MENCICIPI SIMULASI CAT BKN UNTUK PENDAFTARAN CPNS 2014

Sebagaimana telah dipublikasikan sebelumnya, dalam upaya mewujudkan tuntutan masyarakat dalam perekrutan PNS yang adil, sekaligus sebagai sarana untuk menghasilkan tenaga professional, BKN telah membangun sistem rekrutmen dan seleksi berbasis kompetensi secara komputerisasi yang disebut Computer Assisted Test (CAT). CAT terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), Tes Kompetensi Kepegawaian (TKK).


(Untuk memahami tentang pengertian dan mekanisme CAT, silahkan unduh lebih dahulu buku CAT DI SINI).

Penasaran bagaimana rasanya mencicipi simulasi CAT yang akan dipergunakan untuk seleksi CPNS 2014? Yuk telusuri bersama pengalaman saya, pagi hari tadi.

LANGKAH PERTAMA
Unduh Aplikasi Simulasi CAT. Silahkan klik DI SINI.

LANGKAH KEDUA
Ekstrak file unduhan tadi. Untuk mengekstraknya, Anda memerlukan software khusus. Bila Anda belum memiliki aplikasinya, bisa diunduh dulu DI SINI. Setelah diekstrak, di dalam folder Simulasi CAT-BKN, terdapat 4 file, sebagaimana terlihat di Gambar 1, yang ditampilkan dalam model Extra Large Icon. Sedangkan tampilan model Details, bisa dilihat di Gambar 2.

 Gambar 1



 Gambar 2

LANGKAH KETIGA
Jalankan aplikasi dengan klik ganda pada file bernama cat bertipe application. Tampilan awal ditunjukkan oleh Gambar 3, yang dalam beberapa detik kemudian akan langsung menuju tampilan berikutnya (Gambar 4).



 Gambar 3

Gambar 4


LANGKAH KEEMPAT
Seperti terlihat dalam Gambar 4, pilih salah satu jawaban di sebelah kiri, lalu klik tombol Simpan dan Lanjutkan di bawahnya. Bila masih ragu dengan soal tersebut, klik tombol Lewatkan Soal untuk menuju soal nomor berikutnya tanpa mengerjakan soal tersebut.

Perhatikan baik-baik beberapa bagian yang saya tandai dengan lingkaran merah pada Gambar 4. Bagian sisa waktu menunjukkan jumlah waktu yang tersisa (0:24:45). Di sebelah kanannya, tertera angka yang menunjukkan jumlah soal (30) sedangkan angka 14 menunjukkan jumlah soal yang sudah dijawab, yang juga bisa dilihat pada bagian berwarna hijau di bawahnya. Bagian berwarna mernah menunjukkan jumlah soal yang belum terjawab yang juga bisa dilihat pada angka sebelah atas panah kanan (16).

Gambar 5 menunjukkan tampilan serupa dengan data waktu dan jumlah soal yang berbeda.


Gambar 5


LANGKAH KELIMA
Pada soal terakhir,akan ada dua pilihan: mengakhiri ujian atau melanjutkannya. Bila masih ada sisa waktu, lebih baik dimanfaatkan untuk memeriksa kembali jawaban-jawaban sebelumnya (Gambar 6).

 Gambar 6

Tetapi, bila Anda sudah merasa saatnya mengakhiri ujian, silahkan lanjutkan ke Langkah Keenam.

LANGKAH KEENAM
Klik tombol Selesai Ujian untuk mengakhiri ujian, yang akan memunculkan jendela konfirmasi (Gambar 7).

Gambar 7

Tombol No akan mengembalikan aplikasi ke tampilan terakhir, seperti ditunjukkan Gambar 6, sedangkan tombol Yes akan memunculkan jendela skor (Gambar 8)

 Gambar 8

Tekan tombol OK untuk menutup aplikasi.

Demikian perjalanan simulasi yang telah saya lakukan. Semoga bermanfaat.

Salam Kreatif!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home