akhi. Soko wong Lampung Asli Bojonegoro jawa Timur.

    Dzakiron Pedia mengatakan...

    Alhamdulillah kalo bermanfaat, Mbah Singo. Pripun kabar keluarga teng mrika? Mugi2 sehat. Matur nuwun sampun kersa mampir

    singgih mengatakan...

    wahh,, makin kerenn.. mantap benar
    lihat ini dong aplikasi raport ktsp sd excel no macro salam kreatif

    Posting Komentar

    Terima kasih telah berkenan berkunjung dan meninggalkan jejak komentar

    Next previous home