TERTAWA LAGI YUK...!

Masih satu paket dengan edisi sebelumnya, Kumpulan Humor Guru, posting kali ini kembali mengajak Anda untuk tersenyum sejenak. Kalau mau tertawa juga boleh.

Oh ya, saya pernah membaca sebuah tulisan, yang sayangnya saya lupa sumbernya (maksudnya saya lupa bacaan punya saya sendiri atau buku pinjaman yang belum saya kembalikan, dimana, dan kapan), tentang perbedaan persepsi tentang humor antara orang Amerika, Jepang, dan Indonesia. Lebih tepatnya, yang membedakan ketiga manusia dari tiga negara itu dalam merespon humor. Konon, orang Amerika tertawa sebelum cerita humor selesai (dibacakan maupun diceritakan). Orang Jepang tertawa pada saat humor selesai sementara orang Indonesia tertawa setelah humor selesai. Intervalnya bisa menit, jam, hari, atau bahkan minggu.

Jadi, kalau suatu saat Anda sedang melintas di WC umum, depan rumah, pos keamanan, dan sejenisnya, tiba-tiba mendengar orang tertawa terbahak-bahak, harap jangan kaget. Barangkali orang tersebut tadi di kantor atau di jalan kala ngerumpi bareng teman-teman ada yang menceritakan sebuah kisah. Beberapa jam setelahnya, ternyata ia baru menyadari bahwa kisah tadi ternyata kisah lucu. Jadi, ia tertawa karena dua hal: pertama, kisah itu lucu dan pantas ia tertawakan. Spontan ia tertawa. Kedua, ia heran, kok baru menyadari bahwa kisah tadi lucu. Lucunya, ia baru menyadari kelucuan kisah lucu tadi setelah berjam-jam sesudahnya. Dan bagi dia, itu lucu. Tertawalah dia (lagi).

Oke, tanpa basa-basi agar tidak basi, silahkan dinikmati. Oh ya, kumpulan kisah ini (masih) dipungut dari beberapa sumber. Jadi bukan karya saya. Untuk menelusuri sumbernya, silahkan di-klik pada judul.

Buat rekan-rekan guru SD/MI beserta seluruh peserta didiknya, selamat mempersiapkan diri untuk Ujian Sekolah (US) Hari Senin, 2 April, lusa. Semoga cerita-cerita berikut bisa menjadi penyegar (kaya' AC saja) di sela sibuknya belajar. (Pssssst....kalau mau tertawa, intervalnya jangan lama-lama. Baca ceritanya hari ini, kok tertawanya Senin lusa. Di ruang ujian lagi).

Pendeknya (tapi jangan tanya saya sependek apa), selama kita masih bisa tertawa, kita patut bersyukur. Karena, itu berarti, kita masih layak menyandang predikat manusia normal. Di tengah himpitan persoalan hidup, kita masih bisa tertawa. Di sela-sela panasnya pemberitaan media tentang gempitanya demonstrasi menentang rencana kenaikan BBM (yang akhirnya ditunda), kita masih bisa tertawa atas aneka tingkah laku wakil rakyat di ruang sidang Senayan.

Apapun yang terjadi, tertawalah. Tersenyumlah, sebagaimana motto blog saya ini: Tersenyumlah, karena hidup hanya untuk disyukuri. Karena, apapun yang terjadi, semuram apapun suasana hati kita, segalau apapun gundah gulana kita, dan setipis apapun dompet kita, hidup masih tetap berjalan seperti kehendak Tuhan. Mendung tak akan serta merta menjadi hujan meski suasana hati kita sekelam langit kelabu. Selama matahari masih terbit di sebelah Timur, sepanjang itulah harapan layak untuk dipertahankan. Kala bangun tidur dan mendapati tubuh kita masih terbaring di tempat tidur, bersyukurlah, karena itu tandanya kita masih hidup.

Kejarlah cita-cita. Raihlah cinta. Jangan menunggu keajaiban turun dari langit. Jangan mengejar matahari, karena percuma saja, matahari tak akan terkejar. Tak usah pula menunggu terbenamnya matahari, karena nanti keburu gelap. Apalagi menunggu datangnya bulan. Tapi kalau datang bulan, beli saja pembalut. Simpel, 'kan?

Pissss....

*****

BERSEDIA MELAKUKAN APAPUN

Seorang mahasiswi seksi yang terancam gagal ujian mendatangi kantor dosennya yang masih muda. Dia melirik ke sekelilingnya sebentar, menutup pintunya, dan langsung berlutut di hadapan sang dosen sambil memohon.
“Pak Dosen, Saya bersedia melakukan apapun juga agar lulus ujian….”, ujarnya sambil melirik genit.
Lalu sang mahasiswi mendekat ke arah dosennya, menyibakkan rambutnya, menatap matanya penuh arti.
“Kalau Bapak masih belum mengerti maksud saya…” bisiknya, “Saya bersedia melakukan apapun, apa saja yang Bapak mau…”
Dosen muda tadi membalas tatapannya, “Apapun?”
“Apapun!”, jawab sang mahasiswi secepatnya.
Suara dosen itu melembut, “Apapun?”
“Apapun….”
Akhirnya Pak dosen berbisik, “Maukah kamu……… belajar?”

*****

HUBUNGAN PANCASILA DAN UUD 1945

Pak Rizal terkenal sebagai guru yang galak. Suatu hari beliau mengajak diskusi dengan melempar pertanyaan,

Guru: “Bagaimana hubungan Pancasila dengan UUD45?”

Karena kelas tegang, tidak ada seorang murid pun yang berani menjawab.

Selang beberapa menit kelas masih diam, pak Rizal menunjuk Abong.

Guru: “Bong! Bagaimana hubungan Pancasila dengan UUD 45?”

Dengan tegas Abong menjawab, “Baik-baik saja Pak, ga ada masalah!!!”

*****

PUKUL SAJA

Seorang guru memperoleh surat dari orang tua murid yang berbunyi:

"Anakku, Jono, adalah seorang anak yang sangat sensitif. Jika Anda ingin menghukum anak saya, pukul saja anak yang duduk di sebelahnya. Itu akan menakutinya."

*****

Yang ini hasil temuan dari wakakak.net

GAGAP JADI SALES

Suatu hari ada orang gagap dateng melamar jadi salesman buku.
"P…Ppper..misi…..," salam si gagap.
"Ada perlu apa nih pak?"
"S..ss..saya….mmm..mmmau mme…lammmarrrr jj..jjadi sales pak,"
"Yang normal, cakep dan cantik aja nggak gablek ngejualnya! Apa kamu yakin bisa jadi salesman??"
"Bbb..bb.bisa pak," jawabnya mantap.

Esok harinya, ternyata nggak sampe setengah hari, terjual 10 buku. Dikasih 20 buku, terjual semuanya. Begitu seterusnya sampe buku tersebut menjadi best seller.

Pada saat malam resepsi penghormatan, sampailah waktu si gagap memberikan rahasia menjual buku.

"Ss…ssederha..ha…na kok, ss…saya cc..ccum…cuman… Ss..sa..saya..cc..cuman..tt..ta..tanya ssaja ke cc..ccal… cal…calon pembelinya, An…anda mmau bb…bbbeli..bbu..bu..ku ini atau… mma..mmau..ss..sa..saaa ya ya …BA… BACA… IIIN….. ??"

*****

TERLAMBAT SATU BULAN

Istri menyambut suaminya pulang kantor, dengan senyum mesra.

Istri : “Mas aku terlambat satu bulan, kita akan punya bayi. Tapi berhubung tadi aku baru test ke dokter, jangan kasih tau siapapun ya, entar malu kalau nggak jadi”.

Besok paginya ada tukang tagih listrik mengetok pintu. Setelah dibukakan si Tukang Listrik bilang ke Istri……: Tukang Listrik : “Bu, anda terlambat satu bulan”

Istri : “Hah dari mana anda tau ?”
Tukang Listrik : “Ini ada di catatan kami…”
Istri : “Haaah… masa sampai ada di catatanmu?”

Besok paginya si Suami pergi ke kantor pembayaran listrik dengan marahnya.
Suami : “Bagaimana ini, kok anda bisa tau istri saya terlambat satu bulan?”
Tukang Listrik : “Sabar, sabar pak… Kalau anda ingin catatan itu dihapus anda tinggal bayar saja kepada kami…”.
(Wah… pemerasan nih !) pikirnya.

Suami : “Lalu kalau saya nekat nggak mau bayar?”
Tukang Listrik : “Punya anda akan saya putus…!!!”
Suami’ : “Wah… kalau punya saya diputus, istri saya dirumah pakai apa?”
Tukang Listrik : “Yaaa… istri anda kan bisa pakai lilin !

*****

SMS SALAH KIRIM

Seorang suami yang jauh dari istrinya mengirim suatu sms mesra pada istrinya

SMS suami : Kaulah juwitaku yang menemaniku bermimpi, kau hadir membawa kesejukan didalam hari – hariku yang gersang… tanpamu aku takkan bisa melewati hari yang sepi ini….. I Miss you my dear :genits

Istri : So sweet… tumben papa romantis kayak gitu, mama suka sekali dengan puisinya. lagi merindukan mama ya ??

Balasan suami : maaf ma.. SMS tadi salah kirim

Istri : @#(*#(#*(#*$*$%$%@#$

*****

LIMA BUAH KACAMATA

Ahmad : Untuk apa kakek memiliki lima buah kacamata?
Kakek : Satu untuk membaca, satu untuk menonton film, satu untuk jalan-jalan dan satu lagi untuk di pakai sehari-hari
Ahmad : Lalu yang satunya lagi ?
kakek : Untuk menemukan keempatnya kalau hilang.

