1 TAHUN JARINGAN OPERATOR SEKOLAH PANINGGARAN

6 September 2014 kemarin, Jaringan Operator Sekolah (JOS) Paninggaran Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah berusia 1 tahun. Ibarat bayi, ia belum bisa berjalan meskipun tumbuh kembangnya mungkin sedang lucu-lucunya. Mohon maaf bila tiada kue tart berhias balon aneka warna. Kemarin malam (Jum’at, 5 September 2014), menutup acara puncak Perkemahan LT II Tahun 2014, JOS hanya mampu mempersembahkan taburan kembang api dari 6 batang yang dinyalakan tepat di depan panggung kehormatan dan pentas seni. Tentu, dengan iringan lirih doa di hati


Sobat JOS.....
Belum banyak yang bisa dilakukan meskipun coretan perjalanan yang telah tergores bukanlah lembar kosong tanpa makna.

Butuh waktu hampir 8 bulan bagi JOS untuk memperoleh pengakuan legal formal sebagai tempat berhimpunnya para Operator Sekolah (OS) Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah dengan terbitnya SK Kepala UPT Dindikbud Paninggaran tanggal 2 Mei 2014 (bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional) tentang Susunan Pengurus JOS Periode 2014-2016.

Sesudahnya, Alhamdulillah, laju JOS bergerak sangat dinamis, seiring dinamika pekerjaan pendataan online yang berdenyut dan berubah nyaris dalam hitungan detik.

24-25 Juni 2014, hajatan Diklat Peningkatan Kualitas Operator Sekolah digelar sebagai upaya peningkatan kompetensi. Hampir bersamaan, sebuah capaian baru teraih pada tanggal 25 Juni 2014 dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama JOS dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) yang mengatur pola hubungan kerja OS dan Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK) beserta klausal hak dan kewajiban OS.

Sobat JOS.....

Jumlah member grup Facebook JOS hari ini, adalah 310 dengan sebaran wilayah sampai luar Pulau Jawa. Sebuah jumlah yang luar biasa untuk takaran komunitas OS tingkat kecamatan di kawasan pegunungan Selatan Kabupaten Pegunungan dimana akses internet di sebagian besar wilayahnya terkendala kondisi geografis. Tetapi, seperti yang sudah kita buktikan sampai hari ini, semangat kita jauh melampaui kendala dan keterbatasan. Keinginan kita untuk maju melibas hampir semua hambatan teknis dan nonteknis. 

Apa yang tersisa dari jumlah member 310 itu? Kebanggaan? Ya, sebagian kecil. Bukti sebuah eksistensi. Tetapi, selebihnya, sebuah tantangan. Tantangan bagi 28 OS Kecamatan Paninggaran khususnya, sebagai anggota inti grup ini, untuk senantiasa membuat grup ini agar berjalan di relnya, sesuai definisi grup: “Sepenggal ruang publik mungil, sekedar untuk berbagi, bertukar informasi, dan silaturahmi antaroperator sekolah Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Dengan iman, hidup kita menjadi terarah. Dengan cinta, hidup kita menjadi indah. Dan dengan teknologi, hidup kita menjadi lebih mudah. Maka, mari permudah kerumitan-kerumitan tugas operator dengan berbagi”.

Percayalah sobat, berbagi tak pernah rugi. Karena, dengan berbagi, kita sedang membuka hati kita selebar-lebarnya untuk khasanah baru, untuk cakrawala baru, yang akan menumpuk pundi-pundi kekayaan batin kita. Karena, dengan berbagi, pada saat yang sama, kita juga sedang menerima. Kita sedang membuka pintu hati kita akan sebuah kebenaran mutlak bahwa di atas langit ada langit. Bahwa di grup ini tak ada jeda senior-junior. Bahwa di grup ini selalu tersedia tempat bagi siapapun yang mau belajar, yang mau maju, yang mau berbagi, dan (tentu saja): yang mau menerima.

Sobat JOS.....

Hidup tak berjalan mundur. Begitu juga jejak langkah kaki kita yang telah tergores, takkan pernah lekang oleh waktu. Oleh karena itu, mari tata kembali hati agar ke depan, makin banyak yang bisa kita perbuat. Jangan biarkan aneka tekanan dan problematika hidup mengendurkan semangat. Karenanya, selagi kita bisa, mari lakukan yang terbaik.....

HAPPY BIRTHDAY, JOS

Selagi terbangun dan kita mendapati diri kita masih terbaring di tempat tidur dan bukan di keranda mayat, itulah pertanda bahwa harapan masih sangat layak untuk disemai dan diperjuangkan agar bisa tumbuh, tumbuh, dan terus tumbuh hingga bertunas, berdaun, bercabang, dan berakar kokoh.

Jangan menunggu kesempatan datang, karena kesempatan takkan mendatangi orang yang duduk termangu menanti keajaiban datang dari langit. Selagi matahari masih terbit dari Timur, itulah pertanda bahwa roda kehidupan akan terus menggelinding. Tertawa atau mengangiskah engkau mengawali hidup hari ini, percayalah, dunia akan terus berjalan sesuai kehendak-Nya. 

Songsong matahari hari ini dengan semangat baru. Jangan biarkan satu hari pun lewat hanya dengan ratapan dan air mata. Tak perlu menunggu momen yang tepat untuk memulai sebuah niat baik, karena bilapun tak ada, momen pun bisa kita cipta. Jangan menunggu datangnya bulan untuk menghitung pencapaian kita hari ini. Bila datang bulan? Siapkan saja pembalut.

HAPPY BIRTHDAY, JOS

"Orang yang menginginkan impiannya menjadi kenyataan, harus menjaga diri untuk tidak tertidur (wish word)".

Dzakiron
Ketua JOS

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home