MENCICIPI SIMULASI UKG ONLINE


Gaung persiapan Uji Kompetensi Guru alias UKG menyebar ke segala penjuru. Dari awal, blog ini telah mencoba mempublikasikan kebijakan seputar UKG sebagai upaya memperluas sebaran informasi khususnya kepada calon peserta UKG. Mulai dari bedah Pedoman UKG dalam tiga edisi (Latar Belakang, DasarHukum, dan Teknis Pelaksanaan UKG; Landasan, Prinsip, dan Instrumen UKG; serta Peserta, Waktu, dan Tempat Pelaksanaan UKG) dilanjutkan dengan penjabaran teknis pelaksanaan UKG melalui Materi TOT Tim Teknis UKG Online.  

Tulisan kali ini hendak mengulas layanan Simulasi UKG Online yang disediakan oleh situs UKG Online. Sesuai dengan misi pengembangnya, tulisan ini pun berniat mendekatkan peserta UKG dengan tampilan UKG Online. Jadi, lebih kepada pengenalan tampilan komputer kala pelaksanaan UKG Online dengan mengesampingkan materi. Ujicoba yang dilakukan di SD Negeri Tanggeran pada tiga guru peserta UKG menyuguhkan adegan yang hampir sama sebagaimana yang dibahas rekan-rekan guru di beberapa grup facebook seperti LPMP Jateng dan beberapa grup yang saya ikuti keanggotaannya: kesulitan tingkat tinggi.
Berangkat dari pengalaman tersebut, sebagai operator komputer sekolah sekaligus Pemimpin Redaksi Blog Sekolah, pengalaman mencicipi simulasi UKG Online ini disuguhkan dengan niat berbagi.

Yuk segera kita menuju ke tekape….

Pertama, silahkan buka layanan Simulasi UKG Online



Pesan sambutan yang segera terbaca adalah:




Situs ini bukan bagian dari situs www.kemdiknas.go.id (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). Kami hanya memberikan informasi, layanan dan latihan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


Silahkan isi kolom peserta dengan 14 digit sedangkan kolom NUPTK mesti diisi dengan 16 digit. Kedua kolom tersebut wajib diisi. Bila menghendaki hasil ujian dikirim via email, silahkan isi tiga kolom di bawahnya. Selanjutnya, kita bisa mulai mengerjakan soal dengan memilih jawaban yang dianggap paling benar. Tampilan yang dibuat menyerupai tampilan asli membuat kita sedikit demi sedikit akan beradaptasi.

Sekedar mengingatkan, panel kontrol simulasi ini sama persis dengan toolbar yang disiapkan pada software Pelaksana UKG Online untuk memudahkan peserta mengikuti ujian pada Materi TOT Tim Teknis UKG Online.

(Bisa dilihat di Papan Kontrol)


Kemudian saya mencoba meng-klik tombol navigasi dan berikut tampilannya:




Warna hijau menunjukkan nomor soal yang sudah dijawab sedangkan warna merah merupakan nomor soal yang belum dijawab. Pilih nomor soal yang akan dikerjakan lalu dengan meng-klik tombol OK, kita akan dibawa ke nomor soal yang dimaksud.

Setelah selesai, pastikan menekan tombol Proses bergambar tangan agar jawaban-jawaban yang sudah dimasukkan dapat disimpan dan diproses. Konfirmasi inilah yang akan kita temukan kala menekan tombol proses tadi.






Bila memilih OK untuk mengakhiri ujian, maka yang akan tampil selanjutnya adalah hasil Uji Kompetensi Guru. Hmmmmm, berapa perolehan nilai saya ya?




He...he...he... sempoa, eh, sempurna. 10 soal yang saya kerjakan semuanya benar sehingga perolehan nilainya adalah se-ra-tus. 


Tenang dulu bapak-bapak dan ibu-ibu peserta UKG. Guru PAI seperti saya saja bisa menyelesaikan soal dengan baik. Apalagi Anda semua. Pasti lebih baik lagi. 

(Ssssssttttt....nilai di atas merupakan nilai kedua alias nilai setelah saya mencari data soal dan kunci jawaban. Sebelumnya, saya sudah mencoba menyelesaikan soal tersebut). Nilainya? Saya tunjukkan.







Baik ibu-ibu dan bapak-bapak calon peserta
Uji Kompetensi Guru yang berbahagia. Cukup sekian paparan simulasi UKG Online. Semoga bermanfaat




Salam kreatif!





Artikel Terkait



Selamat Datang
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home