*****

NEGARA

Negara apa yang paling banyak muncul dalam peribahasa?

Jawaban:
Swedia, dalam peribahasa "swedia payung sebelum hujan"

*****

BAPAK BERI MAKAN APA?

Ada seorang peternak sapi yang cukup berhasil dan punya beratus-ratus ekor sapi. Pada suatu hari datanglah seorang petugas peternakan yang menyamar dan bertanya
"Setiap hari sapi sapi ini bapak beri makan apa?"
Peternak: "Oh saya beri makan rumput-rumput saja",
"Kalo begitu bapak saya denda karena telah memberi makan sapi-sapi ini secara tidak layak" kata si petugas. "Bapak saya denda 2 juta", lanjutnya.
Akhirnya selang beberapa hari kemudian petugas tadi datang kembali dan menanyakan hal yang sama kepada si peternak.
"Bapak beri makan apa sapi-sapi ini.??" kata si petugas .
Si peternak menjawab: "Saya beri makan keju, hamburger, & susu"
"Kalo begitu bapak saya denda 3 juta rupiah karena memberi makan diluar batas sewajarnya...!!" kata si petugas.
Akhirnya seminggu kemudian datang lagi si petugas menayakan hal sama kepada si peternak.
"Bapak beri makan apa sapi-sapi ini..??" tanya si petugas.
Akhirnya karena takut didenda lagi si peternak menjawab: "Begini pak setiap hari semua sapi-sapi ini saya beri uang masing-masing tiga ribu rupiah, terserah mereka mau makan di mana....!!!!".
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Privacy Policy

    Privacy Policy for http://dzakiron.blogspot.com/

    If you require any more information or have any questions about our privacy policy, please feel free to contact us by email at maskiron.inside@gmail.com.

    At http://dzakiron.blogspot.com/, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information is received and collected by http://dzakiron.blogspot.com/ and how it is used.

    Log Files
    Like many other Web sites, http://dzakiron.blogspot.com/ makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol ( IP ) addresses, type of browser, Internet Service Provider ( ISP ), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses, and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

    Cookies and Web Beacons
    http://dzakiron.blogspot.com/ does use cookies to store information about visitors preferences, record user-specific information on which pages the user access or visit, customize Web page content based on visitors browser type or other information that the visitor sends via their browser.

    DoubleClick DART Cookie
    .:: Google, as a third party vendor, uses cookies to serve ads on http://dzakiron.blogspot.com/.
    .:: Google's use of the DART cookie enables it to serve ads to users based on their visit to http://dzakiron.blogspot.com/ and other sites on the Internet.
    .:: Users may opt out of the use of the DART cookie by visiting the Google ad and content network privacy policy at the following URL - http://www.google.com/privacy_ads.html

    Some of our advertising partners may use cookies and web beacons on our site. Our advertising partners include ....
    Google Adsense


    These third-party ad servers or ad networks use technology to the advertisements and links that appear on http://dzakiron.blogspot.com/ send directly to your browsers. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies ( such as cookies, JavaScript, or Web Beacons ) may also be used by the third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertisements and / or to personalize the advertising content that you see.

    http://dzakiron.blogspot.com/ has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

    You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. http://dzakiron.blogspot.com/'s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

    If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers' respective websites.
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 8 RAHASIA SUKSES UJIAN NASIONAL

    "Kebanyakan pengajar atau praktisi dunia pendidikan sibuk mempersiapkan anak didiknya hanya pada aspek kognitif, pada materi-materi yang diujikan. Mereka banyak yang lupa untuk menyiapkan mental siswanya. Lebih memprihatinkan lagi, karena panik mereka mengajarkan cara-cara tidak terpuji kepada anak didiknya. Mereka memberikan contoh dan peluang kepada para siswanya untuk melakukan tindakan-tindakan hina. Memang tidak sepenuhnya salah mereka, karena mereka tertekan oleh target dari para petinggi negeri ini yang salah menentukan prioritas, tetapi seharusnya para pendidik ini memiliki mental yang kuat sehingga tidak muda tertekan dan terprovokasi".



    Kalimat yang (menurut saya) cukup menyentak tersebut sengaja saya posting di awal tulisan ini. Dari kalimat pembuka di situs Perpustakaan Online yang masih istiqomah mempublikasikan beragam ebook gratis yang sebagian besar juga telah menghuni koleksi ebook saya, perkenankan saya untuk mengutip paragraf selanjutnya:

    "Sebagai awal, dan untuk prioritas, buku “8 Rahasia Sukses Ujian Nasional” karya Nur Muhammadian, yang diterbitkan dalam format digital ini diperuntukkan bagi para siswa yang akan menghadapi ujian nasional, untuk menguatkan mental mereka, mental pemenang, sebagai pemenang yang selalu mengutamakan kemuliaan. Semoga buku ini memberi manfaat yang luas bagi anak didik yang tengah mempersiapkan diri menghadapi UNAS".

    Ya, sebelum membaca ebook-nya, dua paragraf tadi, menurut saya, sudah menggambarkan isinya. Dan dugaan saya tidak terlalu salah.

    Nur Muhammadian, penulisnya, berhasil mencuri perhatian saya via kalimat pembuka Kata Pengantar: Mungkin Tidak PENTING tapi PASTI BERMANFAAT Bila Anda Membaca Kata Pengantar ini Sampai Selesai.

    Untuk selanjutnya, saya benar-benar menikmati kalimat demi kalimat ebook yang diterbitkan edisi digitalnya atas kerjasama yang rapi jali antara Perpustakaan Online dengan komunitas menulis PNBB (Proyek Nulis Buku Bareng).

    Ebook ini terbagi menjadi 8 Bab, yaitu BAB 1. Otakmu Adalah Super Komputer, BAB 2. Milikilah Cita-cita yang Jelas dan Kuat, BAB 3. Sukses Mengikuti Sukses, BAB 4. Semesta Mendukungmu, BAB 5. Bersihkan Lemari Pikiran, BAB 6. Diet Pikiran, BAB 6. Diet Pikiran, BAB 7. Zona Sukses, dan BAB 8. Pasrahkan Semua KepadaNYA.

    Terdiri atas 49 halaman, ebook ini tidak memerlukan banyak energi untuk membacanya. Apalagi kernyit di dahi. Meski didedikasikan untuk para siswa, saya merekomendasikan para guru untuk membaca ebook ini.

    Silahkan download ebook tersebut DI SINI.

    (Silahkan klik tombol SKIP ADD kala muncul jendela adf).

    Mengutip kata pengantar ebook tersebut, ijinkan saya menulis ulang sebuah kalimatnya (dengan sedikit tambahan) sebagai penutup postingan kali ini: Mungkin Tidak PENTING tapi PASTI BERMANFAAT Bila Anda Membaca Ebook ini Sampai Selesai.


    Salam kreatif!


  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • KUMPULAN HUMOR GURU

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, humor berarti sesuatu yang lucu atau keadaan yang menggelikan hati; kejenakaan; kelucuan. Humor identik dan lekat dengan senyum. Tentang senyum, saya ingat sebuah ungkapan populer: senyum mempermanis rupa seseorang tanpa biaya. Dan tahukah Anda bahwa menurut beberapa penelitian medis, senyum itu baik untuk kesehatan. Mengapa? Setidaknya, seperti ditulis dalam situs Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia, inilah penjelasannya:
    Jika seseorang sedang senyum, otaknya mengeluarkan serotin yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya (Pacth Adams USA). Bila orang tersenyum dalam kondisi sedang tidak bahagia, maka otak tetap mengeluarkan zat-zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sekaligus bisa meringankan kondisi psikologisnya.
    Tertawa memberikan relaksasi dan mengurangi stress, setelah meninggikan sampai jumlah tertentu tekanan darah dan irama, tertawa langsung menurunkannya lagi sehingga sensor sensor perseptif meningkat dan menyebabkan seseorang sanggup menghadapi tugas dengan lebih baik.

    Pada bagian lain di artikel itu ditulis bahwa dari beberapa referensi dan pengalaman kehidupan pribadi, humor yang dicirikan timbulnya tawa dan senyum akan bermanfaat dalam bentuk :

    • Memperkecil dan bahkan menghilangkan kelelahan fisik dan mental dalam bekerja.
    • Dalam suasana penuh gembira maka humor bisa membuat hidup dan kehidupan kerja semakin bermakna.
    • Humor bisa memperkecil jarak antarlapisan sosial, misalnya antara atasan dan bawahan.
    • Karena humor membuat kita tersenyum maka selain bisa mengatasi stres, konon humor juga membuat kita memiliki daya tarik, membuat awet muda, dan tentu saja bakal menambah teman baru.
    • Humor dapat membangun komunikasi yang konstruktif dan hubungan sosial yang efektif.
    • Humor dapat menjadi instrumen dalam memperkecil batas-batas perbedaan budaya dan bahasa sekaligus mempersatukan karyawan.

    Sedangkan menurut situs dokterumum.net, beberapa manfaat humor bagi kesehatan antara lain:
    Humor bisa mengurangi rasa sakit.
    Dr Elias Shay, kepala psikiatri dari Good Samaritan Hospital di Baltimore mengungkapkan dengan menonton komedi atau terlibat sesuatu yang berhubungan dengan lelucon bisa mengurangi rasa sakit yang dialami seseorang.

