MENAMBAH DATA SISWA KOLEKTIF, CETAK AKUN SISWA, DAN PENYELESAIAN EDS SISWA


Setelah melakukan pengelolaan awal data siswa Tahun Pelajaran 2014/2015 (yang tutorialnya bisa dibaca DI SINI), tulisan kali ini akan melanjutkan pekerjaan Operator Sekolah berupa Menambah Data Siswa Kolektif, Mencetak Akun Siswa dan Penyelesaian EDS Siswa

Langkah Pertama
Login di situs PADAMU NEGERI KEMDIKBUD di http://padamu.siap.web.id/ (bisa klik DI SINI) sebagai Admin/Operator Sekolah

Jangan lupa, bila login menggunakan NPSN, berarti masih menggunakan akun institusi, dimana aksesnya dibatasi. Untuk bisa mengakses semua layanan, harus menambah akun/merubah akun institusi tersebut. Caranya bisa dilihat DI SINI.

Masukkan username dan password pada kolom yang tersedia
Pilih Siswa & Alumni
Pilih Siswa

Pilih Daftar Siswa
Langkah Kedua
Inilah tampilan dari Daftar Siswa. Di bagian ini, kita akan menambah siswa dengan memasukkan siswa baru (siswa yang belum dimasukkan). Klik tombol Uploud (nomor 3). 

Klik Pilih File. Cari dan pilih file excel yang berisi daftar siswa yang telah diedit kelasnya (tata caranya bisa dilihat di tutoral sebelumnya DI SINI), kemudian pilih Open.

Setelah nama file muncul (nomor 1) dan dipastikan bahwa file tersebut benar-benar berisi data yang akan diunggah, pilih Unggah (nomor 2).


Pada jendela Unggah Data Siswa, terlihat pesan bahwa file tersebut berisi 127 siswa dengan tanpa kesalahan data. Sengaja saya upload siswa dalam jumlah besar. Meskipun nanti yang akan dikerjakan EDS-nya hanya sekitar 30-an sesuai persyaratan, berdasarkan pengalaman tahun ini, sisa siswa aktif setelah kelas 6 dinyatakan lulus akan mempermudah pekerjaan. Artinya, kalau jumlah siswa yang sudah berada di dalam data lebih dari 30 pada awal tahun pelajaran yang akan datang, tidak lagi diperlukan penambahan. Klik Simpan.


Terbaca pesan bahwa data siswa berhasil dikirim. Klik tombol Selesai.


Langkah Ketiga
Setelah ditambah 127 siswa, jumah siswa yang telah berada di dalam data adalah 140. Untuk pengerjaan selanjutnya, saya lebih memilih mengerjakan EDS untuk siswa kelas 6 terlebih dahulu. Klik tombol Filter (nomor 1) sehingga muncul jendela filter yang menampilkan tingkat dan jenis kelamin siswa. 



Hilangkan tanda centang pada angka 1 sampai 5 sehingga tersisa tanda centang di depan angka 6 (nomor 1). Kemudian pilih Filter Data.



Hasil filter akan menampilkan daftar hanya siswa kelas 6 saja.

Langkah Keempat
Inilah tampilan dari Daftar Siswa. Di bagian ini, kita akan melakukan pembaharuan data. Pilih salah satu siswa (tanda merah).


Terlihat detil data siswa. Lakukan pembaharuan data di sini (menambah/memperbaiki) dan selanjunya pilih Simpan.


Tampilan data siswa setelah pembaharuan. Di sini sebenarnya kita juga bisa langsung menambah foto siswa. Tetapi, penambahan siswa akan dilakukan lain waktu. Klik Dasbor Siswa (sudut kiri atas).


Langkah Kelima
Di bagian ini, kita akan melakukan pencetakan akun siswa. Klik segitiga kecil (bertanda lingkaran hijau, nomor 1). Pada jendela popup Aksi terhadap siswa, pilih Cetak Tanda Bukti Akun (nomor 2).


Cetaklah tanda bukti akun tersebut. Untuk mencetak tanpa printer, atau dengan kata lain: menyimpan file tanpa mencetaknya, gunakan fasilitas Microsoft XPS Document Writer dimana file yang akan tersimpan berformat/bertipe XPS (lebih detil bisa dibaca DI SINI). 

Berikut tampilan dari Surat Akun Login Siswa:


Keterangan per bagian:
Nomor 1: nama siswa pemilik akun
Nomor 2: Siswa ID dan Password
Nomor 3: Kode Akses Orangtua/Wali

Langkah Keenam
Login di situs PADAMU NEGERI KEMDIKBUD di http://padamu.siap.web.id/ (bisa klik DI SINI). Pilih Login Siswa kemudian masukkan Siswa ID dan Password pada kolom yan tersedia. 

Catatan: untuk mempermudah pekerjaan, karena banyaknya akun yang mesti kita kelola, gunakan fasilitas pengingat password dari peramban/browser sehingga nantinya kita bisa login dengan password otomatis (caranya bisa dilihat DI SINI).


Pada Dasbor Layanan, pilih PADAMU SISWA.


Pada Beranda (nomor 1), pilih Isi Angket EDS (nomor 2)


Silahkan pilih jawaban sesuai isian EDS cetak yang sebelumnya telah diisi oleh siswa, dari nomor 1...

...sampai nomor 18.




Dan inilah akhir dari EDS Siswa...



Selamat bekerja. Semoga sukses!

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas komentar Anda. Silahkan kunjungi blog saya secara berkala

    Next previous home