MENDAFTAR PROGAM ProDEP-PPCKS DI PADAMU NEGERI KEMDIKBUD

BPSDMPK Kemdikbud bekerjasama dengan Pemerintah Australia menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam program ProDEP (Professional Development for Education Personnnel) untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs mulai Juli 2014. Beberapa program ProDEP dimaksud antara lain:

Kegiatan program ProDEP sepenuhnya bebas biaya dengan kuota terbatas. Sehubungan dengan program tersebut para calon peserta (Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru) dihimbau melakukan pemutakhiran data Portofolio Personalnya menggunakan akun login masing-masing di PADAMU NEGERI sebagai dasar seleksi calon peserta terpilih program ProDEP.

*****
Informasi di atas bisa kita lihat saat ini apabila kita membuka layanan PADAMU NEGERI. Kalau tidak salah, tampilan itu sudah terlihat sejak beberapa waktu yang lalu.

Yang saya ingat dengan pasti, pada saat ramainya persiapan Pelatihan Kurikulum 2013, dimana undangan Pelatihan Kurikulum 2013 bisa dilihat di akun PTK, menu untuk mendaftarkan diri pada Program ProDEP tersebut belum tersedia. Menu tambahan terbaru adalah Kurikulum, seperti yang saya jumpai pada saat mengakses akun PTK salah satu Guru Kelas di SD saya (Gambar 1). Kebetulan beberapa waktu sesudahnya, saya mendapat pertanyaan via facebook tentang cara pendaftaran ProDEP sehingga saat itu saya sama sekali belum bisa memberikan jawaban yang memuaskan.

Gambar 1

Barulah ketika saya membuka akun PTK tadi pagi, saya telah mendapati menu pendaftaran program tersebut.


MENDAFTAR ProDEP UNTUK PPCKS

Berikut tata cara mendaftar atau melakukan pengajuan pada Program ProDEP untuk Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) bagi Guru:

Langkah Pertama

Silahkan buka situs PADAMU NEGERI (Klik DI SINI) lalu login ke akun PTK (Gambar 2).

Gambar 2

Masukkan data NUPTK dan Password-nya (Gambar 3) lalu klik tombol Masuk.

Gambar 3

Langkah Kedua
Pada tampilan utama, pilih PADAMU PTK (Gambar 4).

Gambar 4

Selanjutnya, sebagaimana terlihat pada Gambar 5, kita akan langsung disuguhi menu pop-up baru: Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS).

 Gambar 5

Klik tombol Ajukan sebagai Peserta. Tampilan selanjutnya adalah Status Persyaratan yang diambilkan dari portoflio (Gambar 6). Pada bagian ini, ditampilkan 6 persyaratan mengikuti Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS). Ceklist berwarna hijau menandakan bahwa persyaratan tersebut telah terpenuhi sedangkan tanda silang berwarna merah menandakan sebaliknya. Ternyata, eh, ternyata, portofolio saya masih sangat jauh dari kualifikasi yang dipersyaratkan. He....he......

 Gambar 6

Bila Anda berkeinginan untuk melanjutkan pengajuan program, silahkan klik tombol Lengkapi Data, yang akan membawa kita kepada menu portofolio. Silahkan melengkapi data-data yang masih kurang sebelum menjadikan data permanen dengan bukti formulir S13.

Oh ya, Surat Edaran tentang Program ProDEP PPCKS dapat diunduh DI SINI

Demikian sedikit informasi tentang pendaftaran Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS). Semoga bermanfaat, khusunya bagi rekan-rekan guru yang sudah memenuhi syarat dan berminat untuk mengikuti program tersebut.

Semoga sukses. Salam kreatif!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home