    Humor bisa membuat rileks.
    Seperti latihan pada umumnya, humor yang membuat orang tertawa akan bekerja untuk melawan stres kronis sehingga membuat seseorang merasa rileks atau santai.

    Humor bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
    Studi yang dipimpin oleh Lee Berk dan Stanley A Tan dari Loma Linda University di Loma Linda, Califormia tahun 2006 ditemukan dua hormon yaitu beta endorfin (mengurangi depresi) meningkat 27 persen dan human growth hormone/hGH (yang membantu kekebalan tubuh) meningkat 87 persen ketika menonton video lucu.

    Humor mengurangi stres.
    Peneliti dari Loma Linda University juga menemukan humor dan lelucon bisa membantu mengurangi tingkat 3 hormon yang berhubungan dengan stres yaitu kortisol (hormon stres), epinefrin (adrenalin) dan juga hormon dopac.

    Humor mengurangi rasa takut.
    Humor adalah alat kebahagiaan yang paling mendasar. Secara fisiologis humor dapat menutupi rasa takut yang dialami oleh seseorang pada saat yang sama. Jadi humor bisa mengubah persepktif seseorang mengenai memori yang menyakitkan di masa lalu dan menggantinya dengan kebahagiaan

    Nah ternyata banyak sekali manfaat humor. Senyum, sebagai konsekuensi logisnya, juga bernilai ibadah dalam ajaran Agama Islam.

    Oke, dalam rangka turut mensukseskan gerakan "memasyarakatkan humor dan menghumorkan masyarakat", silahkan dinikmati kumpulan humor yang dibagi menjadi dua postingan, yang dipungut dari beberapa sumber. Sebagian berisi humor guru dan murid sementara lainnya ber-genre umum. Semoga bisa menambah senyum semakin lebar kala wacana kenaikan BBM semakin semarak.

    Untuk menelusuri sumbernya, silahkan klik pada judul masing-masing bagian. Selamat menikmati...

    *****
    NASIB SEORANG GURU
    Seorang guru wanita sedang mengajar murid-muridnya di hari pertama masuk sekolah. Di atas papan tulis ia mencoba menggambar buah apel, lalu sambil membalikkan badannya ia bertanya kepada para murid: "Gambar apa ini ?" Tak ayal para murid secara serentak berseru:"Pantat!"

    Mendengar jawaban tersebut, guru tersebut menangis sambil setengah berlari mencari kepala sekolah untuk mengadukan perilaku murid-muridnya. Melihat tangisan sang guru wanita tersebut, kepala sekolah tanpa menanyakan alasannya, langsung saja menerjang masuk ke ruang kelas, lalu dengan emosi ia memarahi semua murid: "Kalian sungguh berani-beraninya mempermainkan seorang guru! Apa yang kalian lakukan terhadapnya ?!"
    Sesaat ruang kelas menjadi senyap, semua murid jadi bengong, sang kepala sekolah kemudian menoleh ke arah papn tulis, ia semakin marah ketika melihat apa yang tergambar di papan tulis: "Ini sudah keterlaluan, kalian bahkan berani menggambar pantat di papan tulis!"

    Mendengar ini sang guru wanita langsung pingsan.

    *****

    Siapa Penemu Benua Amerika?

    Figo adalah seorang pelajar SLTP yang gila bola. Karena nonton siaran langsung Piala Eropa 2000 semalam suntuk, besoknya Figo terkantuk-kantuk di kelas sewaktu pelajaran sejarah pada jam terakhir.

    Pelajaran sejarah hari itu tentang sejarah dunia, diajarkan oleh Ibu Guru yang agak galak.

    Bu guru menerangkan tentang penemuan benua Amerika. Bu Guru melihat Figo terkantuk kantuk di pojok kelas sana, kemudian Bu Guru mendatangi kursi di mana Figo duduk, lalu bertanya:

    Bu Guru: "Kamu Figo,.... Siapa penemu benua Amerika?"

    Figo : "Bu...bu... bukan saya, Bu!"

    *****

    Bahasa Inggris

    Seorang guru bahasa Inggris sedang mengajar di depan kelas. Budi seorang murid tidak memperhatikan pelajaran yang sedang diberikan oleh bapak gurunya dan memang Budi tidak mengerti bahasa Inggris sama sekali.

    Tiba-tiba pak guru bertanya kepada Budi.

    Pak Guru : Budi coba jelaskan arti kata ini.

    Budi: Ya. pak guru

    Pak Guru : I DON'T KNOW .. apa artinya?

    Budi : Karena tidak mengerti dia menjawab. "SAYA TIDAK TAHU PAK GURU"

    Pak Guru : Bagus.... Kalau "I DON'T UNDERSTAND"?

    Budi : Sedangkan I DON'T KNOW Saya tidak tahu Apalagi "I DON'T UNDERSTAND"... SAYA TIDAK MENGERTI PAK GURU !?..

    Pak Guru : Pintar juga Kamu...

    *****

    Pertanyaan Bu Guru

    Ibu Toni heran melihat Toni pulang, padahal baru pukul 9.00 pagi.

    "Toni, baru pukul 9.00 kamu sudah pulang, ada apa?" tanya sang ibu.

    "Hari ini aku bisa menjawab pertanyaan ibu guru dengan benar," jawab Toni.

    "Hebat dong! Apa pertanyaannya?"

    "Ibu guru bertanya, "siapa yang melempar kapur ke ibu?"

    *****

    TAK PUNYA SISIR

    Pada suatu hari, ada seorang guru yang marah kepada muridnya yang bernama Sari.

    Guru : "Sari, kenapa rambutmu tidak kamu sisir?"

    Sari : "Saya tidak punya sisir, bu."

    Guru : "Kamu kan bisa pinjam punya kakakmu?"

    Sari : "Kebetulan saya anak tunggal, bu."

    Guru : "Kan bisa pinjam ibumu?"

    Sari : "Ibu saya sudah meninggal, bu."

    Guru : "Kalau begitu kamu bisa pinjam punya ayahmu?"

    Sari : "Tapi bu, Ayah saya gundul!!"

    Guru : "!??!!!@@##"

    *****

    SEX

    Suatu pagi seorang anak yang baru masuk sekolah dasar bertanya kepada ayahnya, “Yah… ayah… sex itu apa sih, yah…?”

    Terperanjat si ayah mendengar pertanyaan si Upik. Terbayang dia tentang arus modern zaman sekarang yang membuat manusia berpikiran terbuka, termasuk anak yang masih kecil.

    Sesuai dengan konsep pendidikan seks yang sedang hangat dibicarakan, mulailah si ayah mencari-cari jawaban yang sesuai dengan umur dan harapan anaknya yang ia harapkan tak mau tertinggal dalam arus pendidikan modern.

    Maka si ayah pun mulai memberikan jawaban dengan mengkiaskan kumbang dan bunga, telur yang yang menetas, berudu dan kemudian menjadi katak, hujan serta benih yang berkembang menjadi tunas, diikuti dengan pembentukan bayi dalam kandungan.

    Sebelum mengakhiri semua jawaban itu, si ayah menyelipkan juga kisah percintaan antara ia dan mamanya sejak dari zaman sekolah menengah hingga sampai kelahiran seorang bayi comel yaitu si anak yang bertanya itu. Tiba-tiba si anak menangis terisak-isak. Si ayah keheranan.

    “Eh kenapa nak…?”

    Si ayah bertanya keheranan. Tetapi si anak masih tetap menangis.

    “Jawabanya panjang amat… hu… hu… hu, terus di mana tempat untuk nulis jawabannya? Ayah aja deh yang nulis jawabannya!!! Hu… hu… hu…”

    Si Upik lantas menyerahkan buku latihan Bahasa Ingris yang pada sampul depannya tertulis…

    NAME: ……
    SCHOOL: ……
    CLASS: ……
    SEX: ……

    *****

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Persiapan sebelum REGISTRASI ULANG NUPTK

    Untuk persiapan sebelum REGISTRASI ULANG NUPTK, baik GURU yang sudah PUNYA maupun BELUM punya NUPTK untuk segera mempersiapkan data-data dibawah ini :

    1. Pendidikan Non Formal
    2. Riwayat Mengajar
    3. Riwayat Pekerjaan PTK
    4. Riwayat keluarga PTK
    5. Ujian Sertifikasi yang pernah diikuti PTK
    6. Karya Tulis PTK
    7. Organisasi yang pernah diikuti
    8. Penulisan buku yang pernah diterbitkan
    9. Studi banding yang pernag diikuti
    10. Seminar, lokakarya, workshop yang pernah diikuti PTK
    11. Tes Kebahasaan
    12. Diklat, penataran yang pernah diikuti PTK
    13. Penghargaan yang pernah diperoleh
    14. Beasiswa yang pernah atau masih didapat sampai sekarang
    15. Tunjangan yang pernah di dapat
    16. Perlindungan yang pernah atau masih di dapat (Asuransi atau lainnya)

    Periode April - Juli, khusus Registrasi Ulang alias validasi Data PTK


    Sumber: LPMP Jawa Tengah
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • KETENTUAN BERKAS PLPG BAGI PESERTA LULUS UKA TAHUN 2012

    Sekedar sharing bagi peserta Uji Kompetensi Awal (UKA) Tahun 2012 yang telah dinyatakan lulus, berikut berkas dokumen yang mesti dipersiapan untuk PLPG, yang saya kutip dari Tendik Dikpora Sleman Propinsi DIY:

