FORMAT NILAI A1 DAN A2 USBN PAI TAHUN 2012

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam Tahun Pelajaran 2011/2012 jenjang SD telah dilaksanakan Senin, 2 April kemarin. Satu paket dengan lembar jawab, terdapat Form A1 (Nilai Ujian Tulis) dan A2 (Rekapitulasi Nilai Ujian Tulis). Di bagian bawah Form A1 terdapat keterangan tentang pengiriman form tersebut dalam format excel ke panpus.usbnpai@gmail.com dan mapenda@jateng.kemenag.go.id.
 
Setelah sebelumnya saya mempublikasikan Format Nilai Praktik PAI (selengkapnya bisa dibaca DI SINI), kali ini saya mencoba menghadirkan kedua format tersebut dalam satu file yang saya gabung dengan Format Nilai Praktik PAI.


(Artikel ini lebih cocok untuk para pengguna yang masih sangat terbatas ilmunya seputar excel, seperti saya. Jadi, bagi Anda yang sudah sangat bersahabat dengan excel, mungkin Anda bisa melewatkan artikel ini. Silahkan dilanjutkan ke bagian lain di blog ini. Kalau sedang galau dan ingin tertawa sejenak, silahkan kunjungi koleksi humor DI SINI dan DI SINI. Atau, barangkali Anda ingin mencoba peluang yang ditawarkan WAZZUB, yang akan diluncurkan 9 April 2012 mendatang dimana kemungkinan memperoleh pendapatan pasif/passive income sangat terbuka lebar, silahkan buka DI SINI)

Sementara itu, saya lanjutkan dulu artikel ini...

Seperti biasa, saya membuat format yang otomatis langsung menghitung Jumlah Nilai, Nilai Tertinggi, Nilai Terendah, dan Rata-rata, termasuk jumlah siswa yang memperoleh rentang nilai tertentu pada Format A2. Khusus pada rentang nilai tertentu, ucapan terima kasih spesial (tanpa telur) saya bingkiskan untuk blogger Pak Hermawan atas postingan di blog Beliau. Juga atas file-nya yang sudah saya download. Kebetulan baru kali ini saya menggunakan fungsi atau rumus tersebut. Dengan sedikit modifikasi, jadilah Format A1. Semoga bermanfaat.



Silahkan isi nomor dan nama peserta pada Format A1 yang akan langsung terisi pada format nilai ujian praktik. Bagi Anda yang sudah mendownload format nilai praktik, anggap saja format ini adalah edisi revisi. Kolom Nilai Praktik pada A1 (sheet pertama) terisi secara otomatis dari format nilai ujian praktik pada sheet kedua.




Get this! free

Pada Format A2 atau rekapitulasi, kolom jumlah siswa pada Rentang Nilai dan kolom nilai pada Rekap Kategori Nilai akan terisi secara otomstis. Bila Anda ingin mengedit untuk penyesuian, silahkan klik pada Format A1. Di sisi kanan format, mulai kolom K yang berwarna abu-abu (karena tampilannya menggunakan Page Break Preview), fungsi atau rumus itu bisa Anda sesuaikan.

Oke, saya kira cukup sampai di sini penjelasnnya. Oh ya, hampir lupa, format tersebut bisa Anda download DI SINI.

Satu lagi ya?

Kepada seluruh Guru PAI SD Kecamatan Paninggaran, jangan lupa kalau Format A1 dan A2 harus sudah dikumpulkan di Sekretariat KKG PAI pada hari Sabtu, 7 April berupa print out rangkap tiga dan file untuk direkap dan diserahkan kepada Mapenda Kankemenag Kabupaten Pekalongan. Untuk pengiriman via email kepada Mapenda Propinsi Jawa Tengah dan Panitia Pusat USBN PAI, bisa dikirimkan langsung ke alamat email yang ada di bagian awal artikel ini dengan CC alias tembusan ke kkgpai.paninggaran02@gmail.com.

Tetapi, bila karena satu dan lain hal terdapat kendala dalam pengiriiman email, silahkan bawa saja datanya dalam media flasdisk atau CD ke Sekretariat KKG PAI pada hari tersebut untuk dikirimkan secara kolektif.

Selamat melanjutkan aktifitas. Semoga sukses!


Salam kreatif



Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 1 komentar:

    Wawan Setiyono mengatakan...

    Makasih atas formatnya, punten pak dalam nilai PAI KTSP memakai nilai puluhan, sedang contohya nilainya satuan contoh 75, 79, dst. yang dikirim masih satuan atau sudah dikonversi ke dari nilai puluhan ke satuan contoh 7.56 dst

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home