Inilah Bahayanya Tidur Sehabis Sahur

Selamat malam pemirsa, khususnya yang masih terjaga. Mungkin ada yang masih lembur. Mungkin juga ada yang baru pulang dari masjid atau musola setelah tadarus alias mengaji bersama di hari perdana Ramadhan 2015 ini.

Okelah, apapun aktivitasnya, semoga semua sehat wal afiat. Amin. Malam ini kita akan ulas bersama tentang tidur sehabis sahur.  

Tidur sehabis sahur? He....he..... memang mantap, sih. Apalagi kalau sebelumnya begadang, bakda sahur biasanya mata ngajaknya tiduuuuuuurr melulu. Jam-jam itu, setelah santap sahur, ajib alias te o pe be ge te untuk tidur.

Tapi, ngemeng-ngemeng, sebenarnya, sehat ndak sih tidur setelah sahur?

Untuk urusan yang satu ini, kita percayakan kepada ahlinya untuk memberikan penjelasan. Siapa ya? Ya dokterlah, masa' guru SD seperti saya. He....he....

Yup, berikut kita simak bersama paparan dr. Dewi Ema Anindia, anggota Dewan Redaksi Kedokteran Umum pada situs klikdokter.com.

Inilah bahayanya tidur sehabis sahur:
  • Nyeri Ulu Hati
Tidur terlentang setelah makan merupakan hal yang sering dilakukan oleh kita karena tak dapat dipungkiri, rasanya sangat nyaman.
Namun ternyata hal ini justru membuat sistem pencernaan kita sulit untuk bekerja. Terkadang dapat muncul nyeri panas di daerah ulu hati. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan asam lambung. Rasa panas ini bisa menyebar ke dada dan tenggorokan sehingga dapat menggangu tidur dan dapat memicu timbulnya penyakit GERD dan maag.
  • Refluks
GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan penyakit yang timbul akibat kelemahan dari katup antara lambung dan kerongkongan. Hal ini menyebabkan asam lambung naik ke dalam kerongkongan dan menimbulkan gejala berupa rasa terbakar di dada. Apabila Anda sudah memiliki GERD maka langsung tidur sehabis makan dapat memicu timbulnya hal ini.
Jadi, tidur sehabis sahur atau bahkan berbuka puasa bisa menimbulkan beberapa macam penyakit dari refluks, konstipasi hingga kembung. Oleh karena itu ada baiknya Anda tidak langsung tidur sehabis sahur, berikanlah jarak 1-2 jam untuk tidur lagi. Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk ibadah ataupun olahraga sebentar seperti berjalan. Penting juga saat sahur sebaiknya mengkonsumsi makanan yang rendah akan kandungan lemak dan hindari makan dengan porsi yang besar.

Wah....ternyata, begitu ya bahaya tidur sehabis sahur? Ih....ih....ih....ih....ih (mode Upin_Ipin).

Oke pemirsa. Demikian info singkat malam hari ini. Semoga bermanfaat.

Oh ya, ulasan selengkapnya tentang Bahaya Tidur Sehabis Sahur, dapat dilihat di sumbernya DI SINI.

Salam Ramadhan!


Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home