    1. Fotokopi ijasah terakhir yang telah dilegalisir oleh perguruan tinggi/sekolah/dinas yang mengeluarkan, bagi yang berijasah S1 tetapi memiliki ijasah D2/D3/S-2 harap melampirkannya juga;
    2. Fotokopi SK pangkat/golongan terakhir (bagi PNS) yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah, bagi Kepala Sekolah dilegalisir Kepala UPT Kecamatan;
    3. Fotokopi SK pengangkatan pertama sebagai guru (GTT/Guru Bantu/GTY/CPNS) yang membuktikan Anda sudah menjadi guru sejak atau sebelum 30 Desember 2005, untuk SK GTT dilegalisir oleh Kepala Sekolah pada unit kerja tertera, SK GTY dilegalisir oleh Ketua Yayasan, dan untuk SK Guru Bantu/SK CPNS dilegalisir oleh Kepala Sekolah pada unit kerja sekarang;
    4. Fotokopi SK GTY di sekolah saat ini atau SK PNS, yang telah dilegalisir oleh Ketua Yayasan bagi GTY atau oleh Kepala Sekolah bagi PNS;
    5. Fotokopi SK Pembagian Tugas Mengajar semester genap tahun ajaran 2011/2012 yang telah dilegalisir Kepala Sekolah/Kepala UPT Kecamatan;
    6. Mengisi biodata sebanyak 2 lembar dan mengumpulkan pas foto studio berwarna terbaru (bukan hasil print atau editan), dengan background warna kuning (enam bulan terakhir dan bukan glossy), mengenakan jas dan berdasi (berdasi tidak wajib bagi yang berjilbab), ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar, di bagian belakang foto ditulis nama, nomor peserta sertifikasi dan unit kerja, dan dimasukkan dalam plastik foto berklip. Background warna kuning menjadikan foto tetap terlihat terang ketika sertifikat pendidik difotokopi.
    7. Menyerahkan Format A1 Asli (tidak ikut dijilid, disisipkan disetelah lembar sampul)
    Berkas nomor 1 s.d. 5 dijilid lakban dengan sampul kertas BC warna hijau tua sebanyak 2 rangkap/bendel, diberi pita pembatas warna: Hijau (TK), Merah (SD), Kuning (SMP), Biru Muda (SMA), Biru Tua (SMK).
    Kedua biodata tidak ikut dijilid. Foto 3x4 (4 lembar) dimasukan dalam plastik foto berklip, dan disteples di pojok kanan atas pada salah satu biodata. Untuk menghindari coretan pada foto, berikan kertas putih diantara foto.

    Catatan:
    Pengisian Jenjang: TK/SD/SMP/SMA/SMK
    Kode Bidang Studi dan Nomor Berkas: Diambil dari Nomor Peserta Sertifikasi


    Penjelasan selengkapnya beserta Formulir Biodata dan Contoh Sampul bisa diunduh DI SINI.


    Selamat mempersiapkan diri, semoga sukses.


    Salam Kreatif!



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Surat Edaran Nomor: 03 Tahun 2012 Tentang Data Tenaga Honorer Kategori I Dan Daftar Nama Tenaga Honorer Kategori II

    Tertanggal 12 Maret 2012, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menerbitkan Surat Edaran Nomor 02 Tahun 2012 Tentang Data Tenaga Honorer Kategori I Dan Daftar Nama Tenaga Honorer Kategori II.


    Surat yang ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah tersebut berisi lima hal pokok:

    1. Sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri PAN dan RB Nomor 05 Tahun 2010 tanggal 28 Juni 2010, bahwa Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Daerah telah menyampaikan daftar nama tenaga honorer kategori I Jumlah tenaga honorer kategori II.
    2. Hasil penyampaian data tenaga honorer sebagaimana dimaksud di atas, telah dilakukan verifikasi dan validasi data tenaga honorer kategori I oleh BKN dan BPKP dan hasilnya terdapat tenaga honorer yang memenuhi kriteria (MK) dan tidak memenuhi kriteria (TMK) berdasarkan PP. No. 48 Tahun 2005 jo PP. No. 43 Tahun 2007 sebagaimana terlampir (fampiran I).
    3. Berdasarkan pengaduan beberapa elemen masyarakat atau pejabat tertentu masih ada dugaan pemalsuan dokumen pengangkatan sebagai tenaga honorer kategori I yang memenuhi kriteria (MK).
    4. Atas pertimbangan sebagaimana dimaksud pada angka 3, diminta kepada setiap pimpinan instansi untuk mengambil langkah-Iangkah sebagai berikut:
    • Terhadap Tenaga Honorer Kategori I
    • Mengumumkan tenaga honorer yang memenuhi kriteria (MK) melalui papan pengumuman, media cetak lokal dan media online selama 14 (empat belas) hari kepada publik
    • Melakukan penelitian kembali terhadap dokumen tenaga honorer yang memenuhi kriteria (MK)
    • Melaporkan hasil pengumuman dan penelitian kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara disertai dengan daftar nama tenaga honorer yang dokumennya terbukti benar dan terbukti telah dipalsukan, paling lambat 31 Maret 2012.
    • Terhadap Tenaga Honorer Kategori II
    • Melakukan perekaman data tenaga honorer kategori II berdasarkan formulir yang telah diisi oleh tenaga honorer dan disahkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat lain yang ditunjuk
    • Formulir yang telah diisi tersebut hanya sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti seleksi ujian tertulis kompetensi dasar sesama tenaga honorer kategori II
    • Dalam melakukan perekaman data tenaga honorer tersebut harus menggunakan aplikasi yang telah disiapkan oleh BKN. Aplikasi dan formulir pendataan dapat diunduh di www.bkn.go.id
    • Menyampaikan formulit pendataan tenaga honorer disertai daftar nominatif beserta softcopy (compact disk)
    • Daftar nominatif beserta softcopy (compact disk) tersebut disampaikan dan diterima di Badan Kepegawaian Negara paling lambat tanggal 30 April 2012 
    1. Apabila dikemudian hari ditemukan data tenaga honorer palsu, maka dokumennya tidak dapat diproses sebagai dasar pengangkatan menjadi calon pegawai negeri sipil atau pengangkatannya dibatalkan.
    2. Bagi pejabat yang menandatangani dokumen pengangkatan tenaga honorer yang terbukti telah memalsukan dikenakan tindakan administratif dan tindak pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


    Surat Edaran selengkapnya bisa diunduh DI SINI

    Dokumen terkait lainnya yang bisa diunduh:
    Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005
    Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2007
    Surat Edaran Menteri PAN dan RB Nomor 05 Tahun 2010


    Disarikan dari Badan Kepegawaian Negara


    Salam Kreatif!



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • SELAMAT JALAN, PAK ZAINUDIN






    Pagi hari tadi, pukul 08.00 WIB, sebuah pesan masuk ke HP saya. Dari Pak Kundarno, rekan kuliah di STAIN Pekalongan, guru TKIT Insan Mulia Kajen, mengirimkan kabar duka:

    “Innalillahi wainnailaihi roojiun…. Telah meninggal dunia bpk zainudin guru agama/teman kita STAIN. Semoga diampuni dosa dan amal baiknya diterima di sisi Allah SWT. Amin…. Rabu, 12 Maret 2012”.

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Awal (UKA) Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan Tahun 2012

    Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Nomor 12344/J/KP/2012 tanggal 16 Maret 2012 tentang Penetapan Kelulusan Peserta Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2012, dengan ini diumumkan peserta yang dinyatakan lulus UKA dan berhak mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2012 sebanyak 248.733 orang.

    Nama-nama peserta yang lulus UKA dapat diunduh DI SINI.


    Selamat untuk Bapak/Ibu yang telah melampaui babak pertama. Semoga mampu melewati tahap demi tahap selanjutnya untuk kemudian melangkah menjadi guru yang (benar-benar) profesional. Amin.


    Salam kreatif!


  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • FORMAT PENILAIAN UJIAN PRAKTIK USBN PAI TAHUN 2012

    Jelang pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI, kali ini saya sajikan Format Penilaian Ujian Praktik USBN PAI Tahun Pelajaran 2011/2012. Format ber-file excel ini diadaptasi dari contoh lembar penilaian yang terdapat pada Pedoman Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam SD, SMP, dan SMA/SMK Tahun Pelajaran 2011/2012 yang diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

    Pada pedoman tersebut (silahkan unduh DI SINI atau bisa juga di sidebar blog ini pada menu Administrasi Ujian Nasional bila Anda belum memilikinya), contoh format penilaian berupa lembar penilaian perorangan sementara pada format ini dimodifikasi menjadi klasikal.

    Tinggal isikan identitas peserta ujian dan skor perolehan, nilai akhir sudah bisa dilihat di bagian kanan. Sedangkan di bagian bawah, Jumlah Nilai, Rata-rata, Nilai Tertinggi, Nilai Terendah, dan Standar Deviasi secara otomatis juga langsung terlihat.

    Silahkan unduh format penilaian DI SINI.

    Bila kesulitan membuka file karena berekstensi xlsx (Office 2007) silahkan unduh konverter DI SINI agar mudah terbaca oleh Office 2003.

    Semoga bermanfaat.

    Salam kreatif!



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • CEK DATA NUPTK BERDASARKAN TEMPAT TUGAS

    Bagian Terakhir dari Dua Tulisan

    Seperti janji saya, mari kita lanjutkan penelusuran NUPTK berdasarkan tempat tugas. Tulisan sebelumnya, penelusuran NUPTK berdasarkan Nama dan NUPTK, dapat dibaca DI SINI.

    Langkah Keenam
    Silahkan kembali ke Langkah Kedua dan klik tulisan Sekolah. Bila Anda lupa caranya, buka kembali Search Engine NUPTK DI SINI lalu klik menu Penelusuran di sisi kiri dan lanjutkan dengan meng-klik tulisan Sekolah bergambar gedung sekolah. Kalau masih kesulitan, sebaiknya Anda ikuti dulu perjalanan dari Langkah Pertama DI SINI.

    Berikut tampilannya


    Gambar 9

    Secara berurutan, isikan data dengan memilih opsi yang disedikan pada Tempat Tugas PTK, mulai dari nomor 1 pada kotak Provinsi, nomor 2 pada kolom Kab/Kota, nomor 3 pada kolom Jenis Instansi dan nomor 4 pada kolom Jenjang Sekolah. Klik segitiga kecil berwarna hitam di sisi kanan kolom untuk membuka pilihan lalu tarik/seret tombol scrool di bilah kanan. Terakhir, isikan nama sekolah pada sebelum menekan tombol Cari.

    Tampilan inilah yang kemudian akan menyambut kita...



    Gambar 10

    Jelas sekali terbaca: Data sekolah tidak ditemukan ...

    Hmmm....bagaimana, nih? Pencarian tak berujung?

    Oke, Pembaca yang Budiman. Saya awam tentang program-program komputer. Kebetulan saya hanya operator Dapodik sekolah jadi tak punya pengetahuan memadai tentang hal teknis terkait program sejenis Search Engine NUPTK tersebut.

    Tetapi, jangan menyerah dulu. Mari kita gunakan cara kuno: trial & error. Tepatnya, saya (yang) menggunakan cara kuno itu dan saya berniat baik berbagi hasilnya. Jadi, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk melakukannya.

    (Jadi panjang lebar penjelasannya. He...he...)

    Lanjut, yuk. Silahkan kembali ke Langkah Keenam seperti yang saya tulis di awal. Boleh juga disebut Langkah Keenam jilid dua. Ulangi kembali prosedur pengisian data pada kolom yang tersedia dengan mengosongkan kolom Nama Sekolah.



    Gambar 11

    Jangan lupa, kosongkan nama sekolah seperti ditunjukkan gambar 11 dan kemudian tekan tombol Cari. Dan inilah yang kemudian akan kita jumpai.



    Gambar 12

    Hasil pencarian SD di Kabupaten Pekalongan menampilkan 20 sekolah dengan masing-masing berisi informasi jumlah guru, jumlah tenaga kependidikan, jumlah rombel, dan jumlah siswa. Sedangkan di bagian bawah, dalam Gambar 13, terlihat kalau jumlah halaman adalah 28 dengan fasilitas pencarian berdasarkan halaman dengan mengetikkan nomor halaman pada kotak yang tersedia dengan menekan Go di sisi kanannya.

    (Sengaja saya potong gambarnya karena terlalu besar)



    Gambar 13

    Dengan fasilitas yang tersedia, kita mesti mencari per halaman. Masukkan nomor halaman kemudian klik Go untuk memulai perjalanan panjang. Harus bersabar karena saya menggunakan modem untuk ber-internet-ria. Apalagi minggu ini listrik di tempat saya sering byar-pet jadi harus lebih bersabar. Masyarakat juga mulai ramai membicarakan rencana kenaikan BBM sedangkan harga bensin di tempat saya kini sudah enam ribu rupiah per liter. Eh, apa hubungannya dengan tulisan ini, ya?

    Alhamdulillah, SDN Tanggeran akhirnya ketemu juga di halaman 3.



    Gambar 14

    Dengan mengklik tepat pada nama sekolah, seperti pada kotak merah di gambar 14, detil data sekolah segera tampil.



    Gambar 15

    Inilah data pendidik di tempat tugas saya. Dua pendidik yang sudah purnatugas masih tercantum. Begitu juga tiga pendidik lainnya yang sudah mutasi. Yang pasti, kesemuanya belum registrasi ulang, seperti terlihat pada tanda hijau.

    Pembaca yang budiman,

    Adakah cara alternatif untuk mengakses data sekolah selain membuka satu demi satu halaman?

    Nah, inilah yang tadi saya sampaikan. Dengan trial & error, saya mencoba menggunakan langkah alternatif. Silahkan dilanjutkan ke bagian terakhir, Langkah Ketujuh. Bila Anda ingin membuat kopi panas dulu, atau ke kamar kecil, atau sekadar merenggangkan badan (betul tidak ya istilahnya?) supaya lebih rilek, silahkan saja. (Mungkin ada inbox di Facebook yang mesti Anda buka. Siapa tahu ada peluang bisnis sampingan yang prospektif).

    Langkah Ketujuh
    Silahkan lihat kembali Gambar 15. Perhatikan alamat di addres bar yang saya lingkari merah ini:

    http://nuptk.kemdikbud.go.id/search_tmptugas.php?id3=2&idsek=101032602012&kabupaten=0326

    Inilah link sekolah saya. Di bagian belakang berturut-turut adalah kode Nomor Statistik Sekolah /NSS (warna hijau), Kode Propinsi (warna kuning), dan Kode Kabupaten (warna orange).

    Penasaran, saya mengganti NSS SDN Tanggeran tersebut dengan NSS SDN 01 Paninggaran dimana dulu saya bertugas. Dan inilah hasilnya:



    Gambar 16

    Rekan-rekan saya masih terlihat datanya pada tampilan tersebut tidak seluruhnya valid.

    Kesimpulan sederhana saya, dengan mengganti ketiga data tersebut, pencarian tempat tugas akan lebih cepat. Syaratnya, selain NSS, Anda juga mesti memasukkan kode propinsi dan kabupaten yang valid.

    Bagaimana kalau kode propinsi dan kabupaten tidak diketahu? Tenang saja. Pada prinsipnya saya adalah pribadi yang baik hati dan tidak sombong (hik...hik...). Sudah saya siapkan datanya untuk Anda. Silahkan buka kode propinsi dan kabupaten se-Indonesia DI SINI.

    (Bila muncul jendela adf, tekan saja tombol SKIP ADD di sudut kanan atas)

    Tetapi, ada satu catatan kecil pada langkah ini. Hasil berbeda saya temui kala saya memasukkan NSS TK Pertiwi Paninggaran dimana istri saya bertugas. Yang muncul justru halaman seperti ini:



    Halaman 17

    Mengapa dan bagaimana solusinya, jujur saja, saya tidak tahu. Dan bila Anda mengetahuinya serta berkenan berbagi via kolom komentar, kedua tangan saya terbuka menerimanya dengan suka cita.

    Sekian dulu postingan kali ini. Sampai juga di postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat.


    Salam kreatif!


  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • CEK DATA NUPTK YUK...!

    Bagian Pertama dari Dua Tulisan


    Berkaitan dengan Registrasi Ulang NUPTK Tahun 2012 yang akan dimulai secara serempak pada Mei mendatang (informasinya bisa dilihat DI SINI), tulisan kali ini akan mengulas tentang tata cara pengecekan data NUPTK di Search Engine NUPTK. Search Engine NUPTK tersedia di dua situs kembar yaitu http://nuptk.kemdikbud.go.id/ dan http://118.98.221.43/ sedangkan yang dipergunakan dalam tulisan ini adalah situs yang pertama dengan menggunakan webbrowser Mozilla Firefox (bisa diunduh DI SINI).

    Oke, segera kita meluncur ke tekape....

    Langkah Pertama
    Buka situs Search Engine NUPTK DI SINI dan akan segera terlihat tampilan di halaman utama.


    Gambar 1

    Langkah Kedua
    Pada sisi blog terdapat lima menu utama yaitu Halaman Utama (seperti gambar 1), Penelusuran, Pengaduan, Aktivasi Akun, dan Progress LKD. Klik menu Penelusuran dan berikut tampilannya:



    Gambar 2

    Langkah Ketiga
    Klik tombol Nama untuk membuka halaman Penelusuran NUPTK berdasarkan nama.



    Gambar 3

    Isikanlah data pribadi pada kolom yang tersedia lalu tekan tombol Cari

    Dan....tampil pesan: Masukan anda kurang tepat (nama depan minimal adalah 2 huruf)

    Wah, nama saya terdiri dari delapan huruf tapi kok pesan peringatan tersebut muncul. Saya mencoba mengulangi prosedur tersebut beberapa kali dan hasilnya sami mawon (Bahasa Jawa, red) alias sama saja.

    Oke, sekarang kita coba cara lainnya. Kembali ke Langkah Kedua dan kali ini kita gunakan penelusuran berdasarkan NUPTK.

    Langkah Keempat
    Klik tombol NUPTK di sebelah tombol Nama



    Gambar 4

    Isikan NUPTK dan tekan Enter.

    Nah... ini dia tampilannya


    Gambar 5

    Hmmm...data ijazah saya masih kosong sementara tugas/jabatan dan masa kerja di tempat tugas awal juga belum terisi. ID pegawai sudah saya peroleh waktu mendaftar di Dapodik tetapi masih kosong juga. Oke, mari kita lanjutkan safari ini.

    Langkah Kelima
    Klik gambar kaca pembesar pada kolom isian ID Pegawai yang saya tandai dengan panah merah. Berikut tampilannya



    Gambar 6

    Tombol navigasi di bagian atas mempermudah kita untuk mengakses bagian-bagian yang kita inginkan. Gambar 6 merupakan tampilan dari Data Individu di sudut kiri atas navigasi. Dan....lho, jenis kelamin saya ternyata nyasar. Tertulis: "Perempuan". Hmmmm...

    Dua bagian lain dari klik saya pada tombol navigasi ditunjukkan oleh gambar 7 dan 8 berikut:



    Gambar 7



    Gambar 8

    Oke, sampai di sini dulu tulisan ini. Pada bagian selanjutnya, Insya Allah saya akan mengulas hasil penelusuran NUPTK berdasarkan tempat tugas agar kita juga bisa membukakan data milik rekan-rekan sekantor. Selain untuk menkonfirmasi keberadaan kita di sekolah tersebut, paling tidak agar Anda tidak (lagi) mengalami kesulitan kala penelusuran tempat tugas alias sekolah yang kita cari ternyata hanya mendapati tulisan "Data sekolah tidak ditemukan ..." (dengan tiga titik di belakangnya) seperti yang saya alami.

    Selamat beristirahat. Saya mesti berkemas untuk Ulangan Akhir Semester II Kelas VI yang akan dimulai besok (19/3) dimana seperti biasa, PAI menjadi pelajaran pembuka.

    Keep your spirit. Salam kreatif!



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • SERTIFIKASI GURU MADRASAH DITUNTASKAN

    Masih banyaknya guru madrasah di Indonesia yang tak memiliki sertifikasi guru bukan tanpa alasan. Dari data yang ada memang guru madrasah masih perlu ditingkatkan kualitasnya. Agar memenuhi standar dan sertifikasi yang dibutuhkan.

    Direktur Jenderal Pendidikan Islam KementerianAgama Nur Syam menjelaskan, terdapat hambatan teknis internal dari guru madrasah. Yakni, persoalan uji kompetensi awal yang tak dapat dipenuhi semua guru madrasah. Akibatnya jumlah guru madrasah yang bersertifikat pun sangat sedikit.

    ”Memang tidak mudah mendapatkan sertifikasi itu. Tapi bukan berarti dibiarkan saja. Harus didorong guru madrasah bersertifikasi pendidikan,” ujarnya di kantornya di Jakarta, Kamis (15/3).

    Menurutnya, standar uji kompetensi awal yang menjadi syarat mendapatkan sertifikasi guru terbilang cukup berat bagi guru madrasah. Apalagi latar belakang guru madrasah pun sangat bervariasi. Dengan pengalaman yang berbeda-beda.

    Untuk itulah, sambung dia, perlu ada negosiasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ini agar uji kompetensi awal tersebut bisa lebih disiapkan sejak awal. Tujuannya sebagai bahan pembelajaran guru madrasah. ”Tadi saya sudah bertemu dengan Direktur Perkembangan Akademik Kemendikbud. Saya meminta agar dibuatkan aturan pra uji kompetensi awal. Ini bakal sangat baik,” ujarnya.

    Apa bentuk pra uji kompetensi awal itu, kata Nur Syam, merupakan tahapan yang dilewati oleh guru madrasah sebelum mengikuti uji kompetensi awal. Dengan melakukan placement test bagi seluruh guru madrasah. Menurutnya pendekatan placement test tersebut dapat menajdi acuan melihat kondisi guru madrasah.

    Seberapa banyak jumlah guru madrasah yang secara teknis siap mengikuti uji kompetensi awal. ”Kalau tanpa placement test, bisa jadi guru madrasah tidak lolos. Kan kuotanya pun sangat sedikit. Yang kita harapkan begitu tes, mereka lolos,” ungkap mantan rektor IAIN Sunan Ampel ini.

    Melalui program placement test diharapkan dapat mengetahui peta, mana guru-guru yang sudah memiliki pengetahuan yang mendasar dari aspek-aspek yang akan diujikan. Dan nanti itu akan menentukan rangkingnya. Setelah itu, dia menambahkan hasil placment test menjadi pegangan mengantarkan guru mengikuti uji kompetensi. Berbekal placement test sangat berpeluang guru madrasah lolos sertifikasi. ”Kalau sertifikasi didapat, banyak manfaatnya,” imbuh dia.

    Bagi guru madrasah yang memiliki nilai placement test baik dapat secara cepat mengikuti uji kompetensi. Sedangkan bagi guru madrasah yang nilai placement test-nya masih buruk, perlu segera diperbaiki. Dengan begitu, dari merasa semua guru terpacu mengembangkan dirinya. Ini agar mendapatkan sertifikasi guru.

    Bahkan, secara luas dapat memperbaiki kinerja pendidikan di madrasah. ”Kalau sudah bersertifikasi tentu ada yang berbeda. Gurunya menjadi lebih percaya diri dan terkoordiansi baik,” ungkapnya.


    Sumber: JPNN
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • REGISTRASI ULANG NUPTK TAHUN 2012

    Badan Pengembangan Sumber Daya Manusa Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan akan melakukan registrasi ulang semua NUPTK yang telah diterbitkan. Pada tahun 2012 ini BPSDMP dan PMP memiliki program pemutakhiran data NUPTK sekaligus merupakan registrasi ulang sekolah dan PTK.

    PTK yang tidak melakukan pemutakhiran data NUPTK yang telah dimilki dinyatakan tidak aktif. Pemutakhiran data NUPTK secara massal ini sendiri akan dilakukan mulai bulan Mei 2012. Jika anda memiliki NUPTK dan masih aktif sebagai PTK silakan melakukan pemutakhiran yang dapat dilakukan mulai di tingkat Kabupaten, kecamatan maupun sekolah mulai bulan Mei 2012.

    Silahkan cek NUPTK DI SINI

    Sumber: BPSDMP dan PMP


    Salam Kreatif!


  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • JADWAL UJIAN SEKOLAH SD DAN SMP TAHUN 2012 PROPINSI JAWA TENGAH

    Sebagaimana disampaikan dalam Kata Pengantar buku Informasi Penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah SD/SDLB/MI dan SMP/SMPLB/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012 yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah, buku tersebut disusun untuk mendukung pensuksesan penyelenggaraan UN di Jawa Tengah.

    Buku setebal 27 halaman tersebut berisi informasi tentang hal-hal substansial terkait dengan regulasi, tujuan, sasaran, materi, data peserta, jadwal dan mekanisme kinerja penyelenggaraan UN (silahkan unduh buku tersebut DI SINI).

    Jadwal Ujian Nasional sengaja saya pisahkan tersendiri agar dapat langsung diunduh untuk kemudian diedit dengan menambahkan kop sekolah beserta identitas kepala sekolah. Silahkan unduh jadwal UN Tahun Pelajaran 2011/2012 DI SINI untuk SMP/SMPLB dan DI SINI untuk SD/SDLB.


    Salam Kreatif!


  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • GURU AGAMA DIWAJIBKAN PLACEMENT TES

    Jika Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendikbud) memiliki Uji Kompentensi Awal (UKA), Kementerian Agama menggagas ujian serupa dengan istilah Placement Test atau tes penempatan. Tujuannya sama, untuk pemetaan komptensi guru. Ujian bagi guru calon peserta sertifikasi Kemenag ini bakal digulirkan Juni mendatang.

    Seperti di Kemendikbud, guru calon peserta sertifikiasi atau Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) Kemenag juga berjumlah ratusan ribu orang. "Saya tidak hafal jumlah pastinya. Saya siapkan dulu data pastinya," ujar Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Nur Syam.

    Mantan rektor IAIN Sunan Ampel, Surabaya itu mengatakan, pembahasan perkembangan sertifikasi di Kemenag sudah dikonsultasikan dengan Kemendikbud. Nur Syam menjelaskan, pihaknya menyepakati Kemenag juga harus menjalankan ujian kompetensi. Layaknya pelaksanaan UKA di Kemendikbud. "Tapi kita tidak menggunakan UKA. Nama dan sistemnya juga berbeda," ujar dia.

    Menurut Nur Syam, ujian bagi calon peserta sertifikasi guru Kemenag disebut Placement Test atau tes penempatan. Nur Syam menjelaskan, ada perbedaan yang cukup menonjol antara tes penempatan ini dengan UKA di Kemendikbud. "Jika UKA itu berfungsi meluluskan dan tidak meluluskan," ujar Nur Syam.

    Sebaliknya, tes penempatan di Kemenag tidak berfungsi menggugurkan calon peserta sertifikasi guru. Ujian ini, kata Nur Syam, dijadikan sebagai pemetaan. Guru-guru calon peserta sertifikasi yang memperoleh nilai bagus saat tes penempatan ini akan ikut sertifikasi gelombang pertama. Sementara untuk peserta yang memperoleh nilai jelek, akan ikut sertifikasi gelombang belakangan.

    Sederhananya, ujian ini akan membentuk semacam ranking guru dari aspek kemampuan lima kompetensi pedagogik yang diujikan dalam placement test. Menurut Nur Syam, ujian ini akan dijalankan Juni mendatang. Pekan depan, tim dari Kemenag sudah mulai menyusun soal untuk placement test ini.

    Nur Syam meminta pelaksanaan tes penempatan ini tidak perlu ditanggapi dengan kecemasan. Seperti menjelang pelaksanaan UKA penghujung Februari lalu. Dia meminta, mulai saat ini guru-guru yang sudah ditetapkan masuk dalam daftar bakal calon peserta sertifikasi guru Kemenag untuk mempersiapkan diri.

    Kisi-kisi soal yang akan diujikan juga tidak jauh berbeda dengan UKA. Diantara terkait praktek mengajar dan isi atau konten mata pelajaran yang diajarkan guru bersangkutan.

    Selain mempersiapkan butir-butir soal, Kemenag juga menyiapkan anggaran untuk dialokasikan dalam placement test ini. Dia mengatakan, anggaran untuk kegiatan ini tidak bisa diambilkan dari pos anggaran sertifikasi guru. Anggaran untuk placement test diharapkan bisa didapat dalam penyusunan APBNP 2012 nanti. "Saya belum bisa memperkirakan berapa anggaraanya," ujar Nur Syam. Dia hanya mengatakan, anggaran ini akan digotong bareng seluruh LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) Kemenag di tingkat provinsi.


    Sumber: Dirjen Pendis Kemenag RI
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah 2012

    Silahkan unduh Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah Tahun Anggaran 2012

    Juknis BOS Madrasah Negeri 2012 klik DI SINI

    Juknis BOS Madrasah Swasta 2012 klik DI SINI


    Semoga bermanfaat.
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • PEDOMAN TEKNIS PENGHITUNGAN BEBAN KERJA GURU RA/MADRASAH 2012

    Setelah sebelumnya pada tanggal 16 Januari 2012 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia merilis Surat Edaran bernomor DT.I.I/HM.01/42/2012 Perihal Edaran Penetapan dan Pemberlakukan Permendiknas Nomor 30 Tahun 2011 yang sekaligus mencabut Keputusan Dirjen Pendis No Dj.I/DT.I.I/158/2010 tentang Pedoman Teknis Perhitungan Beban Kerja Guru Raudlatul Athfal dan Madrasah yang ditetapkan pada tanggal 30 maret 2010 (selengkapnya bisa dibaca DI SINI), Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia menerbitkan Surat Keputusan Nomor DJ.I/DT.I.I/166.2012 tentang Pedoman Teknis Perhitungan Beban Kerja Guru Raudlatul Athfal/Madrasah.

    Tujuan diterbitkannya pedoman yang ditetapkan dan diberlakukan per 29 Februari 2012 tersebut yaitu untuk menjadi acuan bagi guru, Kepala Raudhlatul Athfal (RA)/Madrasah, penyelenggara pendidikan, pengawas RA'/Madrasah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Kepala Kantor Wilayah Kemeterian Agama Provinsi, dan pihak terkait lainnnya untuk:

    1. Penghitungan beban kerja guru RA'/madrasah;
    2. Optimalisasi tugas guru RA/rnadrasah; dan
    3. Distribusi guru RA/madrasah

    Dalam pedoman tersebut diatur bahwa beban kerja kumulatif minimal guru kelas atau guru mata pelajaran pada RA/Madrasah adalah 24 (dua puluh empat) Jam Tatap Muka (JTM) dan maksimal adalah 40 JTM per pekan, dengan ketentuan sekurang-kurangnya 6 (enam) JTM di antaranya harus sesuai dengan nama mata pelajaran yang tercantum dalam sertifikat pendidik yang dimiliki, dan dilaksanakan pada satuan administrasi pangkal (atau satminkal, yaitu RA/Madrasah yang menjadi tempat penugasan bagi PNS/CPNS atau RA/Madrasah dimana guru Bukan PNS yang bersangkutan diangkat sebagai guru Tetap.

    Satu JTM setara dengan proses pembelajaran tatap muka selama 30 menit pada jenjang TK/RA, 35 menit pada jenjang SD/Ml, 40 menit pada jenjang SMP/MTs, dan 45 menit pada jenjang SMA/MA/SMK/MAK. Bagi guru Bimbingan dan Konseling (BK) atau konselor, mengampu bimbingan dan konseling kepada 150 (seratus lima puluh) peserta didik per tahun pada satu satuan pendidikan atau lebih disetarakan dengan 24 JTM.

    Sedangkan ketentuan mengenai tugas RA/Madrasah yang dapat diperhitungkan dalam beban kerja tersebut antara lain:

    1. Tugas mengajar (pembelajaran) atau pembimbingan yang dilaksanakan pada satu RA/Madrasah atau lebih, atau pada satuan pendidikan formal lainnya;
    2. Pembelajaran atau tugas mengajar yang dilaksanakan secara tatap muka;
    3. Bimbingan belajar (pembelajaran ko-kurikuler) yang diberikan kepada peserta didik secara terstruktur, terjadwal, atau klasikal;
    4. Tugas mengajar pada program kelompok belajar Paket A, Paket B dan Paket C;
    5. Team teaching (pembelajaran bertim);
    6. Bimbingan pengayaan dan remedial;
    7. Pembinaan kegiatan ekstra kurikuler.

    Lebih lanjut tentang Pedoman Teknis Perhitungan Beban Kerja Guru Raudlatul Athfal/Madrasah tersebut bisa diunduh DI SINI.


    Salam Kreatif!



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Download Gratis Format Nilai Ujian Sekolah dan Ujian Nasional 2012

    Secara umum, Format Nilai Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Tahun 2012 ini sama dengan format tahun sebelumnya, yang saya publikasikan di blog SD Negeri Tanggeran pada 3 Maret 2011. Hanya saja, ada beberapa perbaikan dan sedikit penambahan. Selain hasil evaluasi penggunaan format tersebut pada US dan UN Tahun Pelajaran 2010/2011, beberapa masukan dari pembaca melalui buku tamu maupun sms juga saya akomodasi dalam format edisi revisi ini. Tentu, dengan keterbatasan kemampuan di wilayah excel, format ini masih jauh dari memadai, apalagi sempurna. Tetapi, selain tentu saja masih mengharapkan kritik dan saran, saya selalu berharap semoga format sederhana ini dapat membantu rekan-rekan guru SD dalam mengolah data nilai Ujian. Lebih-lebih SD yang belum memiliki tenaga kependidikan profesional di bidang administrasi seperti sekolah saya.

    Isi file
    File format nilai ini terdiri dari 15 sheet atau lembar kerja yaitu Daftar Isi, Cover, Daftar Nama Peserta, Nilai Raport Semester 7-11, Daftar Nilai US Tulis, Daftar Nilai US Praktik, Rata-rata Nilai US Tulis dan Praktik, Nilai Sekolah (NS), Daftar Nilai UN, Nilai Akhir (NA), dan Daftar Nilai Individu. Dengan memmbuka lembar Daftar Isi, seluruh sheet dapat diakses dari sheet ini dengan mengklik tulisan DI SINI pada kolom Klik untuk Membuka. Meng-klik tombol Kembali ke Daftar Isi pada semua sheet akan menuju ke sheet Daftar Isi sebagai sheet induk.



    Cara Penggunaan
    Hal pertama yang mesti diingat dalam menggunakan format ini adalah mengawalinya dari sheet Nilai Raport Semester 7. Daftar Nama dan Nomor Peserta yang diisikan pada sheet ini akan terisikan secara otomatis pada sheet-sheet lainnya. Artinya, kekeliruan meng-input data pada sheet ini akan mengakibatkan kekeliruan pada sheet lainnya.


    Hal yang sama juga berlaku pada isi nilai raport semester 7-11. Kolom pada daftar nilai lainnya yang mengandung nilai raport akan terisi secara otomatis sementara jumlah nilai, rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan standar deviasi juga akan terisi otomatis.

    Jumlah siswa sengaja masih saya pertahankan seperti tahun 2011 yaitu 40 anak agar mudah disesuaikan. Silahkan lakukan editing sesuai dengan data siswa pada sekolah.

    Daftar Nilai Individu berisi Nilai Rata-rata Raport, Nilai Ujian Sekolah, dan Nilai Sekolah (US) yang terisi otomatis dari sheet-sheet sebelumnya.


    Silahkan download format tersebut DI SINI atau pada pilihan menu Administrasi Ujian Nasional di sisi kanan blog.

    (Klik pada link tersebut akan membuka halaman adf. Selanjutnya, klik tulisan SKIP AD di sudut kanan atas untuk langsung men-download).

    Bila menemukan sel atau rumus yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, saya akan sangat berterima kasih apabila Anda berkenan memberitahu saya melalui kolom komentar di bawah. Juga bila ada koreksi atau masukan tentang format ini. Komentar akan langsung terlihat karena tidak melewati prosedur editing alias moderasi. Saya tunggu saran dan kritiknya.

    Semoga bermanfaat.

    Salam Kreatif!





    *Dipublikasikan juga di Blog SD Negeri Tanggeran
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Guru Kemenag Iri dengan Guru Kemendikbud

    Uji Kompetensi Awal (UKA) berjalan serentak di 33 provinsi, Sabtu (25/2). Dalam pelaksanaannya, ujian ini tidak "sehoror" yang ramai diberitakan menjelang pelaksanaannya. Di sejumlah lokasi yang dikunjungi Menteri Pendidikan Nasional (Mendikbud) Mohammad Nuh, peserta UKA terlihat santai meski ada sebagian yang merasa cemas.

    Dalam gelaran UKA, Nuh mengunjungi tiga lokasi ujian di kawasan Kota Tangerang, Banten. Dia memantau mulai sebelum ujian hingga pemusnahan naskah soal ujian.

    Di tengah riuhnya pelaksanaan UKA kemarin, terdapat persoalan baru. Sejumlah guru-guru di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) merasa iri. Para guru ini beranggapan, pelaksanaan UKA ini merupakan salah satu wujud dari kepastian proses sertifikasi guru. Mereka mengaku iri karena hingga sekarang di lingkungan Kemenag sama sekali belum berhembus kabar program sertifikasi guru musim 2012.

    "Tadi saya mendapatkan informasi keluhan guru Kemenag dari radio," ujar staf khusus Mendikbud bidang Komunikasi Media Sukemi yang ikut dalam rombongan. Dengan kondisi ini, Sukemi mengatakan meski awalnya banyak guru yang cemas terhadap pelaksanaan UKA, tapi akhirnya dipandang berbeda. Para guru menilai jika pelaksanaan UKA ini merupakan kepastian program sertifikasi guru.

    Terkait persoalan ini, Nuh mengatakan pihaknya akan mendorong Kemenag untuk sama-sama menerapkan UKA. Sehingga, dua kementerian ini memiliki standar kompetensi guru yang sama. Terkait pelaksanaan yang berbeda, Nuh tidak mempersoalankannya. Yang penting, harus ada kepastian upaya untuk mengetahui kompetesi awal para guru calon peserta sertifikasi. "Sehingga tidak ada lagi guru yang beranggapan, lho kok saya belum diurus. Kok tidak ada UKA. Kok tidak ada sertifikasi," urai Menteri asal Surabaya itu.

    Dia menjanjikan akan segera berkoordinasi dengan Kemenag untuk pelaksanaan UKA. Guru-guru yang di bawah nauangan Kemenag diantaranya, guru mata pelajaran umum di MI, MTs, dan MA. Atau juga guru-guru agama PNS di SD, SMP, SMA, dan SMK. Nuh menargetakan, jika Kemenag juga bisa segera memulai program sertifikasi, pada September nanti urusan ini tuntas. Jika bisa tuntas pada bulan tersebut, maka pemerintah gampang mengalokasikan anggaran tunjangan profesi guru tahun depan.

    Untuk diketahui, guru yang lulus sertifikasi tahun ini, baru mendapatkan tunjangan profesi tahun depan. Sesuai aturan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pencairannya dirapel tiga bulan sekali.

    Di bagian lain, Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Nur Syam mengatakan, memang betul kementeriannya belum memulai proses sertifikasi guru. Namun, mantan rektor IAIN Sunan Ampel, Surabaya itu mengaku belum mendapatkan informasi ada guru Kemenag yang iri melihat kejelasan program sertifikasi guru-guru Kemendiknas. Meskipun begitu, Nur Syam mengakui program sertifikasi guru Kemenag harus segera dijalankan. Untuk itu, Senin besok (27/2) pihaknya akan menggelar rapat internal untuk mematangkan agenda sertifikasi guru. Selanjutnya, hasil rapat internal ini akan dirembuk lagi bersama jajaran Kemendikbud. Nur Syam menjelaskan, tidak menutup kemungkinan praktek UKA ini digunakan sebagai pembuka diterapkan dalam rentetan program sertifikasi guru di lingkungan Kemenag. Sebab, dia mengatakan Kemenag juga mendukung adanya pemetaan kompetensi guru-guru calon peserta sertifikasi guru. "Jangan sampai setelah mendapatkan tunjangan sertifikat, tidak diimbangi dengan peningakatan kemampuan mengajar," kata dia.

    Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistyo membenarkan jika selama ini guru-guru Kemenag iri melihat program sertifikasi di Kemendikbud. Sulistyo menjelaskan, implementasi program sertifikasi guru di Kemenag perlu diperbaiki terus. "Persoalan yang utama adalah kuota yang setiap tahun tidak bisa penuh. Baik di Kemendikbud atau Kemenag," katanya. Soal Panjang-panjang, Waktu Mepet Para guru peserta UKA kemarin memberikan beberapa masukan untuk pelaksanaan UKA selanjutnya. Diantaranya diungkapkan oleh Yulianawati, guru SD Muhammadiyah 5 Kebayoran Baru, Jakarta. Guru yang kemarin mengikuti UKA di SMPN 19 Jakarta itu mengatakan, terlalu banyak soal yang panjang betul uraian pertanyaannya. "Terutama yang bahasa Indonesia. Soalnya dan jawabannya sama panjangnya," ujar guru berumur 30 tahun itu. Akibatnya, banyak rekan ujian satu ruangan dengan nya tidak mampu menyelesaikan seluruh soal yang diujikan. Bagi guru di rumpun mata pelajaran sosial jumlah soalnya 100 butir. Sedangkan guru rumpun mata pelajaran ilmu pengetahuan alam mengerjakan soal 60 butir. Sementara waktu pengerjaan soal ditetapkan 120 menit.

    Untuk tingkat kesulitan soalnya sendiri, Yulianawati mengatakan sebenarnya tidak sulit. Tetapi, banyak guru yang terpaku pada materi-materi soal yang selama ini mereka ajarkan di sekolah. "Padahal ada soal yang dulu sudah diberikan waktu kuliah," katanya. Untuk itu, dia menghimbau para guru untuk sesekali membuka pelajaran-pelajaran saat masih duduk di bangku kuliah.

    Sekretaris BPSDM-PMP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Mutu Pendidikan) Abi Sujak menjelaskan, seluruh butir soal sejatinya sudah melewati pengujian tertentu. "Jadi sudah pas antara tingkat kesulitan, panjang soal, dan waktu pengerjaan," katanya. Abi mengatakan, hingga kemarin dirinya belum mendapatkan informasi ada kecurangan maupun kendala sinifikan dalam pelaksanaan UKA. Baik itu dalam bentuk praktek perjokian, naskah soal bocor, ataupun keterlambatan distribusi soal. Abi mengatakan, bagi peserta UKA yang berhalangan hadir kemarin, diberikan kesempatan mengikuti ujian susulan Rabu depan (29/2).


    Sumber: JPPN
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • PERATURAN PRESIDEN NOMOR 8 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

    Pada tanggal 17 Januari 2012 silam, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Menurut Perpres tersebut, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang selanjutnya disingkat KKNI, adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

    Dalam Perpres yang diundangkan pada Lembaran Negara Tahun 2012 Nomor 24 tersebut, jenjang kualifikasi KKNI terdiri atas jenjang 1 sampai dengan jenjang 3 dikelompokkan dalam jabatan operator, jenjang 4 sampai dengan jenjang 6 dikelompokkan dalam jabatan teknisi atau analis dan jenjang 7 sampai dengan jenjang 9 dikelompokkan dalam jabatan ahli.

    Pada pasal 5, diuraikan tentang penyetaraan capaian pembelajaran yang dihasilkan melalui pendidikan dengan jenjang kualifikasi pada KKNI terdiri atas:

    1. lulusan pendidikan dasar setara dengan jenjang 1;
    2. lulusan pendidikan menengah paling rendah setara dengan jenjang 2;
    3. lulusan Diploma 1 paling rendah setara dengan jenjang 3;
    4. lulusan Diploma 2 paling rendah setara dengan jenjang 4;
    5. lulusan Diploma 3 paling rendah setara dengan jenjang 5;
    6. lulusan Diploma 4 atau Sarjana Terapan dan Sarjana paling rendah setara dengan jenjang 6;
    7. lulusan Magister Terapan dan Magister paling rendah setara dengan jenjang 8;
    8. lulusan Doktor Terapan dan Doktor setara dengan jenjang 9;
    9. lulusan pendidikan profesi setara dengan jenjang 7 atau 8; dan
    10. lulusan pendidikan spesialis setara dengan jenjang 8 atau 9.

    Penerapan KKNI
    Pada Bab III Penerapan KKNI Pasal 9 dijelaskan bahwa:

    1. Penerapan KKNI pada setiap sektor atau bidang profesi ditetapkan oleh kementerian atau lembaga yang membidangi sektor atau bidang profesi yang bersangkutan sesuai dengan kewenangannya;
    2. Penerapan KKNI pada setiap sektor atau bidang profesi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengacu pada deskripsi jenjang kualifikasi KKNI sebagaimana tercantum dalam Lampiran Peraturan Presiden ini; dan
    3. Ketentuan lebih lanjut mengenai penerapan KKNI diatur oleh Menteri yang membidangi ketenagakerjaan dan Menteri yang membidangi pendidikan baik secara bersama-sama atau sendiri-sendiri sesuai bidang tugasnya masing-masing.

    Lebih lanjut tentang Perpres dan lampirannya tersebut silahkan unduh DI SINI dan DI SINI.
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • BUKU ELEKTRONIK PENDIDIKAN ANTIKORUPSI

    Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional telah menerbitkan buku Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi melalui Kegiatan Pembinaan Pendidikan Kewarganegaraan untuk satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyyah (SD/MI) dan SMP/MTs.

    Dalam Edisi Revisi Cetakan ke III Tahun 2011, buku-buku tersebut secara garis besar terbagi menjadi empat bab. Bab I Pendahuluan membahas tentang Latar Belakang, Tujuan dan Sasaran, Manfaat, dan Ruang Lingkup. Pada Bab II Kerangka Konseptual, pembahasan terfokus kepada dua hal: Korupsi Sebagai Fenomena Sosial dan Intervensi Pedagogis.

    Uraian tentang Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi pada Mata Pelajaran PPKn diulas pada Bab III yang terdiri dari tiga subbab yaitu Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi pada SK/KD, Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi pada Silabus, dan Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sedangkan Bab IV sebagai bab terakhir adalah Penutup.

    Silahkan unduh Buku Elektronik Pendidikan Antikorupsi di sidebar atau sisi kanan blog ini.

    Semoga bermanfaat.


    Salam kreatif!


  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Next previous home